DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Bahan Ajar Pengelolaan Spesies Asing Invasif Acacia nilotica (L.) Willd. ex Del. Di Taman Nasional Baluran Melalui Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Literasi Sains dan Hasil Belajar Kognitif Mahasiswa

NAFIAH KHARIRROTUN

Abstrak


RINGKASAN

Nafiah, Kharirrotun. 2019. Pengembangan Bahan Ajar Pengelolaan Spesies Asing Invasif Acacia nilotica (L.) Willd. ex Del. Di Taman Nasional Baluran Melalui Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Literasi Sains dan Hasil Belajar Kognitif Mahasiswa. Tesis, Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Ir. Suhadi, M.Si., (II) Dr. Murni Saptasari, M.Si.

Kata Kunci: bahan ajar PBL, spesies asing invasif, literasi sains, hasil belajar kognitif

Literasi sains merupakan keterampilan yang harus dimiliki dalam rangka menghadapi tuntutan abad 21, yang saat ini literasi sains masih tergolong rendah untuk mahasiswa di Indonesia. Upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan literasi sains bagi mahasiswa salah satu caranya yaitu dengan menggunakan bahan ajar PBL yang di dalamnya membelajarkan literasi sains. Bahan ajar selain digunakan untuk meningkatkan literasi sains juga digunakan untuk meningkatkan hasil belajar kognitif mahasiswa. Bahan ajar dikembangkan berdasarkan hasil penelitian materi spesies asing invasif Acacia nilotica di TN Baluran. Permasalahan invasi Acacia nilotica merupakan permasalahan yang terjadi secara kontekstual, sehingga tepat apabila menggunakan bahan ajar PBL. Bahan ajar dikembangkan dengan mengadaptasi model ADDIE. Tujuan pengembangan yaitu untuk menghasilkan produk berupa bahan ajar pengelolaan spesies asing  invasif Acacia nilotica di TN Baluran yang valid, praktis dan efektif terhadap literasi sains dan hasil belajar kognitif mahasiswa.

Tahapan pengembangan bahan ajar dimulai dengan analyze yaitu tahapan yang bertujuan untuk mengetahui permasalahan dan solusi untuk menyelesaikan permasalahan. Berdasarkan analisis kebutuhan permasalahan dalam matakuliah Pengelolaan Sumberdaya Alam yaitu masih terbatasnya bahan ajar berdasarkan hasil penelitian untuk memecahkan suatu masalah yang terjadi secara kontekstual. Tahap design, yaitu membuat rancangan konten bahan ajar spesies asing invasif. Pada tahap develop, disusunlah bahan ajar yang secara utuh yang selanjutnya divalidasi oleh ahli materi, ahli media, praktisi lapangan dan diuji cobakan ke mahasiswa untuk mengetahui responnya.

 Hasil validasi bahan ajar berdasarkan ahli materi mendapatkan nilai 98,17%, penilaian dari validator ahli media mendapatkan nilai 90,52%, penilaian dari praktisi lapangan mendapatkan nilai 89,58%, respons mahasiswa untuk yang sudah menempuh matakuliah mendapatkan nilai rerata 87,98% dan respons dari mahasiswa yang sedang menempuh matakuliah Pengelolaan Sumberdaya Alam mendapatkan nilai rerata adalah 90,60%. Hasil validasi menunjukkan nilai >85,00% yang berarti bahan ajar telah valid dan hanya membutuhkan sedikit revisi yang selanjutnya dapat diterapkan.

Bahan ajar diterapkan untuk matakuliah Pengelolaan Sumberdaya Alam dengan desain eksperimen one group pretest postest design. Keefektifan bahan ajar tehadap literasi sains dan hasil belajar kognitif diuji menggunakan gain score. Nilai gain score literasi sains untuk indikator 1 dan 3 yaitu 0,71 yang berarti keefektifan bahan ajar tinggi. Nilai gain score untuk indikator ke 2 yaitu 0,4 dan indikator ke 4 yaitu 0,6 yang berada dalam kategori sedang. Nilai gain score indikator ke 5 literasi sains adalah 0,3 yang berada dalam kategori rendahBerdasarkan hasil tersebut bahan ajar terbukti dapat meningkatkan literasi sains mahasiswa. Keefektifan bahan ajar PBL untuk meningkatkan hasil belajar kognitif 5 indikator yang telah diukur berada dalam kategori sedang karena memiliki rentang nilai 0,4-0,6. Berdasarkan nilai tersebut dapat diketahui bahwa bahan ajar yang diajarkan dengan melalui pembelajaran berbasis masalah efektif untuk meningkatkan hasil belajar kognitif mahasiswa.

SUMMARY

Nafiah, Kharirrotun. 2019. Development of Teaching Materials for Management  Invasive Alien Species Acacia nilotica (L.) Willd. ex Del. in Baluran National Park Through Problem Based Learning (PBL) to Improve Students Scientific  Literacy and Cognitive Learning Outcomes. Thesis, Study Program Biology Education, Faculty of Mathematics and Science, Universitas Negeri Malang. Advisors: (I) Prof. Dr. Ir. Suhadi, M.Si., (II) Dr. Murni Saptasari, M.Si.

Key Words: PBL teaching materials, invasive alien species, scientific literacy, cognitive learning outcome

Science literacy is a skill that must be possessed in order to face the demands of the 21st century, which is currently still low in scientific literacy for students in Indonesia. Efforts can be made to improve scientific literacy for students one of the ways, namely by using PBL teaching materials in which they teach science literacy. Learning materials besides being used to improve scientific literacy are also used to improve student cognitive learning outcomes.

 Teaching materials were developed based on the results of research on invasive alien species Acacia nilotica in Baluran National Park. The problem of invasion of Acacia nilotica is a problem that occurs contextually, so it is appropriate to use PBL teaching materials. Teaching materials were developed by adapting the ADDIE model. The purpose of development is to produce products in the form of teaching materials for invasive alien species Acacia nilotica in Baluran National Park that are valid, practical and effective against scientific literacy and student cognitive learning outcomes.

The stages of developing teaching materials starting with analyze are stages that aim to find out the problems and solutions to solve problems. Based on the analysis of problem needs in the course of Natural Resource Management, there are still limited teaching materials based on the results of research to solve a problem that occurs contextually.

 The design phase, which is to design the content of invasive alien species teaching material. At the development stage, whole teaching materials were prepared which were then validated by material experts, media experts, field practitioners and tested on students to find out the response. The results of the validation of teaching materials based on material experts get a value of 98,17%, the evaluation of media expert validators gets a value of 90,52%, the assessment from field practitioners gets a value of 89,58% % and responses from students who are taking the Natural Resource Management course get an average value of 90,60%. The validation results show a value of> 85,00% which means the teaching material is valid and only requires a few revisions which can then be applied.

Teaching materials are applied to the Natural Resource Management course with the experimental design of the one group pretest posttest. The effectiveness of teaching materials towards scientific literacy and cognitive learning outcomes was tested using gain score. The gain value of the science literacy score for indicators 1 and 3 is 0,71 which means the effectiveness of teaching materials is high. The gain score for the second indicator is 0,4 and the 4th indicator is 0,6 which is in the medium category. The value of the gain score of the 5th indicator of scientific literacy is 0,3 which is in the low category. Based on these results teaching materials are proven to improve student scientific literacy. The effectiveness of PBL teaching materials to improve cognitive learning outcomes 5 indicators that have been measured are in the medium category because they have a range of values of 0,4-0,6. Based on these values, it can be seen that teaching materials are taught through effective problem based learning to improve student cognitive learning outcomes.