DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2009

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Karakteristik Puisi Siswa Kelas III SD Negeri Janti II Kecamatan Papar Kabupaten Kediri. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Heny Dyah Wulandari

Abstrak


Pada Kurikulum Tingkat Satuan  Pendidikan (KTSP) terdapat empat keterampilan dasar, yaitu mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis. Keterampilan yang paling sering diajarkan adalah keterampilan menulis. Pada kelas I, siswa sudah diperkenalkan sekilas tentang puisi. Kompetensi Dasarnya, yaitu menyalin puisi anak sederhana dengan huruf lepas dan menyalin puisi anak dengan huruf tegak bersambung. Begitu pula pada kelas II, siswa diajarkan
menulis puisi dengan Kompetensi Dasarnya, yaitu menyalin puisi anak dengan huruf tegak bersambung yang  rapi. Kemudian Kompetensi Dasar pada kelas III, yaitu melengkapi puisi anak berdasarkan gambar dan menulis puisi berdasarkan
gambar dengan pilihan kata yang menarik. Berdasarkan hal di atas, perlu diadakan penelitian ini. Adapun masalah dari
penelitian ini adalah bagaimana karakteristik siswa kelas III SD Negeri Janti II Kecamatan Papar Kabupaten Kediri menulis puisi secara keseluruhan, meliputi karakteristik menulis puisi dari segi penggunaan diksi, rima, tema, dan tipografi.
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran objektif tentang karakteristik menulis puisi siswa kelas  III SD Negeri Janti II Kecamatan Papar Kabupaten Kediri, meliputi karakteristik menulis puisi dari segi penggunaan diksi,
rima, tema, dan tipografi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Janti II Kecamatan Papar Kabupaten Kediri dengan subjek penelitian siswa kelas III SD Negeri Janti II Kecamatan Papar Kabupaten Kediri. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri dengan bantuan instrumen pendukung berupa tabel penjaring data.  Hasil penelitian menunjukkan deskripsi  karakteristik puisi siswa kelas III
SD Negeri Janti II Kecamatan Papar Kabupaten Kediri. Karakteristik puisi siswa antara lain sudah memperhatian diksi,  rima, tema, dan tipografi. Kategori pada diksi antara kata konkret, simbol, dan citraan. Kata konkret terdiri dari kata
konkret berupa kata benda, kata konkret  berupa kata kerja, dan kata konkret berupa kata sifat. Aspek rima tersebut terdiri dari dua kategori, yaitu rima berpola dan rima tidak berpola. Katagori tema yang dikemukakan siswa dalam puisinya adalah tema lingkungan sekitar, pengalaman pribadi penyair, perjuangan, dan kemuliaan tugas guru. untuk menggunakan tema tentang lingkungan sekitar. Jenis tipografi yang dijumpai pada puisi hasil siswa, yaitu bentuk tradisional dan bentuk
pengubahan pola tradisional. Bertitik tolak dari temuan penelitian  ini, beberapa saran yang diperkirakan dapat meningkatkan karakteristik siswa dalam menulis puisi dari penggunaan segi diksi, rima, tema, dan tipografi tersebut diajukan. Saran yang diajukan tersebut adalah (1) guru  disarankan sering memberi pengarahan tentang puisi, unsur-unsur puisi, serta tentang seluk-beluk puisi secara mendalam; sering memberikan contoh dan latihan-latihan berkenaan dengan puisi; dapat mempertahankan dan
meningkatkan prestasi siswa dalam pembelajaran menulis puisi; dan dapat memberikan motivasi kepada siswa agar siswa memiliki kepercayaan diri dan dapat terus mengasah kemampuan yang telah dimiliki, (2) peneliti selanjutnya
disarankan untuk mengadakan penelitian terhadap kegiatan pembelajaran menulis puisi dengan metode penelitian dan rumusan masalah yang berbeda. Hal tersebut perlu dilakukan agar dapat mengetahui  metode pembelajaran lain yang baru.
Selain itu, akan diketahui juga bagaimana karakteristik puisi siswa jika dilihat dari kriteria penilaian yang berbeda dengan  penelitian ini, dan  (3) penulis buku teks disarankan mengembangkan latihan-latihan pembelajaran menulis puisi dengan memperhatikan pengembangan kompetensi diksi, rima, tema, dan tipografi.