DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Komunikasi Matematis Siswa yang Mengalami Folding Back Ketika Menyelesaikan Masalah Matematika

Syaitri . Intan

Abstrak


RINGKASAN

Syafitri, Intan. 2019. Komunikasi Matematis Siswa yang Mengalami Folding Back Ketika Menyelesaikan Masalah Matematika. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Susiswo, M.Si, (II) Dr. Ir. Hendro Permadi, M.Si.

Kata Kunci: komunikasi matematis, folding back, penyelesaian masalah

Komunikasi merupakan salah satu keterampilan yang diperlukan siswa untuk menghadapi perkembangan zaman. Pada pembelajaran matematika, komunikasi matematis siswa terlihat ketika siswa diminta untuk menyelesaikan sebuah permasalahan. Aktifitas penyelesaian masalah ini membutuhkan pemahaman siswa yang berkaitan dengan pertanyaan masalah untuk menemukan solusi penyelesaian yang tepat. Siswa terkadang menemui kendala ketika menyelesaikan masalah sehingga ia perlu melakukan folding back untuk membangun pemahamannya yang berkaitan dengan pertanyaan masalah. Folding back ini menunjukkan bagaimana proses berpikir siswa yang terlihat melalui komunikasi tulisan dan lisan siswa ketika menyajikan solusi penyelesaian masalah. Oleh karena itu, penelitian ini membahas topik tentang komunikasi matematis yang bertujuan mendeskripsikan komunikasi matematis siswa yang mengalami folding back ketika menyelesaikan masalah persamaan garis lurus.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakandua instrumen penelitian yaitu tes tertulis dan pedoman wawancara semi terstruktur. Penelitian ini melibatkan 4 subjek yang terdiri dari dua subjek dengan kemampuan tinggi dan dua subjek dengan kemampuan sedang. Subjek yang dipilih merupakan subjek yang mengalami folding backketika menyelesaikan tes tertulis dan diperkuat oleh data hasil wawancaranya. Subjek yang mengalami folding backkemudiandideskripsikan gambaran komunikasi matematisnya.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa setiap subjek mempunyai komunikasi matematis beragam dalam menyampaikan proses folding backyang dialaminya. Subjek dengan kemampuan tinggi secara tertulis menunjukkan respon yang cukup detail pada setiap tahapan penyelesaian masalahnya. Respon tertulis ini hanya berupa perhitungan saja namun dituliskan subjek dengan jelas, benar dan terurut sehingga dapat dipahami bagaimana arah berpikir subjek dalam menyelesaikan masalah dan folding backyang dialaminya. Respon ini juga menunjukkan bahwa subjek mengalami beberapa kali folding back secara mandiri ke lapisan primitive knowing dan lapisan image making.Subjek berkemampuan tinggi mampu mengomunikasikan proses dan alasan dilakukannya folding back tersebut dengan menggunakan bahasa yang jelas dan mudah dapat dipahami oleh lawan bicaranya. Subjek berkemampuan tinggi juga mampu menuliskan respon hasil folding backnya dengan tulisan yang jelas dan terurut hingga ditemukannya solusi penyelesaian yang benar dan sesuai dengan pertanyaan masalah.

Subjek berkemampuan sedang secara tertulis tidak menunjukkan respon yang detail pada tahapan penyelesaian masalahnya. Subjek menuliskan solusi penyelesaiannya dengan cukup jelas dan terurut walaupun masih terdapat beberapa kesalahan dalam penggunaan rumus persamaan garis dan perhitungan operasi bilangan. Respon ini juga menunjukkan bahwa subjek berkemampuan sedang mengalami folding backke lapisan primitive knowing dan image making. Folding back ke lapisan primitive knowing dapat dilakukan subjek secara mandiri ataupun melalui intervensi. Intervensi ini terjadi karena subjek kurang teliti ketika menuliskan perhitungan jawabannya. Untuk folding back ke lapisan image making, terjadinya setelah adanya intervensi dari peneliti. Subjek dapat memberikan responnya terkait proses folding back yang ia lakukan baik secara mandiri maupun melalui intervensi. Subjek mengomunikasikan responnya ini dengan menggunakan bahasa sendiri yang mudah dipahami. Hasil dari folding back ini juga dituliskan subjek denganperhitungan yang jelas dan terurut pada lembar jawabannya.

SUMMARY

Syafitri, Intan. 2019. Students' Mathematical Communication Experienced Folding Back in Solving Mathematical Problems. Thesis. Department of Mathematics Education. Postgraduate ofState University of Malang. Advisors: (I) Dr. Susiswo, M.Si, (II) Dr. Ir. Hendro Permadi, M.Si.

Key Word: mathematical communication, folding back, problem solving

Communication is one of the skills needed by students to face the times. In mathematics learning, students' mathematical communication is seen when students are asked to solve a problem. This problem solving activity requires students' understanding related to problem questions to find the right solution. Students sometimes encounter obstacles in solving problems so they need to do folding back to build their understanding related to problem questions. Folding back shows how students think through the written and oral communication of students when presenting problem solving solutions. Therefore, this study discusses the topic of mathematical communication aimed to describe mathematical communication of students who experience folding back in solving problems of straight line equations.

This studyincluded descriptive qualitative study using two research instruments, namely a written communication mathematical test and semi-structured interview guidelines. This study involves four subjects consisting of two subjects with high abilities and two subjects with medium abilities. The chosen subjects were subjects who experienced folding backwhen solving written test and reinforced by data from interview results. The subject who experienced folding backwill be describe about their mathematical communication.

The results of the study show that each subject has diverse mathematical communication in conveying the folding back process he experienced. Subjects with high ability in writing do not show a detailed response for each stage of problem solving. Written responses that are only in the form of calculations can be written clearly by the subject, correctly and regularly so that the direction of thinking the subject in solving the problem and the folding back can be understood. This response also shows that the subject experiences folding back several times independently to the primitive knowing layer and the image making layer. Subjects are able to communicate the process and the reasons underlying folding back that occur clearly and use easily understood language. The subject is also able to write the response results of folding back clearly and in order until the correct solution is found and in accordance with the problem question.

Subjects with medium ability in writing also do not show a detailed response at the stage in solving the problem. The subject writes the solution to the solution quite clearly and regularly even though there are still some mistakes in using the line equation formula and calculating the number operation. This response also shows that the subject also experiences several times folding back to the primitive knowing layer independently. The subject also experienced folding back to the image making layer through researcher intervention. Subjects were able to provide a response related to folding back experienced both independently and through intervention. The subject communicates his response clearly and uses easily understood language. The results of folding back are also written by the subject with clear calculations and organized on the answer sheet.