DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Potensi Lokal Hutan Mangrove Taman Nasional Baluran untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa Mata Kuliah Pengelolaan Sumberdaya Alam

ROHMAH FITHRIYATUR AIDA

Abstrak


ABSTRAK

Rohmah, A.F. 2019. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Potensi Lokal Hutan Mangrove Taman Nasional Baluran untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa Mata Kuliah Pengelolaan Sumberdaya Alam. Tesis, Program Studi Pendidikan Biologi, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Ir. Suhadi, M.Si., (II) Dr. Murni Saptasari, M.Si.

Kata Kunci: bahan ajar, mangrove, keterampilan berpikir kritis

Pengelolaan Sumberdaya Alam (PSDA) merupakan matakuliah keahlian berkarya program studi Biologi Universitas Negeri Malang. Salah satu capaian pembelajaran matakuliah tersebut adalah mahasiswa dapat menemukan, menganalisis dan memecahkan permasalahan pengelolaan sumberdaya alam. Keteterampilan berpikir kritis adalah keterampilan dasar dalam memecahkan suatu permasalahan dan salah satu bentuk softskill yang harus dikembangkan oleh mahasiswa. Namun, sumber belajar yang digunakan mahasiswa dinilai belum melatihkan keterampilan berpikir kritis. Berdasarkan kondisi tersebut dilakukan pengembangan bahan ajar yang dapat melatihkan keterampilan berpikir kritis. Hutan Mangrove Pantai Bama Taman Nasional Baluran merupakan salah satu potensi lokal yang dimiliki Indonesia, namun hutan mangrove tersebut memiliki beberapa potensi ancaman kerusakan. Mahasiswa matakuliah PSDA diharapkan dapat berpikir secara kritis untuk menemukan solusi permasalahan agar ancaman tersebut tidak berlanjut.

 

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan menghasilkan bahan ajar mangrove berbasis potensi lokal Taman Nasional Baluran untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis yang memenuhi syarat kevalidan, kepraktisan dan keefektifan bahan ajar. Penelitian ini mengadaptasi model ADDIE yang terdiri atas lima tahap yaitu Analyze, Design, Develop, Implement, dan Evaluate. Jenis data pada penelitian meliputi data kuantitatif (skor validasi oleh validator, skor uji kepraktisan, skor pretes-postes keterampilan berpikir kritis) dan data kualitatif (komentar dan saran dari validator dan mahasiswa). Data skor validasi dan uji kepraktisan bahan ajar dianalisis dengan teknik analisis presentase. Data skor pretes-postes keterampilan berpikir kritis mahasiswa dianalisis dengan N-Gain Score.  

 

Hasil validasi bahan ajar oleh ahli media, ahli materi, dan praktisi lapangan memiliki skor secara berturut-turut sebesar 92,10 (sangat valid), 90,44 (sangat valid), dan 89,58 (sangat valid). Hasil uji kepraktisan bahan ajar oleh mahasiswa sebesar 87,13% (sangat praktis). Hasil pretes-postes keterampilan berpikir kritis mahasiswa pada tahap implement menunjukkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan berpikir kritis yang ditunjukkan oleh nilai N-Gain yang diperoleh sebesar 0,53 dengan kategori sedang. Simpulan dalam penelitian ini yaitu bahan ajar mangrove berbasis potensi lokal Taman Nasional Baluran valid, praktis untuk digunakan mahasiswa dalam pembelajaran, dan efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa. Saran yang dapat diajukan yakni peneliti yang lain dapat mengembangkan produk dengan cara memasukkan uraian materi lain yang berkaitan dengan pengelolaan hutan mangrove.