DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Budaya Akademik dan Status Sosial Ekonomi Terhadap Kinerja Profesional Guru Ekonomi SMA Se- Kota Malang. (Tesis)

Retno Mustika Dewi

Abstrak


Peran dan tanggung jawab seorang guru sangat penting dalam mencapai tujuan pendidikan nasional. Guru adalah salah satu faktor penentu tinggi rendahnya mutu pendidikan. Kinerja profesional guru sangat berpengaruh terhadap kelangsungan seluruh proses pembelajaran di dalam kelas dan pada akhirnya akan mempengaruhi kualitas lulusan. Di samping itu, guru diyakini sebagai komponen penting dalam seluruh proses pembelajaran karena mampu menggerakkan dan menggunakan berbagai perangkat belajar seperti laboratorium dan alat peraga lainnya untuk mencapai tujuan pembelajaran. Karena itu, apabila prestasi belajar siswa berhasil, maka hal tersebut merupakan cerminan kinerja profesional guru yang baik.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan pengaruh budaya akademik, status sosial ekonomi terhadap kinerja profesional guru ekonomi SMA Se- Kota Malang. Penelitian ini merupakan penelitian eksplanatori. Populasi penelitian ini adalah guru Ekonomi SMA Se- Kota Malang yang berjumlah 103 guru di 10 SMA Negeri dan 37 SMA Swasta. Jumlah sampel sebanyak 65 guru sebagai responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik angket.

Hasil analisis data, menunjukkan bahwa secara umum budaya akademik SMA Se-Kota Malang menurut guru ekonomi adalah dalam kondisi cukup kondusif, status sosial ekonomi guru berada pada tingkat tinggi, dan kinerja profesional guru berada pada tingkat sangat tinggi.

Dari hasil pengujian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif variabel budaya akademik terhadap kinerja professional guru dan terdapat pengaruh yang positif variabel status sosial ekonomi terhadap kinerja profesional guru.

Berdasarkan hasil analisis data, dinyatakan bahwa budaya akademik dan status sosial ekonomi berpengaruh terhadap kinerja profesional guru Ekonomi SMA Se- Kota Malang, oleh karena itu untuk mengembangkan kualitas kinerja profesional guru maka perlu ditingkatkan budaya akademik dan status sosial ekonomi. Selanjutnya untuk Sekolah, hasil penelitian ini digunakan untuk menentukan kebijakan- kebijakan sekolah, bagi peneliti selanjutnya diharapkan menggunakan hasil penelitian ini sebagai dasar atau referensi penelitian lebih lanjut disertai pengembangan masalah dari sudut yang berbeda, misalnya mengukur kinerja profesional guru melalui tingkat pendidikan pengalaman mengajar guru, perilaku Supervisi Kepala Sekolah dalam kepemimpinan pengajaran dan sebaiknya mengambil penelitian tentang budaya akademik dan status sosial ekonomi di Tingkat Perguruan Tinggi karena lingkup permasalahannya lebih kompleks dan dilihat dari jenjangnya yang lebih tinggi. Bagi pihak lain atau pembaca, penelitian ini dapat digunakan untuk menambah pengetahuan mengenai budaya akademik di sekolah, status sosial ekonomi, dan kinerja profesional guru.

 

Abstract:

Keywords: Academic Culture, Social-Economical Status, Professional Performance, High-School Economic Teacher

Teacher's role and responsibility must be very important substance to achieve the national education goals. A teacher is a determinant factor of the education quality. The professional performance of a teacher influences the learning process in the class and also determines the quality of the graduate. In addition, it is believed that the teacher is one important element of whole learning process because learning equipments including laboratory and other visual aids are utilized by teacher to pursue for learning goal. Therefore, the learning achievement of the student is reflecting the professional performance of the teacher.

Research is aimed at analyzing and describing the effect of academic culture and social-economical status on high school economic teacher in Malang City. Research is an explanatory study. The population of research is high school economic teacher in Malang City. In detail, total is 103 teachers from ten state high schools and thirty seven private high schools. The sample is 65 teachers who are also the respondent. Data collection technique is questionnaire.

Result of data analysis indicates that in general, the academic culture of high school economic teacher in Malang City has been conducive. Their social-economical status is high, while their professional performance is very high.

Based on this result, research concludes that the positive effect exists from both the academic culture variable and also the social-economical status variable on teacher's professional performance.

Considering the result of analysis, it is suggested that the academic culture and social-economical status are affecting the professional performance of high school economic teacher in Malang City. Therefore, the quality of teacher's professional performance should be preceded by the improvement of their academic culture and social-economical status. The school may take benefit from this research by using the result as the further guide or reference for the next research. Further research can use different perspective such as measuring teacher's professional performance through teacher's education background, teacher's teaching experience, and principal's supervisory behavior in leading the teaching activity. It is better for the next research to adopt academic culture and social-economical status in higher education context because the problem scope is more complex for its higher level of education.

The reader may use this result for increasing their knowledge about academic culture in school, social-economical status, and teacher's professional performance.