DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Model Pembelajaran Find Someone Who dan Timed Pair Share Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Muatan IPS Kelas V SDN Pakunden 2 Kota Blitar

MAHARDIKA FIRSA FAJAR

Abstrak


RINGKASAN

Mahardika, Firsa Fajar. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Find Someone Who dan Timed Pair Share Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Muatan IPS Kelas V SDN Pakunden 2 Kota Blitar. Tesis, Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Budi Eko Soetjipto, M.Ed., M.Si  (2) Dra. Hj. Siti Malikhah Towaf, M.A., Ph.D  

Kata kunci:  find someone who, timed pair share, motivasi, hasil belajar ips

Berdasarkan kegiatan observasi yang dilakukan di kelas VB SDN Pakunden 2 Kota Blitar didapatkan hasil bahwa guru dominan memakai motede pembelajan ceramah yang membuat siswa bosan, siswa yang terlihat malas dan menunda pekerjaan dalam mengerjakan pertanyaan dari guru. Nilai angket motivasi pada saat pratindakan menunjukan hasil yang rendah yaitu 58.3%. Nilai hasil belajar klasikal menunjukkan hasil yang rendah yaitu 40%. Tujuan penelitian yang dilaksanakan adalah mendeskripsikan penerapan model Find Someoone Who dan Timed Pair Share  untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar muatan IPS di kelas VB SDN Pakunden 2 Kota Blitar

Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 pertemuan.  Subjek penelitian adalah kelas VB SDN Pakunden 2 Kota Blitar tahun ajaran 2018/2019 dengan jumlah 37 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, angket motivasi, wawancara, tes tulis, catatan lapangan, dan dokumentasi. Kriteria keberhasilan observasi aktivitas guru adalah ≥80%. Kriteria keberhasilan observasi aktivitas siswa adalah ≥80%. Kriteria keberhasilan observasi motivasi adalah ≥80%. Kriteria keberhasilan angket motivasi adalah ≥80%.  Kriteria keberhasilan nilai rata-rata hasil belajar adalah ≥75. Kriteria keberhasilan hasil belajar klasikal adalah ≥80%.

 Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas guru, aktivitas siswa, motivasi, dan hasil belajar. Nilai observasi aktivitas guru pada siklus 1 sebesar 88,9%. Nilai observasi aktivitas siswa pada siklus 1 mencapai 71%. Nilai observasi motivasi  pada siklus 1 mencapai 71,5%. Nilai angket motivasi siklus 1 sebesar 75,1%, Nilai rata-rata hasil belajar sebesar 73,5. Nilai hasil belajar klasikal siklus 1 sebesar 70%, Dari keenam aspek yang diteliti pada siklus 1 menunjukkan tidak ada aspek yang berhasil melampaui kriteria keberhasilan. Oleh karena itu, diperbaiki pada siklus 2. Nilai observasi aktivitas guru pada siklus 2 sebesar 73,4%, meningkat 15,6% dari siklus 1. Nilai observasi aktivitas siswa pada siklus 2 sebesar 87,3%, meningkat 16,3% dari siklus 1. Nilai observasi motivasi pada siklus 2 sebesar 84,7%, meningkat 13.2% dari siklus 1. Nilai angket motivasi siklus 2 sebesar 88,2%, meningkat 13.11% dari siklus 1. Nilai hasil belajar klasikal siklus 2 sebesar 89%, meningkat 19% dari siklus 1.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Find Someone Who dan Timed Pair Share dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas belajar siswa,  motivasi belajar dan hasil belajar muatan IPS  siswa kelas VB SDN Pakunden 2 Kota Blitar. Disarankan untuk guru agar menerapkan

model pembelajaran Find Someone Who dan Timed Pair Share  dalam pembelajaran