DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Proses Berpikir Aljabar dalam Menyelesaikan Masalah Pola Bilangan

Dian Novita Cahyaningtyas

Abstrak


Abstract

This study aims to describe the profile of junior high school algebra thinking in solving problems of number patterns. Three subjects were selected based on mathematical abilities through prerequisite tests, namely RB with high mathematical abilities, KDS with moderate math skills, and SAA with low mathematical abilities. The research data was obtained through tests of number pattern problems. All three subjects meet at least four indicators from seven indicators. High and low subjects fulfill four indicators, namely grouping information, chopping information, explaining rules, and representing different. While the ability subject is fulfilling five indicators, namely grouping information, explaining rules, different representations, describing changes, and explaining rules from different representations

Abstrak

 

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan profil berpikir aljabar siswa SMP dalam menyelesaikan masalah pola bilangan. Tiga subjek dipilih berdasarkan kemampuan matematika melalui tes prasyarat, yaitu RB dengan kemampuan matematika tinggi, KDS dengan kemampuan matematika sedang, dan SAA dengan kemampuan matematika rendah. Data penelitian diperoleh melalui tes masalah pola bilangan. Ketiga subjek memenuhi minimal empat indikator dari tujuh indikator. Subjek tinggi dan rendah memenuhi empat indikator, yaitu mengelompokkan informasi, chungking informasi, menjelaskan aturan, dan representasi berbeda. Sedangkan subjek kemampuan sedang memenuhi lima indikator, yaitu mengelompokkan informasi, menjelaskan aturan, representasi berbeda, menggambarkan perubahan, dan menjelaskan aturan dari representasi yang berbeda.