DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

STUDI KASUS PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS BUDAYA SEKOLAH DI SD BRAWIJAYA SMART SCHOOL MALANG

Varda Putri Rozafi

Abstrak


Kata Kunci: Study Kasus, Penguatan Pendidikan Karakter, Budaya Sekolah

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) perencanaan,  pelaksanaan dan evaluasi Penguatan Pendidikan Karakter berbasis budaya sekolah; 2) peran penguatan pendidikan karakter berbasis budaya sekolah pada karakter peserta didik; 3) keterkaitan antara penguatan pendidikan karakter berbasis budaya sekolah dan dampaknya pada karakter peserta didik.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan desain studi kasus. Penelitian ini dilakukan di SD Brawijaya Smart School Kota Malang, dengan subjek peserta didik, guru, staf sekolah, dan kepala sekolah yang berhubungan dengan fokus penelitian. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan adalah teknik triangulasi. Dalam penelitian ini triangulasi dilakukan dengan  tiga kegiatan, yaitu:

(a) membandingkan data hasil pengamatan dengan data hasil wawancara;

(b) membandingkan hasil wawancara dengan dokumen atau arsip, foto pelaksanaan kegiatan;

(c) membandingkan hasil pengamatan dengan dokumen atau arsip, foto pelaksanaan kegiatan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penanaman nilai karakter berbasis budaya sekolah dilakukan dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Strategi yang digunakan dalam mengimplementasikan pendidikan karakter berbasis budaya sekolah yaitu melalui kegiatan rutin,  kegiatan spontan, kegiatan terprogram, kedisiplinan dan keteladan. Karakter siswa yang tampak dari penanaman nilai karakter  berbasis budaya sekolah di SD Brawijaya Smart School adalah religius, nasionalis, mandiri, gotong-royong dan integritas.

Berbasis temuan penelitian, disarankan agar sekolah mengembangkan perencanaan Penguatan Pendidikan Karakter yang lebih baik lagi serta lebih meningkatkan konsistensi pelaksanaan sesuai dengan perencanaan yang telah disepakati. Pengawasan atau monitoring PPK sebaiknya juga dilakukan secara berkala untuk memaksimalkan pelaksanaan PPK berbasis budaya sekolah di SD Brawijaya Smart School.