DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Model Mental Empiris dan Penguasaan Konsep IPA Siswa Kelas IV SD Melalui Inkuiri Terbimbing

Haliq Muh Idham

Abstrak


RINGKASAN

Haliq, Muh Idham. 2019. Model Mental Empiris dan Penguasaan Konsep IPA Siswa Kelas IV SD Melalui Inkuiri Terbimbing. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar, Pasasarjana Universitas Negeri Malang.

Pembimbing:

(I).Dr. Markus Diantoro, M.Si.

(II) Dr. Muhardjito, M.Si.

 

Kata Kunci: Model mental, penguasaan konsep, inkuiri terbimbing, sifat-sifat cahaya.

Model mental dan penguasaan konsep adalah dua variabel yang saling berkaitan yang tentu dapat mempengaruhi level kognitif siswa dalam menyelesaikan permasalahaan IPA. Kajian model mental empiris dan penguasaan konsep siswa melalui model inkuiri terbimbing saat ini masih terbatas. Oleh karena itu, sangat diperlukan kajian yang komprehensif dan mendalam terhadap proses perubahan atau perkembangan model mental dan penguasaan konsep siswa. Kajian model mental dan penguasaan konsep sudah dilakukan oleh beberapa peneliti tapi hingga saat ini belum ada penelitian model mental empiris dan penguasaan konsep pada materi sifat-sifat cahaya, sehingga dengan keterbatasan yang ada, maka perlu dilakukan kajian yang lebih mendalam.

Penelitian mixed method bertujuan untuk menganalisis: 1) model mental empiris siswa pada materi sifat-sifat cahaya yang diajarkan dengan model inkuiri terbimbing dan konvensional, 2) penguasaan konsep siswa pada materi sifat-sifat cahaya yang diajarkan dengan model inkuiri terbimbing dan konvensional. Mixed method ini memberikan pemahaman yang lebih holistik dan mendalam karena menganalisis data secara kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini menggunakan desain convergence model. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa setelah pembelajaran model inkuiri terbimbing, siswa mulai berkembang pada setiap pertemuan, namun perkembangan bervariasi. Data N-gain posttest siswa pada model mental empiris kelas eksperimen dan kelas kontrol juga berbeda yaitu 0.182 dan 0.43. Begitupun dengan penguasaan konsep siswa dengan nilai N-gain 0.75 dan 0.37. Hal ini membuktikan bahwa model inkuiri terbimbing sangat efektif dalam meningkatkan model mental dan penguasaan konsep siswa. Hal ini diperkuat oleh hasil uji hipotesis model mental dan penguasaan konsep dengan taraf signifikan yaitu 0.001 < 0.05 dan 0.000 < 0.05, maka H0 ditolak. Artinya, bahwa model pembelajaran berpengaruh secara signifikan terhadap model mental dan penguasaan konsep siswa. Hasil penelitian ini merekomendasikan bahwa guru dapat mengaktifkan proses pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran berbasis konstruktivis diantarnya adalah inkuiri terbimbing, sehingga mampu menyiapkan siswa pada era globalisasi. Diharapkan penelitian selanjutnya dapat mengukur dan memperbaiki model mental dan penguasan konsep siswa pada pembelajaran sains di semua jenjang pendidikan, agar mampu menciptakan dan membangun sumber daya manusia yang unggul dan berkemajuan pada masyarakat dan diperlukan kajian yang lebih mendalam terkait hubungan model mental dan penguasaan konsep dengan variabel-variabel pembelajaran lain.

 

SUMMARY

Haliq, Muh Idham. 2019. Empirical Mental Model and Mastery of the Science Concepts of Fourth Grade of Elementary School Students through Guided Inquiry. Thesis. Basic Education Study Program, Postgraduate of Malang State University.

Advisor:

(I).Dr. Markus Diantoro, M.Sc.

(II) Dr. Muhardjito, M.Sc.

 

Keywords: Mental models, mastery of concepts, guided inquiry, the characteristic     of light

Mental models and mastery of concepts are two interrelated variables that can certainly influence the cognitive level of students in completing the problem of science. The study of empirical mental models and mastery of students' concepts through guided inquiry models is currently limited. Therefore, a comprehensive and in-depth study of the process of change or development of mental models and mastery of student concepts is needed. Studies of mental models and mastery of concepts have been carried out by several researchers but until now there has been no empirical mental model research and mastery of concepts on the material properties of light, so with existing limitations, a more in-depth study needs to be done.

The mixed method study aims to analyze: 1) the empirical mental model of students in the material of light traits taught by conventional and guided inquiry models, 2) mastery of students' concepts on the material of light traits taught by guided and conventional inquiry models. This mixed method provides a more holistic and in-depth understanding because it analyzes data quantitatively and qualitatively. This study uses a convergence model design. In this study it was found that after guided inquiry model learning, students began to develop at each meeting, but developments varied. The posttest N-gain data of students in the empirical mental model of the experimental class and the control class were also different, namely 0.182 and 0.43. Likewise with the mastery of student concepts with N-gain values of 0.75 and 0.37. This proves that the guided inquiry model is very effective in improving the mental model and mastery of students' concepts. This is confirmed by the results of the mental model hypothesis test and concept mastery with a significant level of 0.001 < 0.05 and 0.000 < 0.05, then H0 is rejected. That is, that the learning model has a significant effect on the mental model and mastery of students' concepts. The results of this study recommend that teachers can activate the learning process by applying constructivist-based learning models, including guided inquiry, so as to be able to prepare students in the era of globalization. It is hoped that further research can measure and improve the mental model and mastery of the concepts of students in science learning at all levels of education, in order to be able to create and develop superior and progressive human resources and more in-depth studies related to the relationship of mental models and mastery of concepts with variables - other learning variables.