DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Kearifan Lokal Kabupaten Berau Tema Daerah Tempat Tinggalku Pada Muatan Pembelajaran IPS Untuk Kelas IV Sekolah Dasar. Tesis. Jurusan Pendidikan Dasar

prayoga didit satya

Abstrak


ABSTRAK

Prayogi, Didit, Satya. 2019. Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Kearifan Lokal Kabupaten Berau Tema Daerah Tempat Tinggalku Pada Muatan Pembelajaran IPS Untuk Kelas IV Sekolah Dasar. Tesis. Jurusan Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Sugeng Utaya, M.Si., (2) Prof. Dr. Sumarmi, M.Pd.

Kata Kunci : Multimedia Interaktif, Kearifan Lokal, Kabupaten Berau

Bangsa Indonesia adalah bangsa yang memiliki beragam kebudayaan dan kearifan lokal dari setiap daerahnya, khususnya kearifan lokal di daerah Kabupaten Berau. Seiring dengan kemajuan zaman dimana penggunaan teknologi informatika menjadi keharusan di dalam proses pendidikan, menginternalisasikan nila – nilai kearifan lokal tersebut kedalam materi pembelajaran dengan memanfaatkan multimedia diharapkan dapat menjadikan siswa lebih kritis dan merasa bangga terhadap budaya lokal. Tujuan  penelitian dan pengembangan ini ialah untuk menghasilkan multimedia interaktif berbasis kearifan lokal Kabupaten Berau yang valid, menarik, prakis, daln efektif untuk menunjang proses pembelajaran.

Penelitian dan pengembangan dilaksanakan di SDN 002 Tanjung redeb Kabupaten Berau,menggunakan model pengembangan multimedia yang merujuk kepada model Lee & Owen yang memiliki 5 tahap. Tahapan tersebut adalah analysis, design, development, implementation, dan evaluation.

 Produk yang dihasilkan berupa aplikasi multimedia interaktif berbasis kearifan lokal Kabupaten Berau.proses tahapan uji coba produk menunjukan hasil skor total persentase kevalidanyang diperoleh dari ahli media sebanyak 98,26%, hasil skor total persentase kevalidan yang diperoleh dari ahli materi sebanyak 93,68%. Dari hasil skor validasi tersebut produk yang dikembangan memenuhi kriteria sangat valid sehingga dapat digunakan tanpa revisi. Hasil uji kelompok kecil terhadap aspek kemenarikan dan aspek kepraktisan menunjukan hasil sesuai yang diharapkan bahwa produk multimedia interaktif memenuhi kriteria sebagai produk yang menarik dan praktis untuk digunakan. Pada pelaksanaan uji coba lapangan terhadap siswa kelas IV multimedia interaktif berbasis kearifan lokal Kabupaten Berau merupakan media pembelajaran yang menarik dan praktis. Rata – rata total skor keefektifan secara keseluruhan, terlihat peningkatan yang postif dari tes evaluasi pre-testdibandingkan dengan tes evaluasipost-testmenggunakan multimedia interaktif berbasis kearifan lokal dengan persentase hasil sebanyak 86,78% telah memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) 70.

Peningkatan hasil belajar serta respon yang meyakinkan dari siswa kelas IV SDN 002 Tanjung redeb menunjukan bahwa multimedia interaktif yang dikembangkan dalam penelitian ini tepat sasaran dan memiliki banyak manfaat. Multimedia interaktif menunjang guru untuk menghadirkan pembelajaran bermakna dan kontestual dengan lingkungan siswa, sehingga prestasi belajar dapat meningkat dan menambah wawasan siswa terhadap budaya di daerahnya