DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH PENERAPAN SCIENTIFIC APPROACH BERBANTUAN PENILAIAN FORMATIF TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI PADA MATERI ELASTISITAS

Rosyad Sabilal

Abstrak


ABSTRAK

 

Rosyad, Sabilal. 2018. Pengaruh Penerapan Scientific Approach Berbantuan Penilaian Formatif terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI pada Materi Elastisitas, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Markus Diantoro, M. Si.(II) Dr. Sentot Kusairi, M. Si.

 

Kata kunci: Motivasi Belajar, Hasil belajar, Scientific Approach, Penilaian Formatif

Kenyataan menunjukkan bahwa Fisika masih dianggap sebagai pelajaran yang sulit dipahami oleh siswa dengan banyak hitungan dan rumus.Akibatnya siswa menjadi malas dan kurang tertarik dengan pelajaran fisika.Selain itu, tampak bahwa hasil belajar siswa rendah. Model scientific approach berbantuan nilai formatif menjadi salah satu alternatif model pembelajaran yang diharapkan mampu membawa dampak positif terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa.Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh penerapan scientific approach berbantuan penilaian formatif terhadap motivasi belajar siswa dan mengetahui pengaruh penerapan scientific approach berbantuan penilaian formatif terhadap hasil belajar siswa kelas XI pada Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Malang.

Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen semu (Quasi Experiment) dengan mengambil subjek penelitian dua kelas yaitu kelas XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 1 sebagai kelas kontrol, keseluruhannya berjenis kelamin perempuan. Motivasi belajar diukur dengan angket. Hasil belajar diukur dengan menggunakan tes pilihan ganda pretest dan posttest. Teknik analisis menggunakan statistik deskriptif serta uji gain score. Statistik inferensial menggunakan uji Independent t-test yang dapat diselesaikan dengan bantuan SPSS 16.00 for Windows untuk menguji hipotesis.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran scientific approach berbantuan penilaian formatif terhadap motivasi belajar Fisika pada siswa kelas XI pada Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Malang. Terdapat pengaruh model pembelajaran scientific approach berbantuan penilaian formatif terhadap hasil belajar Fisika pada siswa kelas XI pada Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Malang. Guna meningkatkan motivasi belajar siswa hendaknya guru melibatkan siswa secara aktif sedangkan guru sebagai fasilitator dalam menerapkan model pembelajaran scientific approach sehingga siswa membuat siswa lebih bersemangat dan tertarik dalam mengikuti proses pembelajaran. Selanjutnya penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi dan kajian empiris bagi penelitian selanjutnya mengenai model pembelajaran dan dijadikan pedoman dalam memilih pendekatan pembelajaran guna meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa.

 

SUMMARY

Rosyad, Sabilal. 2018. The Influence of Scientific Approach Implementation Assisted by Formative Assessment on Learning Motivation and Physics Learning Outcomes of  Students of  XI grade on the Material of Elasticity, Postgraduate of Malang State University. Advisor: (I) Dr. Markus Diantoro, M. Si. (II) Dr. Sentot Kusairi, M. Si.

 

Keywords: Learning Motivation, Learning Outcomes, Scientific Approach, Formative Assessment

The fact shows that physics is still considered a lesson that is difficult to understand by students with many calculations and formulas. As a result students become lazy and less interested in physics. In addition, it appears that student learning outcomes are low. Formative-assisted scientific approach model is one alternative learning model that is expected to be able to bring a positive impact on learning motivation and student learning outcomes. The purpose of this study is to know the effect of the application of a formative scientific approach to student learning motivation and to know the effect of the assessment-assisted approach formative to the learning outcomes of class XI students at MAN 1 Kota Malang.

This study included a type of quasi-experimental research (Quasi Experiment) by taking the subjects of two classes, namely class XI MIPA 2 as an experimental class and class XI MIPA 1 as a control class, all of them female. Learning motivation is measured by a questionnaire. Learning outcomes were measured using the multiple choice pretest and posttest tests. The analysis technique uses descriptive statistics as well as the gain score test. Inferential statistics use the Independent t-test which can be completed with the help of SPSS 16.00 for Windows to test the hypothesis.

The results of the study show that there is an influence of the scientific learning model assisted by formative assessment of the motivation to learn Physics in class XI students at State 1 Madrasah Aliyah Malang City. There is the influence of the scientific learning model assisted by formative assessment of Physics learning outcomes in class XI students at MAN 1 Kota Malang. In order to improve student motivation students should actively involve students while teachers as facilitators in applying the scientific learning model approach so that students make students more excited and interested in following the learning process. Furthermore, this research is expected to be a reference and empirical study for further research on learning models and used as a guide in choosing a learning approach to increase learning motivation and student learning outcomes.