DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Segmentasi Demografi Pelanggan Toko Modern Berdasarkan Faktor Impulse buying (Studi Kasus Pada Ritel Matahari Dan Ramayana Di Kota Malang)

Wilyan Adiasari

Abstrak


ABSTRAK

Wilyan Adiasari. 2019. Analisis Segmentasi Demografi Pelanggan Toko Modern Berdasarkan Faktor Impulse buying (Studi Kasus Pada Ritel Matahari Dan Ramayana Di Kota Malang) Tesis. Program Studi Manajemen. Pascasarjana. Universitas Negeri Malang.

Pembimbing:

(I).Prof. Dr. Sudarmiatin, M.Si.

(II) Dr. Titis Shinta Dhewi, S.T, M.M

 

Kata Kunci: Impulse buying, Demografik, Segmentasi, Positioning

Penurunan pertumbuhan ritel saat ini memunculkan banyak tantangan baru. Itu membuat beberapa pengecer menutup outlet offline mereka. Hal ini menyebabkan semua pelaku bisnis ritel perlu memahami perilaku konsumen mereka. Salah satu perilaku konsumen adalah pembelian impulsif, yaitu 62% dalam setiap kegiatan belanja konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk membuat pemetaan pelanggan berdasarkan aspek demografi dan faktor impulse buying merek ritel di Kota Malang.

Dalam penelitian ini melibatkan 2 objek ritel, yaitu Matahari dan Ramayana. Besar sampel pada penelitian ini di tentukan dengan mengnakan rumus Daniel & Tereel dengan jumlah sampel 213 responden untuk Mataharai dan Ramayana dengan total sampel 168 responden. Sedangkan teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunanan systematic sampling. Pengumpulan data pada penelitian ini adalah menggunakan kuisioner. Alat analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis claster, cross tabulation  dan multidimensional scaling.

Hasil penelitian ini menemukan bahwa ada 4 cluster untuk setiap objek penelitian. Matahari memiliki 4 cluster yaitu Picky Impulsive Segment, Seasonal Impulsive Segment, Grey Impulsive Segment and A Fashionable Segment. Ramayana juga memiliki 4 cluster dengan nama clusters namely Convenience Focus Impulsive Segment, Simple Impulsive Segment, Grey Impulsive Segment, Un-Impulsive Segment. Terkait positioningdari kedua toko tersbeut antara Ramayan dan Matahari berada pada kuadran yang berbeda.