DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Buku Pengayaan Nonfiksi Berbasis Literasi Baca Tulis untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa SD

FRIDOLIN VROSANSEN BOROLLA

Abstrak


RINGKASAN


Borolla, Fridolin, Vrosansen. 2019. Pengembangan Buku Pengayaan Nonfiksi Berbasis Literasi Baca Tulis untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa SD. Tesis, Program Studi Pendidikan Dasar, Pascasarjana Universitas Negeri Malang.
Pembimbing:

RINGKASAN

Borolla, Fridolin, Vrosansen. 2019. Pengembangan Buku Pengayaan Nonfiksi Berbasis Literasi Baca Tulis untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa SD. Tesis, Program Studi Pendidikan Dasar, Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Pembimbing:

(1) Dr. LiaYuliati, M.Pd. (2) Dr. I Made Suardana, S.Pd.,M.Pd.

Kata kunci:buku pengayaan, nonfiksi, literasi baca tulis, minat baca

Bukupengayaannonfiksisangatdiperlukanuntukmenunjangbukutekspelajaranpadakegiatanpembelajarandankegiatanliterasi. Ketersediaanbukupengayaannonfiksi yang berbasiskontekstualmasihterbatas. Hal inimengakibatkansiswabelummenguasaipotensisumberdayaalam yang ada di lingkungansekitarnya. Selainsiswa guru pun merasaterbatasketikaberupayauntukmengajarkansiswatentangsumberdayaalam yang ada di lingkungansekitar. Terbatasnyabukupengayaandankonten yang belumkontekstualinilah yang mengakibatkansiswakurangtertarikuntukmembacabuku.

Penelitianinimenggunakanjenisresearch and development (R&D) dengan model pengembangan yang berbasisprodukyaituHannafin& Peck yang terdiridari 3 tahapyaitu

(1) assess needs;

(2) design; dan

(3)development/implementation.Ketigatahapanitudievaluasidandirevisi. Instrumenpenelitianberupaangket. Validator mengujitingkatvaliditasditinjaudariaspekisi/materi, bahasa, dandesain/grafika. Praktisi/guru mengujikelayakanbukupadaaspekmateridanaspekpenyajian, dansiswaenam orang padaujikemenarikanprodukberupabukupengayaannonfiksiSaguBeragamManfaat, sertaujitingkatkeefektifandanminatbacasiswa.

Produk yang dikembangkandenganterdiridaribuku guru danbukusiswa. Buku guru berisipetunjuk-petunjukpenggunaanbukusiswadanbukusiswaberisimateritentangtanamansagu. Bukusiswaterdiridarisembilan sub babyaitu

(1) asal-usultanamansagu;

(2) tanamansagu di KepulauanAru;

(3) strukturpohonsagu;

(4) jenistanamansagu di Aru;

(5) penanaman, pemeliharaandanpelestariantanamansagu;

(6) panentanamansagu;

(7) pengelolaantepungsagu;

(8) pemanfaatanstrukturpohonsagu; dan

(9) ulatsagu. Padaakhirsetiap sub babterdapatsoal-soalpenguasaanmateri.

Hasilpenelitianpadaujivalidasiahlimateri,

bahasa, dandesain/grafikaterhadapprodukdikualifikasikanlayakuntukdigunakan di sekolahdasarkelas IV. Adapunmasukanberupakritikandan saran untukperbaikanprodukpadaaspekmateri, bahasadandesain.

Bukupengayaandisarankanuntuktidakhanyadigunakan di dalamkelasmelainkan pula di luarkelas. Produk yang telahjadiperludikembangkanlebihlanjutpadawaktu–waktumendatang agar bukupengayaaninidapatmembantusiswaberadaptasidenganpesatnyaperkembanganzamansertadapatdigunakanpadakegiatanpembelajaran di wilayah Maluku khususnyaKepulauanAru.