DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Respon Tuturan Direktif dalam Film Alangkah Lucunya Negeri Ini

RAMADHANI PUTRI

Abstrak


 

RINGKASAN

Ramadhani, Putri Caesar. 2019. Respon Tuturan Direktif dalam Film Alangkah

Lucunya Negeri Ini. Tesis. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia,

Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof.

Dr. Imam Suyitno, M.Pd (II) Dr. Nurchasanah, M.Pd.

Kata Kunci: respon, tuturan direktif, film

Dalam komunikasi, pesan yang disampaikan oleh penutur diterima

kemudian direspon sesuai dengan stimulus yang diberikan. Respon yang muncul

dalam komunikasi bisa beragam, ada respon positif dan respon negatif. Respon

positif diartikan sebagai respon menyetujui atau menerima, sementara respon

negatif diartikan sebagai respon penolakan atau penundaan. Respon dalam

komunikasi tidak hanya ditemukan dalam wacana percakapan secara nyata, tetapi

dapat juga ditemukan dalam wacana film. Saat ini eksistensi perfilman Indonesia

sedang menunjukkan masa keemasan. Bukan hal yang mustahil jika film bisa

menjadi media pembelajaran yang tepat untuk menunjukkan penggunaan respon

bahasa kepada siswa.

Dalam penelitian ini, fokus ditujukan pada respon terhadap tuturan

direktif yang muncul pada film Alangkah Lucunya Negeri Ini. Tujuan penelitian

ini meliputi

1) mendeskripsikan wujud respon tuturan direktif dalam film

Alangkah Lucunya Negeri Ini,

2) mendeskripsikan fungsi respon tuturan direktif

dalam film Alangkah Lucunya Negeri Ini, dan

3) mendeskripsikan strategi respon

tuturan direktif dalam film Alangkah Lucunya Negeri Ini.

Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian etnografi sosial, khususnya

kajian sosiopragmatik. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah

kualitatif dengan metode analisis percakapan. Sumber data dalam penelitian

yakni film Alangkah Lucunya Negeri Ini, sedangkan data penelitiannya adalah

transkip tindak tutur respon berdasarkan tuturan direktif dalam film Alangkah

Lucunya Negeri Ini. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi

berupa penyimakan dan pentranskripan. Instrumen penelitian yang digunakan

untuk mengumpulkan data adalah

(1) pedoman pengumpulan data berupa

pedoman penyimakan, indikator penyimakan, pedoman transkrip data, serta

pedoman kodifikasi data,

(2) pedoman analisis data, meliputi interpretasi dan

inferensi data. Setelah data terkumpul, maka dilakukan analisis data. Selanjutnya

dilakukan juga pengecekan keabsahan data.

Berdasarkan analisis data penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama,

berdasarkan wujudnya, respon memiliki dua wujud yakni berupa

(1) verbal,terdiri atas kalimat deklaratif, kalimat interogatif, imperatif dan

 (2) nonverbal,terdiri atas isyarat dan tindakan. Kedua, berdasarkan fungsinya, respon tuturan

direktif memiliki dua fungsi utama yakni fungsi menolak dan melaksanakan.

Masing-masing fungsi tersebut dibagi lagi menjadi fungsi khusus, yakni

(1)menghargai orang lain,

(2) merendahkan orang lain,

(3)menunjukkan status,

(4)menunjukkan kondisi,

(5)menunjukkan emosi,

(6)menolak persetujuan,

(7)menantang,

(8)meminta penjelasan,

(9 melarang,

(10)mengajak, dan

(11)mencapai tujuan mitra tutur. Ketiga, berdasarkan strateginya, respon ditunjukkan

dengan dua cara yakni secara langsung dan tidak langsung, respon menolak

secara tidak langsung dibagi tiga temuan, yakni

1) menggunakan alasan,

2)menerima tetapi tidak pasti, dan

3)menggunakan ancaman, sementara itu strategi

respon melaksanakan tidak langsung terdapat tiga temuan, yakni

1)dengan tindakan dengan isyarat,

2)menggunakan pertanyaan, dan

3)dengan permintaan.

Selanjutnya, dapat disarankan kepada pihak-pihak yang terkait. Pertama, bagi

ahli bahasa/peneliti bisa menjadikan penelitian ini sebagai acuan untuk

melaksanakan penelitian lanjutan. Kedua, bagi pendidik dan pengembang bahan

ajar bisa menjadikan hasil penelitian ini sebagai salah satu bahan ajar untuk

memahamkan pelajar terkait respon terhadap tuturan direktif dan memanfaatkan

film yang telah dikaji menjadi media pembelajaran bagi siswa.

                                  SUMMARY

Ramadhani, Putri Caesar. 2019. The Response to the Direct Speech in the Movie

of "Alangkah Lucunya Negeri Ini". Thesis. Indonesian Language

Education Program. Postgraduate Program. Malang State

University. Advisor: (I) Prof. Dr. Imam Suyitno, M.Pd (II)

Dr. Nurchasanah, M.Pd.

Keywords: response, direct speech, movie

In engaging communication, the message conveyed by speakers is

received and then responded according to the stimulus given. Responses that

arise in communication can vary, there are positive responses and negative

responses. Positive response is interpreted as a response to approve or accept,

while a negative response is interpreted as a response to rejection or delay.

Response in communication is not only found in discourse in real conversation,

but can also be found in film discourse. Currently the existence of Indonesian

cinema is showing a golden age. It is not impossible if the film can be the right

learning media to show the use of language response to students.

This study is emphasized on the the response to the direct speech

appeared in the movie entitled Alangkah Lucunya Negeri Ini. The purposes of

this study are:

1)Describing the forms of responses to direct speech found in the

movie Alangkah Lucunya Negeri Ini;

2)Describing the functions of responses to

direct speech in the movie Alangkah Lucunya Negeri Ini; and

3 Describing thestrategies of response to direct speech in the movie Alangkah Lucunya Negeri Ini.

This study is considered as social ethnographic research, also can be

included in socio-pragmatic study. The approach used in this study is qualitative

research using conversation analysis method. The source of data used in this

study is taken from the speech act responses of direct speech in Alangkah

Lucunya Negeri Ini, whereas the research data is the transcript of speech act

response. The techniques used in this study is documentations in the form of

listening and transcription. Research instruments used to collect data are

(1)datacollection guidelines in form of listening guidelines, listening indicators, data

transcription guidelines, and data codification guidelines,

(2)data analysis

guidelines, including data interpretation and inference. After the data is collected,

data analysis is carried out. Later, the validity of the data is also done for further

research.

Based on the data analysis, it is concluded that: firstly, based on its form,

responses has two forms, those are

(1)verbal, consisting of declarative sentences,

interrogative sentences, imperatives; and

(2) nonverbal, consists of signals and

actions. Secondly, based on its functions, direct speech response has two main

functions; those are the function of rejecting and executing. Each of

these functions is further divided into specified functions , namely

(1) respecting others,

(2)degrading others,

(3)showing status,

(4)showing conditions,

(5)showing emotions,

(6) refusing consent,

(7)challenging,

(8)asking for an explanation,

(9)prohibiting,

(10)inviting, and

(11)achieving the objectives of

the said partner. Thirdly, based on its strategies, it is divided into two: directly

and indirectly. Moreover, the indirect rejections are divided into three, those are

1) using reason,

2) accepting but uncertain, and 3) using threats. Meanwhile,

responses that indirectly implemented using three strategies, namely

1) by actions with cues,

2) by questions, and

3) by requests.Furthermore, it can be suggested to the parties concerned. First,

linguists/researchers can make this research a reference for carrying out further

research. Second, educators and developers of teaching materials can make the

results of this study as one of the teaching materials to teach the students about

the responses to direct speech and utilizing movie that has been studied to

become one of learning media for students.