DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pelaksanaan Gerakan Literasi Dasar (Studi Multi Situs) di Malang.

Rahayu Tri

Abstrak


ABSTRAK

Pamungkas,  Rahayu Tri. 2019. Pelaksanaan Gerakan Literasi Dasar (Studi Multi Situs) di Malang. Tesis Program Studi S2 Pendidikan Dasar, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Muakibatul Hasanah, M.Pd., (II) Dr. Sutarno, M.Pd.

Kata Kunci : Literasi dasar, pembiasaan, pengembangan, pembelajaran

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tahap pembelajaran, tahap pengembangan dan tahap pembiasaan gerakan literasi dasar (studi multi situs). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis studi multi situs. Jenis data terdiri dari person yaitu koordinator program, guru dan siswa, place yaitu prasarana dan sarana gerakan literasi, paper yaitu dokumen yang berkaitan dengan gerakan literasi.

Hasil penelitian pelaksanaan tahap pembiasaan di ketiga situs SD/MI di wilayah Malang meliputi kegiatan pembiasaan sebelum pembelajaran, perpustakaan, area baca, sudut baca kelas, pajangan, bahan pustaka, dan pelibatan publik. Kegiatan pembiasaan tidak hanya membaca, tetapi juga menulis, berbicara dan menghafal. Pelaksanaan tahap pengembangan di ketiga situs SD/MI di wilayah Malang yang meliputi membaca mandiri, membaca nyaring dan membaca dalam hati. Kegiatan membaca mandiri mengembangkan tindak lanjut dari kegiatan tersebut seperti membuat ringkasan cerita, cerita pendek dan lain sebagainya. Kegiatan membaca nyaring mengembangan kegiatan tidak hanya membaca, tetapi juga menulis, berbicara, menghafal dan berdiskusi. Kegiatan membaca dalam hati mengembangkan kegiatan tidak hanya membaca, tetapi juga kegiatan tanya jawab, berkomunikasi dan menulis. Pelaksanaan tahap pengembangan di ketiga situs SD/MI di wilayah Malang yang meliputi pemilihan buku pengayaan dalam pembelajaran, pemilihan strategi membaca dalam pembelajaran dan membuat lembar karya berbasis teks.

Berdasarkan hasil penelitian disarankan lebih lanjut pemanfaatan laporan penelitian hasil penelitian ini. Bagi Kepala Dinas Pendidikan, sebagai bahan kajian pelaksanaan, dasar pertimbangan dalam membuat dan melaksanakan pembinaan dalam penyelenggaraan program literasi. Bagi Kepala Sekolah, sebagai bahan evaluasi dan perbaikan terhadap penyelenggaraan kegiatan literasi di sekolahnya. Bagi guru dapat dijadikan referensi dan masukan dalam menemukan kendala penyelenggaraan kegiatan literasi. Bagi peneliti lain, dapat dijadikan sebagai bahan referensi dalam melakukan penelitian yang lebih mendalam yang berhubungan dengan penyelenggaraan kegiatan literasi.