DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Round table dan Carousel Feedback untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Negeri 3 Besuki Situbondo

LESTARI ERITA FEBRI

Abstrak


 

ABSTRAK

Lestari, Erita Febri. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Round table dan Carousel Feedback untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Negeri 3 Besuki Situbondo. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Mohammad Zainuddin, M.Pd. (2) Prof. Dr. Budi Eko Soetjipto, M.Ed., M.Si.

Kata Kunci:roundtable, carousel feedback, keterampilan sosial, hasil belajar IPS

Berdasarkan hasil observasi di kelas IV SD Negeri 3 Besuki ditemukan bahwa keterampilan sosial siswa masih rendah. Hal ini ditunjukkan pada saat diskusi kelompok, siswa masih bekerja secara individu, hanya mau bekerjasama dengan sesam siswa yang miliki kemampuan akademik lebih tinggi. Siswa tidak saling membantu menyelesaikan tugas. Hasil belajar siswa menunjukkan nilai yang rendah, yaitu pada UTS 42,4% atau 14 siswa dari 33 siswa memperoleh nilai di atas KKM, sedangkan sebanyak 57,5% atau 19 siswa belum mencapai KKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif roundtable dan carousel feedback untuk meningkatkan keterampilan sosial dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 3 Besuki.

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari tiga tahap yaitu

(1) perencanaan,

(2) pelaksanaan dan tindakan, dan

(3) refleksi. Penelitian dilakukan sebanyak 2 siklus, dan setiap siklus terdiri dari

(4) pertemuan. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri 3 Besuki Situbondo, tahun ajaran 2018/2019, subjek penelitian kelas IV. Data yang diperoleh yaitu keterlaksanaan model pembelajaran, data keterampilan sosial siswa, dan hasil belajar muatan IPS. Instrument yang digunakan yaitu pedoman observasi keterlaksaan model pembelajaran, pedoman observasi keterampilan sosial, angket keterampilan sosial, dan tes hasil belajar muatan IPS.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif RoundTabledan Carousel Feedbackterlaksana dengan baik dan mengalami peningkatan setiap siklus. Hasil angket keterampilan sosial siswa mengalami peningkatan dari 74,09% pada siklus I menjadi 82,30% pada siklus II. Hasil belajar muatan IPS siswa juga mengalami peningkatan yaitu 64% pada siklus I menjadi 82% pada siklus II. Berdasakan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif RoundTable dan Carousel Feedback dapat

meningkatkan keterampilan sosial dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 3 Besuki Situbondo. Saran yang diajukan yaitu, pada penerapan model pembelajaran guru harus dapat mengondisikan kelas agar siswa dapat memahami penjelasan guru tentang tahapan model pembelajaran dengan baik.