DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

A Proposed English Syllabus for Students of Management Departmentat Borneo University of Tarakan East Kalimantan. (Thesis)

Arifin Arifin

Abstrak


The study was conducted with the purpose to propose a syllabus for English course in Management Department of Borneo University of Tarakan.

This research employed Research and Development (R & D) design. To obtain the information needed as a base for writing English syllabus, 65 students of Management Department were asked to answer questionnaires. English language lecturer and 5 subject specialists were also interviewed with same purposes. The proposed syllabus was based on information gathered from students, alumni, English language lecturer, subject specialists, the officers at Management Department and document analysis relevant to the this study.

The procedures of development cover needs analysis, Richard's model of course development, production of a proto syllabus, production of pedagogical syllabus, setting and subjects, the instruments of data collection, procedure of data collection, technique of data analysis, and evaluation and revision based on expert validation and try-out of the proposed syllabus.

The proposed syllabus which contained (1) general instructional objectives, specific instructional objectives; (2) topic and sub-topics; (3) teaching and learning activities; (4) learning experience; (5) the assessment; (6) the time allocation; (7) the source and media. It was validated by two experts in syllabus design as well as the lecturer of Management Department who has the mastery of the content and English language to check the appropriateness of the topics in the proposed syllabus. Further verification was conducted by trying-out the proposed syllabus involving the English lecturer of Management Department to make lesson plans based on the proposed syllabus.

Concerning the methodology, the results revealed teaching and learning activities are reading English texts, having presentation, doing pair-work exercises, doing group-work exercises and listening to the audio-visual materials. In terms of instructional materials, it was suggested that the English lecturer develop instructional materials in the form of loose-leaf consisting of listening, reading, speaking, and writing and exercises.

The content-based syllabus was chosen to maintain the learners' motivation in learning English and to encourage the lecturers to reach the goal of the English course. The availability of an appropriate English syllabus for students of Management Department in a language program will make the English language lecturers easy to conduct the teaching and learning process into real classroom activities.

 

Abstrak:

Key words: Silabus, Jurusan Manajemen Universitas Borneo Tarakan.

Penelitian dilaksanakan yang bertujuan mengembangkan silabus pengajaran Bahasa Inggris untuk mahasiswa Manajemen.

Penelitian ini memakai desain penelitian pengembangan. Untuk mengumpulkan informasi yang dibutuhkan dalam perancangan silabus ini, sebanyak 65 mahasiswa jurusan manajemen diminta untuk menjawab pertanyaan yang terdapat dalam kusioner. Dosen Bahasa Inggris dan 5 staf pengajar jurusan manajemen diwawancara dengan tujuan yang sama.

Tahapan pengembangan meliputi melakukan analisis kebutuhan, pengunaan Model Richard, membuat proto silabus, menulis silabus pengajaran, melakukan validasi ahli, uji coba produk, dan revisi dan evaluasi silabus.

Silabus ini terdiri dari (1) tujuan umum dan khusus pengajaran; (2) topik dan sub-topik; (3) aktivitas pembelajaran; (4) pengalaman belajar;(5) peniliaan; (6) alokasi waktu; (7) sumber dan media. Sillabus ini divalidasi oleh para ahli di bidang untuk mencocokan kesesuaian topik dalam silabus. Evaluasi dan revisi dilakukan berdasarkan saran, koreksi, kritik dari para ahli dan kemudian produk ini akan diujicobakan kepada pengajar Bahasa Inggris dengan membuat rencana pengajaran (lesson plans) berdasarkan silabus ini.

Hasil akhir pengembangan ini berupa satu set silabus pengajaran ESP untuk mahaiswa jurusan manajemen dilengakap dengan contoh rencana pengajaran per unit (lesson plans) dan contoh materi yang terdapat di dalam silabus. Silabus ini terdiri dari aspek kemampuan berbahasa Inggris dan komponen Bahasa Inggris. Materi yang dibahas adalah yang berkaitan dengan bidang studi mahasiswa seperti manajemen, kepemimpinan, pemasaran, harga dan produk. Dokumen dari jurusan menunjukkan bahwa pertemuan effektif berlansung 13 minggu.

Hasil analisa kebutuhan melalui kuisioner, wawancara menunjukkan bahwa tujuan dan keterampilan Bahasa Inggris yang dikembangkan dalam mata kuliah ini adalah berhubungan dengan keterampilan yang meliputi membaca pemahaman buku teks, pengetahuan manajemen. Keterampilan menyimak meliputi menyimak audio visual, menyimak diskusi/ percakapan, menyimak presentasi akademik. Keterampilan berbicara meliputi melakukan presentasi dan Tanya jawab. Sedangkan keterampiln menulis meliputi menulis kesimpulan dari teks dan menulis percakapan.

Metodologi pembelajaran yang diterapkan adalah membaca teks, meyimpulkan presentasi, diskusi kelompok, latihan kelompok berpasangan/ kelompok, menyimak audio-visual. Materi yang digunakan akan dirancang oleh pengajar Bahasa Inggris dalam bentuk lembaran kerja lepas yang berisi materi bacaan, menyimak, menulis dan berbicara dan latihan serta petunjuk keterampilan belajar.

Silabus content-based dipilih untuk memotivasi para mahasiswa dalam belajar Bahasa Inggris dan untuk mendorong pengajar mencapai tujuan pengajaran. Ketersediaan silabus untuk mahasiswa jurusan Manajemen yang sesuai dalam program Bahasa membuat pengajaran akan mudah melaksanakan proses belajar dan pengajaran di kelas sesungguhnya.