DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Penguasaan Konsep dan Kemampuan Berpikir Kritis Fluida Statis Siswa SMA pada Pembelajaran Interactive Demonstration disertai Web Based Formative Assessment

Harizah Zaitul

Abstrak


ABSTRAK

Harizah, Zaitul. 2019. Analisis Penguasaan Konsep dan Kemampuan Berpikir Kritis Fluida Statis Siswa Pada Pembelajaran Interactive Demonstration disertai Web Based Formative Assessment. Tesis. Program Studi Magister Pendidikan Fisika, Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Pembimbing:

(1) Dr. Sentot Kusairi, M.Si.

(2) Dr. Eny Latifah, M.Si.

 

Kata kunci: Penguasaan konsep, kemampuan berpikir kritis, interactive demonstration, web based formative assessment.

Mempelajari fluida statis seharusnya mudah bagi siswa karena aplikasi fluida statis dapat ditemukan di lingkungan sekitar siswa. Beberapa penelitian menunjukkan siswa cenderung mengalami kesulitan dalam mempelajari fluida statis sehingga menyebabkan penguasaan konsep siswa rendah. Penguasaan konsep sangat penting dimiliki oleh siswa karena penguasaan konsep merupakan salah satu tujuan utama dalam pendidikan. Selain penguasaan konsep, kemampuan berpikir kritis juga menjadi salah satu tujuan utama dalam pendidikan. Memiliki kemampuan berpikir kritis yang baik berdampak pada penguasaan konsep siswa yang baik pula. Salah satu alternatif pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan penguasaan konsep dan kemampuan berpikir kritis siswa yaitu menggunakan model pembelajaran interactive demonstration. Berdasarkan penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa interactive demonstration dapat meningkatkan pemahaman siswa. Pembelajaran yang melibatkan keaktifan siswa  seperti interactive demonstration ini juga dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Memaksimalkan penguasaan konsep dan kemampuan berpikir kritis juga dapat dilakukan dengan melakukan assessment yang dapat menangani langsung kesulitan siswa. Seperti pada formative assessment, dengan adanya immediate feedback memungkinkan guru memonitor dan membantu siswa meningkatkan kualitas belajarnya. Untuk memaksimalkan penggunaan formative assessment yaitu dengan menggunakan web based formative assessment. Penggabungan sisi positif dari interactive demonstration dan web based formative assessment diharapkan dapat memaksimalkan penguasaan konsep dan kemampuan berpikir kritis yang dimiliki siswa. Oleh karena itu, dilakukan penelitian untuk mengukur penguasaan

konsep dan kemampuan berpikir kritis siswa melalui pembelajaran interactive demonstration yang disertai web based formative assessment. Penelitian ini menggunakan rancangan mixed methods dengan model embedded experimental. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 1 MAN 1 Pamekasan.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan memberikan 2 jenis instrumen tes, pilihan ganda dengan alasan terbuka untuk mengetahui penguasaan  konsep siswa dan uraian untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa. Selain itu juga dilakukan wawancara untuk mendukung data kualitatif. Data yang diperoleh dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan penguasaan konsep dan kemampuan berpikir kritis siswa siswa pada materi fluida statis mengalami perubahan setelah pembelajaran. Sebelum pembelajaran rata-rata peroleh skor siswa sebesar 15,8 dan setelah pembelajaran sebesar 74,2 dari rentang 0-100. Hal ini juga terjadi pada kemampuan berpikir kritis siswa. Sebelum pembelajaran rata-rata perolehan skor kemampuan berpikir kritis siswa sebesar 45  dan setelah pembelajaran mengalami perubahan lebih baik yaitu sebesar 65 dari rentang 0-100. Data pendukung lainnya seperti perhitungan N-gain score untuk penguasaan konsep siswa berada pada kategori tinggi dan untuk kemampuan berpikir kritis berada pada kategori sedang. Selain itu perhitungan effect size menunjukkan bahwa intervensi memberikan pengaruh terhadap penguasaan konsep  dan kemampuan berpikir kritis siswa. Perolehan effect size penguasaan konsep dan kemampuan berpikir kritis siswa berada pada kategori yang sama yaitu kategori sedang. Pembelajaran interactive demonstration disertai web based formative assessment yang sudah dilakukan memberikan dampak positif terhadap penguasaan konsep dan kemampuan berpikir kritis siswa.

 

ABSTRACT

Harizah, Zaitul. 2019. Analysis of Student’s Conceptual Understanding and Critical Thinking Skill in Static Fluid in Interactive Demonstration  Learning with Web Based Formative Assessment. Thesis. Master Program in Physics Education, Postgraduate of Universitas Negeri Malang.

Advisor:

(1) Dr. Sentot Kusairi, M.Si.

(2) Dr. Eny Latifah, M.Si.

 

Keywords: Conceptual Understanding, Critical Thinking Ability, Interactive Demonstration, Web Based Formative Assessment

Static fluid is one of the material in physics which application is very easy to find in the surrounding environment. However, several studies show students still have difficulty in learning static fluid, causing student’s conceptual understanding still low. Students must have good conceptual understanding because conceptual understanding is one of the main goals in education. Beside that, critical thinking skills also become one of the main goals in education. Having good critical thinking skills has an impact on having good conceptual understanding. One alternative learning that can be used to improve conceptual understanding and students' critical thinking skills is to use interactive demonstration learning. Based on previous research showed that interactive demonstration can improve student understanding. Learning that involves the activities of students such as interactive demonstration can also improve students' critical thinking skills. Maximizing conceptual understanding and critical thinking skills can also be done by providing assessments that can provide direct handling of student difficulties. As with formative assessment, immediate feedback allows teachers to monitor and help students improve the quality of their learning. To maximize the use of formative assessment, one alternative is to use web based formative assessment. Combining the positive side of interactive demonstration and web based formative assessment is expected to maximize conceptual understanding and critical thinking skills possessed by students. Therefore, a study was conducted to know student’s conceptual understanding and critical thinking skills through interactive demonstration learning which accompanied by web based formative assessment. This study used a mixed method design with an embedded experimental model. The subjects were students of XI IPA 1 in MAN 1 Pamekasan. Data collection techniques were carried out by giving 2 types of test instruments, multiple choice with open reasons to find out the student’s conceptual understanding and student’s critical thinking skills. The data obtained were analyzed quantitatively and qualitatively. The results showed that conceptual understanding and critical thinking skills of students in static fluid material changes after learning. Before learning the average score of students is 15.8 and after learning is 74.2 from the range 0-100. This also occurs in students' critical thinking abilities. Before learning the average score of students' critical thinking skills is 45 and after learning changes are better, that is equal to 65 from the range 0-100. Other supporting data such as the N-gain score calculation for mastery of students' concepts are in the high category and for critical thinking skills are in the moderate category. In addition, the effect size calculation shows that the intervention has an  influence on the mastery of concepts and students' critical thinking abilities. The acquisition of concept size mastery and students' critical thinking skills are in the same category, namely the moderate category. Interactive demonstration learning along with the web based formative assessment that has been carried out has a positive impact on students' conceptual understanding and critical thinking skills.