DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan CTL melalui Benda Manipulatif dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Luas Daerah Trapesium Siswa Kelas V SDN Senggowar 3 Gondang Nganjuk Tahun Pelajaran 2009/2010. (Tesis)

Pendik Dwi Setiyadi

Abstrak


Materi luas daerah trapesium mempunyai peranan penting dalam bidang matematika dan banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karenanya, pemahaman terhadap materi luas trapesium perlu ditekankan pada siswa sejak dini. Kenyataannya, siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi luas daerah trapesium. Kesulitan yang dialami mengakibatkan rendahnya pemahaman siswa pada materi luas daerah trapesium, seperti yang terjadi di SDN Senggowar 3 Gondang Nganjuk.

Kesulitan siswa dalam memahami materi luas daerah trapesium diduga karena kurang tepatnya strategi pembelajaran yang digunakan. Kurang tepatnya pemilihan strategi pembelajaran akan mempengaruhi proses terbentuknya pengetahuan pada siswa, apalagi pada materi yang dianggap sulit oleh siswa.

Usaha untuk membangun pemahaman siswa terhadap materi luas daerah trapesium dapat dilakukan melalui pembelajaran dengan pendekatan Contextual Teaching & Learning melalui benda manipulatif bangun trapesium.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran luas daerah trapesium dengan pendekatan Contextual Teaching & Learning melalui benda manipulatif bangun trapesium dan untuk membangun pemahaman siswa terhadap luas daerah trapesium. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan partisipan. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas V SDN Senggowar 3 Gondang Nganjuk. Subjek wawancara adalah 4 siswa yang terdiri dari 1 siswa berkemampuan tinggi, 2 siswa berkemampuan sedang, dan 1 siswa berkemampuan rendah. Pemilihan subjek wawancara berdasarkan hasil tes awal dan perimbangan guru kelas yang mengetahui latar belakang siswa yang bersangkutan.

Pembelajaran dilakukan melalui tiga tahap berikut, yaitu tahap awal, tahap inti, dan tahap akhir. Pada tahap awal, guru menyampaikan tujuan pembelajaran, memotivasi siswa, dan membangkitkan pengetahuan prasyarat melalui tanya jawab. Setelah itu menjelaskan tugas dan tanggung jawab siswa serta membentuk kelompok yang terdiri dari 4 - 5 siswa. Tahap inti, siswa bekerja dalam kelompok untuk memecahkan masalah kontekstual agar dapat menemukan rumus luas daerah trapesium. Untuk membantu siswa, guru menyediakan Lembar Kerja Siswa (LKS) mengenai luas daerah trapesium. Kemudian hasil kerja kelompok dipresentasikan di depan kelas dan ditanggapi oleh kelompok lain. Peran guru dalam kegiatan ini adalah sebagai fasilitator dan motivator. Tahap akhir, siswa dengan arahan guru menyimpulkan materi yang telah dipelajari, selanjutnya guru mengadakan evaluasi dengan memberikan tes.

Berdasarkan penilaian proses dan penilaian hasil belajar pada setiap tindakan yang dilakukan, dapat diketahui bahwa pembelajaran yang dilaksanakan berdasarkan pendekatan Contextual Teaching & Learning melalui benda manipulatif bangun trapesium dapat memberikan pemahaman kepada siswa tentang materi luas daerah trapesium pada siswa kelas V SDN Senggowar 3 Gondang Nganjuk Tahun Pelajaran 2009/2010. Respon siswa terhadap pembelajaran luas daerah trapesium sangat positif. Siswa menyatakan senang mengikuti pembelajaran dan lebih mudah memahami materi pembelajaran.

Penerapan pembelajaran berdasarkan pendekatan Contextual Teaching & Learning melalui benda manipulatif bangun trapesium memerlukan pengalokasian waktu secara baik dalam merancang perangkat pembelajaran, karena penggunaan waktu pada kegiatan diskusi kelompok dan presentasi siswa melebihi dari alokasi waktu yang direncanakan. Guru yang menerapkan pembelajaran berdasarkan pendekatan Contextual Teaching & Learning melalui benda manipulatif hendaknya menggunakan alat peraga, lembar kerja, dan menyiapkan tugas yang akan diberikan kepada siswa dengan baik dan mudah dipahami untuk membantu dan memudahkan siswa dalam memahami materi luas daerah trapesium. Selain itu, guru perlu memperhatikan pengelolan waktu, pengelolaan kelas, dan meningkatkan motivasi dengan mengajukan wacana terutama bagi siswa yang berkemampuan rendah. Kepada peneliti lain disarankan untuk melakukan penelitian pembelajaran melalui pembelajaran berdasarkan pendekatan Contextual Teaching & Learning melalui benda manipulatif pada materi lain.

 

Abstract:

Keywords: learning, CTL approach (contextual teaching and learning), manipulative objects, trapezoid area

Trapezoid materials have an important role in the field of mathematics and it is often used in the daily life. Therefore, understanding the materials about the trapezoid is necessary to be emphasized from the beginning. Actually, the students have difficulties in understanding the trapezoid material. The difficulties cause the low understanding of the students, like what happened in SDN Songgowar 3 nganjuk.

The difficulties in understanding the materia exist, because of the unsuitable strategy used by the teacher. The unsuitability in choosing the learning strategy will affect the knowledge process formation of the students, even when they faced the difficult material.

The effort to build the students' understanding towards the trapezoid area can be done through the CTL learning approach by using the manipulative materials related to trapezoid.

 This study aimed to describe the instruction of trapezoid area by using the contextual teaching learning approach through the manipulative material of trapezoid to build the students' understanding towards the trapezoid area. The researcher used the qualitative approach in the form of participant class room action research. This study was implemented for the students of grade V SDN Senggowar 3 Gondang Nganjuk. The subjects of the interview were the 4 students that consist of one student who has the high achievement, two students of the average achievement and one student of the low achievement. To choose the subjects of the interview based on the pre-test and the suggestion from the teacher who knows the background of the particular students.

The instructional process was done through three phases, i.e. induction, core development, and closure. In the set induction phase, the teacher informed the objective of the instruction, motivated the students, and built the students' background knowledge through questions and answers. After that the teacher explained the students' tasks and responsibilities and grouped the students into

4-5 students. In the core development phase, the students worked in groups to solve the contextual problems in order to find out the formula of the trapezoid area. To facilitate the students, the teacher prepared students worksheets consisting of the trapezoid material. Then, the result of the group works were presented in front of the class and were responded by other groups. The teacher's roles in this activity were as a facilitator and motivator. In the closure, the students guided by the teacher concluded the material learned and the teacher evaluated the students by giving test.

Based on the process and product assessment in every session, it can be known that the instruction conducted based on the contextual teaching and learning approach through the manipulative objects trapezoid can give the more understanding for the students about the trapezoid area for the students grade V SDN Senggowar 3 Gondang Nganjuk academic year of 2009/2010. The students' responses towards the trapezoid instruction were very positive. The students said that they were happy to follow the learning and they got easier way to understanding the learning material.

The implementation of the learning based on the contextual teaching and learning approach through the manipulative objects trapezoid need a good time allocation in designing set of learning instruments, due to the time needed in this study was considered beyond the normal time allocation when the students did their group discussion and presentation. The teacher who implemented this instruction which based on the contextual teaching and learning approach through the manipulative objects should use media, worksheet, and prepared the assignment for the students well and understandable enough to help the students and facilitate them in understanding the trapezoid material. Besides, the teacher should give attention to the time management, class room management, and improve the students' motivation by proposing the discourses especially for the low achievers. For the other researchers, they are expected to do an instruction research through the CTL learning based by using the manipulative objects from the other materials.