DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penalaran Analogi Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Aljabar

Ridhoi Mohammad

Abstrak


RINGKASAN

Ridhoi, Mohammad. 2019. Penalaran Analogi Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Aljabar Program Studi Pendidikan Matematika, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang.

Pembimbing

(I).Dr.rer.nat. I Made Sulandra, M.Si,

(II) Dr. Sukoriyanto, M.Si.

 

Kata Kunci : Penalaran, Penalaran Analogi, Masalah Aljabar.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikanpenalaran analogi siswa dalam menyelesaikan masalah aljabar. Dalam penalaran analogi terdapat empat tahapyaitu encoding, inferring, mapping dan applying. Penelitian ini dilaksanakan disalah satu SMPN kelas VIII di LUMAJANG. Terdapat tiga subjek dalam penelitian ini yaitu subjek kemampuan tinggi, kemampuan sedang dan kemampuan rendah. Hasil yang diperoleh adalah subjek kemampuan tinggi dapat menggunakan semua tahapan peanalaran analogi dalam menyesaikan masalah aljabar. Subjek kemampuan sedang tidak dapatmelakukan tahap encoding. Subjek kemampuan rendah tidak dapat melakukan tahap mapping dan applying.Sehingga disimpulkan subjek kemampuan sedang dan kemampuanrendah tidak dapat melakukan penalaran analogi dengan sempurna.