DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 01 Selopuro Kabupaten Blitar

BAHARI BAHRUL ULUL Al

Abstrak


RINGKASAN

Bahari, Bahrul Ulum Al. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP 01 Selopuro Kabupaten Blitar. Tesis, Jurusan Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I)Prof. Dr. Sudarmiatin, M.Si. (II) Dr. Yuniastuti, S. H., M.Pd.

Kata Kunci:Problem Based Learning, Minat, Hasil Belajar

Proses pelaksanaanbelajarmengajardisekolahharusdapatmenarikperhatiandanmemberikanruangbagisiswauntukbelajar. Pembelajarantidakharusselaludisampaikanmelauiceramah, mencatatdanpenugasan. Guru dapatmelakukaninovasidenganmenerapkanvariasi model pembelajaran agar siswadapatlebihaktifdantertarikdalampembelajaran, salahsatunyadenganmenerapkan model Problem Based Learning. Problem Based Learning merupakan model pembelajaran yang dapatmemberikanruangseluasmungkinbagisiswauntukmendapatpengalaman, menemukankonsep, danjugamendorongtumbuhnyaketerampilanberpikirkritissiswa.

Penelitianinimerupakanquasi Experimentdenganrancanganpretest-posttest control group design. Subjekdalampenelitianiniberjumlah 32 siswakelaseksperimendan33 siswakelaskontrol, yang ditentukanmelaluisimple random sampling. Padapenelitianinimasing-masingkelasmendapatkan 4 kali perlakuan. Padapertemuanpertama guru melakukanapersepsidanmemberikanpretestuntukmengukurminatdanhasilbelajarawalsiswa. Padapertemuankeduadanketigasiswakelaseksperimenmendapatkanperlakuan model problem based learning sedangkanuntukkelaskontrolmendapatkanperlakuanpembelajaran yang biasadilakukanoleh guru matapelajaran IPS. Padapertemuankeempat, guru memberikanposttestminatdanhasilbelajarsiswauntukmengukurkemampuansiswasetelahdiberikanperlakuan. Data penelitiandianalisisdenganmenggunakanIndependent sample t testberbantuan SPSS 19.0 for window’s.

Hasilpenelitian yang telahdianalisismenunjukkanminatbelajarsiswakelaseksperimen yang mendapatperlakuan model problem based learning lebihtinggidaripadasiswakelaskontrol yang tidakmendapatkanperlakuan model problem based learning. Selarasdenganminatbelajarsiswakelaseksperimen yang lebihtinggidaripadakelaskontrol, hasilbelajarsiswakelaseksperimenjugamenunjukkanperbedaansignifikan yang berartihasilbelajarsiswakelasekperimenlebihtinggidaripadahasilbelajarsiswakelaskontrol. Dengandemikiandapatdisimpulkanbahwaminatdanhasilbelajarsiswakelaseksperimenlebihtinggidanlebihbaikdaripadasiswakelaskontrol.