DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Minat Baca, Motivasi Beprestasi dan Kemampuan Berpikir Kritis terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. (Tesis)

Riza Yonisa Kurniawan

Abstrak


Fenomena yang terjadi di lapangan menunjukkan pengajaran ekonomi selama ini masih berorientasi pada kemampuan peserta didik dalam menghafal fakta-fakta di dalam materi, yang pada kenyataannya mereka seringkali belum memahami secara mendalam substansi materi yang belum sampai pada kemampuan untuk berpikir tingkat tinggi atau berpikir kritis yang menyebabkan peserta didik kurang mendapatkan pembelajaran yang bermakna. Begitu juga dengan mahasiswa, mereka hanya akan mau belajar jika mendekati ujian, Apalagi perkembangan game atau play station (PS) yang semakin maju menjadikan mahasiswa lebih sering didepan komputer atau PS untuk bermain game dari pada belajar, sehingga dibutuhkan semangat atau motivasi dalam diri mahasiswa agar lebih giat dalam belajar dan apa yang mereka pelajari nantinya akan bermanfaat jika mereka terjun dalam dunia kerja atau dalam kehidupan bermasyarakat.

            Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan pengaruh: (1) minat baca terhadap hasil belajar mahasiswa Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang, (2) motivasi berprestasi terhadap hasil belajar mahasiswa Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang, (3) kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar mahasiswa Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang, (4) minat baca, motivasi berprestasi dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar mahasiswa Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang.

Penelitian ini dirancang sebagai penelitian korelasional. Sesuai dengan rumusan masalah dan tujuan penelitian serta hipotesis, diidentifikasikan sebanyak 4 (empat) variabel yang diteliti, meliputi: minat baca (X1), motivasi berprestasi (X2) dan kemampuan berpikir kritis (X3) terhadap hasil belajar (Y). Data yang terkumpul berupa data kuantitatif yang kemudian di analisis menggunakan regresi linear berganda dengan bantuan program SPSS for Windows 16.0. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang angkatan 2007 s/d 2009 semester genap tahun ajaran 2009/2010 dengan sampel yang ditentukan dengan teknik proporsional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, tes dan dokumentasi.

Dari pengolahan data dan analisis melalui uji hipotesis didapatkan hasil penelitian sebagai berikut: (1) minat baca berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar mahasiswa Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang; (2) motivasi berprestasi berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar mahasiswa Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang; (3) kemampuan berpikir kritis berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar mahasiswa Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang; dan (4) minat baca, motivasi berprestasi dan kemampuan berpikir kritis berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar.

Dari hasil penelitian dan kesimpulan diatas, maka peneliti menyarankan sebagai berikut: (1) untuk meningkatkan minat baca banyak sekali cara yang dapat dilakukan mahasiswa diantaranya dengan seringnya pergi ke perpustakaan agar mencari informasi yang banyak baik untuk kegiatan kuliah maupun menambah wawasan khasanah pengetahuan. Dengan memperdalam dan memperluas pengetahuan yang berkaitan dengan minat baca maka akan dapat pula meningkatkan hasil belajar mahasiswa, (2) agar motivasi berprestasi mahasiswa tinggi dilakukan dengan cara memberikan skill ataupun kemampuan enterpreneurship yang memadai baik  guna bersaing dengan tuntutan zaman yang modern. Dosen juga memberi semangat kepada mahasiswa baik dengan pujian maupun hadiah apabila mahasiswa menjawab dengan benar agar memacu mereka belajar lebih giat dan bersaing secara sehat dengan teman-temannya yang pada akhirnya dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa, (3) agar kemampuan berpikir kritis mahasiswa semakin meningkat sebaiknya dosen memberikan artikel maupun jurnal agar mahasiswa menganalisisnya, sehingga semakin lama mereka akan terbiasa dengan analisis kritis sehingga kemampuan berpikir kritis mahasiswa akan meningkat, (4) diperlukan upaya untuk meningkatkan minat baca, motivasi berprestasi dan kemampuan berpikir kritis sehingga dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Dengan memberi semangat kepada mahasiswa bahwa masa depan mereka yang menentukan mereka sendiri dan jika mereka tidak giat dalam belajar sehingga cita-cita yang diharapkan dapat tercapai.

Abstract:

Key word: enthusiasm read, achievement motivation, ability of critical thinking, result learn

            Phenomenon that happened in field show instruction of economics during the time still orient at ability of educative participant in memorizing facts in items, what practically they oftentimes not yet comprehended exhaustively items content which not yet come up with ability to think high level or critical thinking which cause educative by participant less get study which was have meaning. So also with student, they will only will learn if closing test, More than anything else growth of or game of play station (PS) which progressively go forward made a more regular student in front of computer or  PS to play at game from learning, was so that required the spirit or motivate in studentself so that more impetous in learning and what they study later will useful if them plunge in the world of activity or in societal life.

            This research aim to to analyse and description influence: (1) enthusiasm read to result learn student of Development Economic Department of Economics Faculty of Malang State University; (2) achievement motivation to result learn student of Development Economic Department of Economics Faculty of Malang State University; (3) ability of critical thinking to result learn student of Development Economic Department of Economics Faculty of Malang State University; and (4) enthusiasm read, achievement motivation  and ability of critical thinking to result learn student of Development Economic Department of Economics Faculty of Malang State University.

            This research is designed as research of korelasional. As according to formula of problem and target of research and also hypothesis, identificated counted 4 (accurate variable), covering: enthusiasm read (X1), achievement motivation (X2), and ability critical thinking (X3) to result learn (Y). gathered Data in the form of quantitative data which later then analyse use doubled linear regression constructively program of SPSS for Windows 16.0. Population in this research is student of Development Economic Department of Economics Faculty of Malang State University of generation 2007 to 2009 even semester of school year 2009 / 2010 with determined sampel with technique of proportional random sampling. Technique data collecting use kuesioner, documentation and tes.

            From data processing and analysis through hypothesis test got result of research as follows: (1) enthusiasm read have an effect significant to result learn student of Development Economic Department of Economics Faculty of Malang State University; (2) achievement motivation have an effect significant to result learn student of Development Economic Department of Economics Faculty of Malang State University; (3) ability of critical thinking have an effect significant to result learn student of Development Economic Department of Economics Faculty of Malang State University; and (4) enthusiasm read, achievement motivation  and ability of critical thinking have an effect significant to result learn student of Development Economic Department of Economics Faculty of Malang State University.

            From research result and above conclusion, hence researcher suggest as follows: (1) to improve enthusiasm read a lot of ways able to be done by student among others often him go to library to be searching information which many good to activities of study and add knowledge. deepened and extend knowledge related to enthusiasm read hence will be able to also improve result learn student, ( 2) to be achievement motivation  student have high conducted by giving skill and or ability of enterpreneurship the good adequateness utilize vied with modern epoch demand. Lecturer also cheer on to good student meritoriously and have reward if student answer truly so that racing them learn more impetous and compete healthyly with the friend of which in the end can improve result learn student, ( 3) to be ability of critical thinking of student progressively increase lecturer better give journal and article to be student analyse him, so that longer they will accustomed to critical analysis so that ability of critical thinking of student will increase, ( 4) needed effort to improve enthusiasm read, motivation  have achievement [to] and ability think critical so that can improve result learn student. cheered on to student that them future determining themselves and if off quard them in learning so that expected aspiration can reach.