DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Socio Scientific Inquiry terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Pemecahan Masalah pada Siswa kelas X SMAN 5 Malang

Muhammad Fahrur Rizal

Abstrak


Berbagai masalah global dapat diatasi oleh individu yang memiliki keterampilan berpikir tingkat tinggi yang mencakup kritis terhadap masalah dan mampu memecahkannya. Keterampilan berpikir kritis akan mampu mengatasi masalah dunia nyata yang pada akhirnya dapat mempengaruhi kehidupan sehari-hari. Keterampilan pemecahan masalah juga erat kaitannya dengan situasi berpikir kritis untuk mencapai potensi individu sebagai warga negara yang memiliki karakter konstruktif dan reflektif. Kedua keterampilan tersebut sangat penting tidak hanya sebagai tujuan utama pendidikan yang tercantum dalam kurikulum suatu negara, namun juga persiapan siswa sebagai bagian dari kehidupan masyarakat yang tidak lepas dari isu sosial. Kedua kemampuan dapat ditingkatkan dengan strategi pembelajaran berbasis masalah kontekstual berupa isu-isu sosial secara nyata terjadi di lingkungan masyarakat yang bisa dilakukan investigasi sebagai solusi yang efektif, salah satunya adalah socio scientific inquiry (SSIq) hasil integrasi dengan inkuiri. Di sisi lain, proses pembelajaran yang telah diterapkan sebelumnya adalah pembelajaran konvensional. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis peningkatan keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah melalui strategi socio scientific inquiry (SSIq), guided inquiry (GI), structured inquiry (SI), dan konvensional yang kemudian dievaluasi dan dibandingkan. Penelitian ini menggunakan desain nonrandomized control group pre-test post-test design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X (B1, CI, D1 dan G1) pada semester gasal angkatan 2018 di SMAN 5 Malang. Instrumen penelitian ini berupa tes tulis berpikir kritis yang mengacu hasil integrasi WGCTA, Ennis, California, Cornell dan pemecahan masalah yang mengacu Brans & Stein. Analisis data menggunakan ANCOVA, uji t-test, dan Wilcoxon Rank Test yang disertai dengan Cohen’s d. Hasil penelitian ini menunjukkan keempat strategi dapat meningkatkan semua keterampilan secara signifikan. SSIq lebih efektif dari pada GI, SI dan konvensional dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah. Indikator berpikir kritis yang mengalami perbedaan ukuran efek secara signifikan pada indikator mengevaluasi argument sedangkan pada Indikator pemecahan masalah pada indikator define, anticipate, dan look back. Persamaan peningkatan berpikir kritis pada SSIq, GI, SI, dan konvensional secara signifikan dengan ukuran efek besar pada indikator fokus dan pada pemecahan masalah memiliki persamaan ukuran efek besar pada indikator identify dan explore terletak pada kelas SSIq dan GI.