DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan perangkat pembelajaran sinektik berbantuan video batik tulis kelas XI MAN 1 Madiun

QUR'ANI DIYAH AYU ANTIKA

Abstrak


ABSTRAK

Qur’ani, Diyah Ayu Entika. 2019 Pengembangan Perangkat Pembelajaran Sinektik Berbantuan Video Batik Tulis Kelas XI MAN 1 Madiun. Tesis, Jurusan Teknologi Pembelajaran, Fakultas Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Dedi Kuswandi, M.Pd (II) Dr. Agus Wedi, S.Pd., M.Pd

Kata Kunci: perangkat pembelajaran, sinektik, video, batik tulis.

Pengembangan perangkat pembelajaran sinektik berbantuan video batik tulis kelas XI MAN 1 Madiun bertujuan mengatasi jumlah pertemuan di kelas yang terbatas, menambah sumber belajar, mengatasi alokasi waktu, dan mendorong kreativitas siswa dalam materi batik tulis. Guru akan mengajar siswa menggunakan perangkat pembelajaran yang sudah dikembangkan, dengan metode sinektik.

Pada dasarnya hasil akhir pada proses pembelajaran batik tulis adalah membuat sebuah karya batik sesuai dengan kreativitas siswa. Dengan hasil produk batik tulis, perlunya sebuah strategi yang tepat dalam pembelajaran. Agar lebih merangsang kreativitas siswa dalam berkarya.

Pengembangan ini menggunakan model Dick & Carey untuk mengembangkan perangkat pembelajaran. Dengan langkah yang meliputi :

1) mengidentifikasi tujuan,

2) analisis pembelajaran,

3) menganalisa peserta didik dan konteks pembelajaran,

4) merumuskan tujuan,

5) mengembangkan instrument,

6) strategi pembelajaran,

7) memilih dan mengembangkan jenis materi,

8) melakukan evaluasi formative, dan

9) merevisi perangkat.

Hasil Penelitian dan pengembangan perangkat pembelajaran sinektik berbantuan video batik tulis kelas XI MAN 1 Madiun ini teruji kevalidannya dengan perhitungan Silabus 97,3%, RPP 89,3%, Modul 88%, LKS 86%, Instrumen evaluasi 92%, video 88% dan materi 94,7%. Dengan tingkat efektifitas perhitungan data uji coba perorangan 100%, kelompok kecil 100% dan uji coba lapangan sebesar 94,1% dengan kategori efektif. Sehingga perangkat pembelajaran ini layak digunakan untuk pembelajaran batik tulis.