DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Pengelompokan Siswa Berdasarkan Gaya Belajar dan Multiple Intelligences pada Model Pembelajaran Learning Cycle terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas XI IPA SMAN 3 Lumajang. (Tesis)

Febi Dwi Widayanti

Abstrak


Dalam pembelajaran selama ini guru lebih memperhatikan faktor eksternal, padahal faktor internal sangat berpengaruh tehadap keberhasilan belajar siswa. Faktor internal yang perlu diperhatikan adalah gaya belajar dan multiple intelligences. Identifikasi gaya belajar dapat digunakan untuk pengelompokan siswa dalam belajar sehingga siswa dapat belajar dengan cara yang tepat. Identifikasi multiple intelligences (MI) dapat membantu guru mengetahui jenis kecerdasan yang dimiliki siswa. Siswa dengan tingkat MI yang tinggi dapat diharapkan mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi (higher order thinking ability) dalam belajar kimia. Model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah learning cycle (LC). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dan kemampuan higher order thinking antara siswa yang dikelompokkan berdasarkan gaya belajar dan tingkat multiple intelligences pada model pembelajaran LC dengan siswa yang dikelompokkan berdasarkan heterogenitas dan tingkat multiple intelligences pada model pembelajaran LC pada siswa kelas XI IPA SMAN 3 Lumajang.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimental semu dengan design faktorial 2 x 3. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI IPA SMAN 3 Lumajang dengan sampel penelitian yang dipilih menggunakan cluster random sampling. Sampel terdiri dari dua kelas yaitu kelas ekperimen dengan perlakukan pengelompokan berdasarkan gaya belajar dan tingkat multiple intelligences pada model pembelajaran LC dan kelas kontrol dengan perlakuan pengelompokan berdasarkan heterogenitas dan tingkat multiple intelligences pada model pembelajaran LC. Hasil uji coba instrumen menunjukkan bahwa 29 soal valid dengan reliabilitas 0,899. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan program SPSS versi 16.0 for windows pada taraf signifikan α = 0,05 dengan uji anova.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelompokan siswa berdasarkan gaya belajar dan tingkat multiple intelligences pada model pembelajaran LC berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar dan kemampuan higher order thinking siswa. Siswa kelas ekperimen memiliki nilai rata-rata yang lebih tinggi daripada kelas kontrol yaitu untuk nilai hasil belajar 84,09 dan 76,31, sedangkan nilai kemampuan higher order thinking 80,61 dan 69,15.

 

Abstract:

Keywords: Learning Style, Multiple Intelligences, Learning Cycle as Learning

 Model, The Result of Chemistry Study.
An the learning processes that have been done teachers pay more attention to external factors, while in fact internal factors have quite big influence towards students' learning achievement. The internal factors to be considered are the learning style and multiple intelligences. The identification of learning style is used for grouping students in learning so that the determination of the proper way of learning can be applied. Identification of multiple intelligences can help teachers know which intelligence that students possessed. Student with the high level of the multiple intelligences can be expected to increase the higher order thinking ability in chemistry study. Learning model used in this research was the learning cycle (LC). This research aimed to determine the difference of result of chemistry study and higher order thinking ability between students grouping based on learning style and level of multiple intelligences on LC as learning model with students grouping based on heterogenity and level of multiple intelligences on LC as learning model in student high school class XI IPA 3 Lumajang.

This research used quasi experimental design with factorial design 2 x 3. The population of study was students of class XI IPA SMAN 3 Lumajang with the cluster random sampling. The sample consists of two classes; first, experimental class with treatments by students grouping based on learning style and level of multiple intelligences on LC as learning model and second, control class with treatment by students grouping based on heterogenity and level of multiple intelligences on LC as learning model. The trial result shows that the 29 valid item with reliability 0,899. The research data were analyzed using SPSS version 16.0 for windows at significant level α = 0.05 by anova test.

The result showed that result of chemistry study and higher order thinking ability by students grouping based on learning style and level of multiple intelligences on LC as learning model shows different significantly with students grouping based on heterogenity and level of multiple intelligences on LC as learning model. It was proven by the average value of an experiment class compared to the control class respectively obtain higher value is 84.09 and 76.31 of result of chemistry study, while the HOT value are 80.61 and 69.15.