DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pembelajaran Melalui Penemuan Terbimbingan Untuk Membangun Pemahaman Konsep Irisan Bangun Ruang Siswa SMA N I Paiton. (Tesis)

Zaini Zaini

Abstrak


Matematika sebagai mata pelajaran yang sudah dikenal dan dipelajari siswa sekolah dasar sampai sekolah menengah mempunyai tujuan agar siswa mampu memahami dan menguasai dengan baik sehingga dapat merasakan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari. Belajar matematika sebenarnya belajar tentang cabang-cabangnya yaitu aritmetika, aljabar, geometri, dan analisis. Siswa belajar geometri seharusnya dapat dengan mudah memahami dan menguasai dibandingkan dengan cabang matematika yang lain karena geometri telah dikenal dan digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Namun berdasarkan fakta yang ada menunjukkan penguasaan, prestasi siswa terhadap geometri masih rendah dan menempati posisi yang sangat memperhatikan. Oleh sebab itu diperlukan penanganan yang serius dari guru sebagai pelaksana pembelajaran di kelas. Salah satu usaha tersebut adalah memperbaiki pembelajaran yang dilaksanakan. Diantara berbagai solusi yang ditawarkan dan hasilnya tidak diragukan lagi adalah penerapan metode penemuan terbimbing.

Penelitian yang akan dilaksanakan berfungsi sebagai usaha membantu guru dalam memperbaiki pembelajaran pada geometri khususnya materi irisan kubus dan limas. Untuk itu tujuan penelitian yang akan dicapai adalah memperbaiki pembelajaran dengan menerapkan metode penemuan terbimbing yang dapat membangun pemahaman konsep siswa pada materi irisan bangun ruang di SMA N I Paiton. Pemahaman konsep matematika dalam penelitian yang akan dibangun meliputi translasi, interpretasi, dan ekstrapolasi. Masing-masing aspek pemahaman tersebut dilakukan secara construction, contrast and variation, dan conectivity. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian tindakan kelas.

Penelitian dilaksanakan di SMA N I Paiton dengan subyek penelitian adalah X3 sebanyak 24 siswa. Seluruh siswa tersebut kemudian dibuat kelompok-kelompok belajar yang beranggotakan masing-masing 4 siswa. Anggota masing-masing kelompok terdiri dari 1 siswa memiliki kemampuan tinggi, 2 siswa memiliki kemampuan sedang, dan 1 siswa memiliki kemampuan rendah. Selanjutnya dari kelompok yang telah terbentuk kemudian dipilih 1 kelompok sebagai subyek wawancara. Penentuan derajat kemampuan akademik siswa berdasarkan hasil tes awal. Sedangkan subyek wawancara merupakan siswa yang dapat dengan mudah di ajak berkomunikasi.

Hasil penelitian dilihat dari hasil observasi aktivitas guru, observasi aktivitas siswa, dan hasil tes akhir siklus. Hasil observasi aktivitas guru pada siklus I dan siklus II berada pada kategori baik dan sangat baik. Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I dan siklus II berada pada kategori sangat baik. Hasil tes akhir dari setiap siklus menunjukkan bahwa pencapaian ketuntasan belajar pada siklus I adalah 95.7%. Sedangkan pencapaian ketuntasan belajar pada siklus II adalah 91.67%.

Berdasarkan hasil penelitian maka dapat diambil suatu kesimpulan bahwa kegiatan pembelajaran dengan menerapkan metode penemuan terimbing dapat membangun pemahaman konsep siswa pada materi irisan bangun ruang di SMA N I Paiton. Oleh sebab itu, bagi guru matematika di SMA N I Paiton yang mengajar di kelas X dapat menggunakan metode penemuan terbimbing dalam pembelajaran irisan bangun ruang selanjutnya.

Abstract:

Keywords: Math, Geometry, Learning through Guided Discovery

Math is a subject which has been familiar and learned by students from elementary to high school. Its purposes are to make the students understand and to master the materials well so that they can feel the use of learning Math in daily life. Learning Math is essentially to study about its branches such as; Arithmetic, Algebra, Geometry and analysis. Students learning Geometry should be able to understand and master this very part more easily compared with other branches of Math for Geometry has been known and used in everyday life. But, according to the facts, the students' mastery in Geometry is still low. Therefore, it is necessary that teachers handle it seriously as the learning active people in the class. One of the efforts that can be done is to better the learning process. Among so many offered solutions, applying learning through guided discovery is one of the best ways.

The study that would be performed functioned as an effort to help teachers to better the learning process of Geometry especially on the material of the section in cube and pyramid. The purpose that wanted to be obtained by this study was to better the learning process by applying learning through guided discovery method which could establish the understanding of the students' concept on the material of the section in cube and pyramid in SMAN I Paiton. The Math concept understanding in this study that would be established involved translational, interpretation, and extrapolation. Each of the understanding aspect could be conducted by construction, contrast, and variation, and connectivity. This study used qualitative approach with the structure of Class Action Research.

This study was conducted in SMAN I Paiton. The subject of this study was 24 tenth graders from this school. They, later, were grouped. Each group consisted of 4 students. Each group consisted of one student who had high ability, two students having moderate ability and the other was in the low ability in Math. Next, from these groups, one was chosen to be the subject of the interview. The determination of the degree of the students' academic ability was based on the result of the former test. The subject of the interview was the students who are communicative.

The result could be seen from the observation result of teachers' activities, the observation of students' activities and the result of the last cycle test. The observation results of teachers' activities on cycle I and II were categorized as good and very good, while the observation results of students' activities were categorized as very good. The last cycle test result from each cycle showed that the accomplishment of the study in cycle I was 95.7% whereas in cycle II was 91.67%.

In short, according to the result of this study, the learning activity by utilizing learning through guided discovery method can set up the students' concept understanding on the material of the section of cube and pyramid in SMAN I Paiton. Hence, SMAN I Paiton Math teachers who teach the tenth graders can use learning through guided discovery method on learning other sections.