DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Pembelajaran Sains Berbasis Inkuiri (IBL) Terintegrasi Nature of Science (NOS) untuk Meningkatkan Keterampilan Metakognitif, Keterampilan Proses Sains, dan Penguasaan Konsep Siswa.

Tarwiyani Tarwiyani

Abstrak


 

 

ABSTRAK

Tarwiyani. 2019. Pengembangan Pembelajaran Sains Berbasis Inkuiri (IBL)

Terintegrasi Nature of Science (NOS) untuk Meningkatkan Keterampilan

Metakognitif, Keterampilan Proses Sains, dan Penguasaan Konsep Siswa.

Tesis, Program Studi Pendidikan Biologi, Pascasarjana Universitas Negeri

Malang. Pembimbing: (I) Dr. Ibrohim, M.Si. (II) Dr. Susriyati Mahanal,

M.Pd.

 

Kata Kunci: Keterampilan Metakogitif, Keterampilan Proses Sains, Penguasaan

Konsep,Pengembangan Pembelajaran Sains, Inkuiri, Nature of Science.

 

Keterampilan abad 21 merupakan keterampilan yang dibutuhkan siswa

dalam menghadapi persaingan era global. Keterampilan abad 21 terdiri dari

keterampilan dalam menguasai pengetahuan, literasi, dan mengembangkan

berbagai keahlian. Pengembangan keterampilan tersebut dapat dilakukan melalui

pembelajaran sains. Berdasarkan analisis kebutuhan, diperoleh beberapa

permasalahan pada pembelajaran sains di SMP Laboratorium UM,

yaitu:

(1) keterampilan proses sains dan keterampilan metakognitif siswa masih

rendah;

(2) pembelajaran belum dikaitkan dengan aspek NOS. Upaya untuk

mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan pembelajaran

berbasis Inquiry Based Learning (IBL) terintegrasi Nature of Science (NOS)

menggunakan perangkat pembelajaran yang sesuai. Penelitian ini bertujuan untuk

menghasilkan rancangan pembelajaran yang valid dan praktis serta meningkatkan

keterampilan metakognitif, keterampilan proses sains, dan penguasaan konsep

siswa melalui proses pembelajaran berbasis IBL terintegrasi NOS.

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan mengadaptasi

model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluate).

Produk yang dihasilkan berupa rancangan pembelajaran yang dikemas dalam

bentuk perangkat pembelajaran (silabus, RPP, LKS, handout, dan instrumen

penilaian) berbasis IBL terintegrasi NOS. Tahap implementasi produk dilakukan

di kelas VIII SMP Laboratoium Universitas Negeri Malang menggunakan dua

kelas. Desain implementasi yang digunakan yaitu nonrandomized-control group

pretest-postest design. Data yang diperoleh berupa hasil validasi dan uji

keterbacaan produk serta data pretest-posttest dari soal tes uraian yang sudah

dikembangkan. Analisis data yang dilakukan meliputi analisis validitas,

kepraktisan, dan keefektifan produk pengembangan. Analisis Keefektifan

menggunakan anakova satu jalur dengan bantuan SPSS pada taraf signifikansi 5%

untuk mengetahui pengaruh pembelajaran terhadap variabel terikat.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa;

1) rancangan pembelajaran

yang dikembangkan terbukti valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam

proses pembelajaran;

2) pengembangan pembelajaran sains berbasis Inquiry

Based Learning (IBL) terintegrasi Nature of Science (NOS) terbukti berpengaruh

dalam meningkatkan keterampilan metakognitif, keterampilan proses sains, dan

penguasaan konsep siswa.

 Berdasarkan hasil penelitian, sebaiknya dilakukan

penelitian lanjutan (penelitian pengembangan pembelajaran berbasis IBL

terintegrasi NOS) pada sampel yang lebih banyak supaya keterampilanketerampilan yang ingin dikembangkan mendapatkan hasil yang lebih baik.

 

 

ABSTRACT

Tarwiyani. 2019. The Development of Science Learning Based on Inquiry (IBL)

Integrated with Nature of Science (NOS) to Improve Metacognitive Skills,

Science Processing Skills, and Students’s Concepts Mastery. Thesis,

Biology Education Study Program, Postgraduate of State University of

Malang. Advisors: (I) Dr. Ibrohim, M.Si. (II) Dr. Susriyati Mahanal, M.Pd.

 

Keywords: Metacogitive Skills, Science Processing Skills, Concepts Mastery,

Development of Science Learning, Inquiry, Nature of Science.

 

21st century skills are skills needed by students in the face of global era

competition. 21st century skills consist of skills in mastering knowledge, literacy,

and developing various skills. The development of these skills can be done

through science learning. Based on the needs analysis, several problems were

obtained in science learning at UM Laboratory Junior High School, that is: (1)

science process skills and metacognitive skills’s student were still low; (2)

learning has not been associated with aspects of the NOS. The effort to overcome

this problem is to implement the learning based Inquiry Based Learning (IBL)

integrated Nature of Science (NOS) using appropriate learning tools. This study

aims to produce valid and practical learning designs and improve metacognitive

skills, science process skills, and mastery of students' concepts through learning

processes based on IBL integrated NOS.

 

This research is a development research by adapting the ADDIE

development model (Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluate). The

resulting product is in the form of learning designs that are packaged in the form

of learning devices (syllabus, lesson plans, worksheets, handouts, and assessment

instruments) based on IBL integrated NOS. The product implementation phase

was carried out in class VIII of UM Laboratory Junior High School using two

classes. The implementation design used was the nonrandomized-control group

pretest-posttest design. The data obtained in the form of the results of validation

and product readability test and pretest-posttest data from the description test

questions that have been developed. Data analysis included analysis of the

validity, practicality, and effectiveness of product development. Effectiveness

Analysis using a one-way anakova with the help of SPSS at a significance level of

5% to determine the effect of learning on the dependent variable.

The results of this study indicate that;

1) the learning design developed is

proven to be valid, practical, and effective for use in the learning process;

2) the development of learning based on Inquiry Based Learning (IBL) integrated Nature

of Science (NOS) proved to be influence in improving metacognitive skills,science process skills, and mastery concepts of students'. Based on the results ofthe study, it is better to do further research (research on the development learningbased on IBL integrated NOS) on a larger sample so that the skills that want to bedeveloped get better results.