DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Modul Berbasis Problem-based Learning Berdasarkan Hasil Penelitian Potensi Allium sativum dalam Menurunkan Kadar Lipid Mencit Hiperlipidemia untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Kognitif Mahasiswa

REGIA DELONIX

Abstrak


RINGKASAN

Regia, Delonix. 2019. Pengembangan Modul Berbasis Problem-based Learning Berdasarkan Hasil Penelitian Potensi Allium sativum dalam Menurunkan Kadar Lipid Mencit Hiperlipidemia untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Kognitif Mahasiswa. Tesis, Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang.

Pembimbing: (I) Dr. Sri Rahayu Lestari, M.Si., (2) Dr. Sri Endah Indriwati, M.Pd.

Kata Kunci: Modul, Problem-based Learning, Keterampilan Berpikir Kritis, Hasil Belajar Kognitif

Keterampilan berpikir kritis merupakan kecakapan abad 21 yang harus dimiliki mahasiswa sebagai tuntutan KKNI dan CPMK matakuliah Fisiologi Hewan dan Manusia. Keterampilan berpikir kritis mampu melatih mahasiswa memanfaatkan pengetahuan dan pengalaman belajarnya dalam menyelesaikan masalah. Pendidik harus menyediakan pengalaman belajar yang memfasilitasi kegiatan berpikir kritis mahasiswa, yakni dengan menyediakan modul berbasis problem-based learning berdasarkan hasil penelitian terhadap permasalahan yang terjadi di kehidupan sehari-hari.

Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE sebagai pedoman mengembangkan modul berbasis problem-based learning berdasarkan hasil penelititian potensi Allium sativum dalam menurunkan kadar lipid mencit hiperlipidemia untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif mahasiswa pada matakuliah Fisiologi Hewan dan Manusia. Hasil uji kevalidan, kepraktisan, keterbacaan dan uji implementasi menunjukkan bahwa modul dinyatakan valid (91.07 %), praktis (95 %) serta mampu meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif mahasiswa (gain score= 0.75, kategori high gain).

Kesimpulan penelitian yakni modul berbasis problem-based learning berdasakan hasil penelitian potensi Allium sativum dalam menurunkan kadar lipid mencit hiperlipidemia mampu meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif mahasiswa. Saran untuk pengembangan yakni mengembangkan modul pada topik yang lain dengan dasar hasil penelitian yang terkait.