DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Modul Pembelajaran Keterampilan Membaca Berbasis Strategi Student Team Achievement Division/STAD untuk Mahasiswa Offering D Angkatan 2018Jurusan Sastra Arab Universitas Negeri Malang

Dluhriah Nida Atu

Abstrak


ABSTRAK

Dluhriah, Nida Atu. 2019. Pengembangan Modul Pembelajaran Keterampilan Membaca Berbasis Strategi Student Team Achievement Division/STAD untuk Mahasiswa Offering D Angkatan 2018 Jurusan Sastra Arab Universitas Negeri Malang. Tesis, Keguruan Bahasa Arab, Program Magister. Universitas Negeri Malang.

Pembimbing:

(I).Prof. Dr. Moh. Ainin, M.Pd,

(II): Dr. Nur Hidayati, M.Pd.

 

Kata Kunci: Modul, Keterampilan Membaca, Strategi Student Team Achievement Division/STAD.

Bahasa dianggap sebagai salah satu alat komunikasi diantara manusia, dan seseorang mengutarakan pemikiran serta perasaannya menggunakan bahasa sehingga orang lain mampu berkomunikasi dengannya dan memahami keinginannya. Di dunia terdapat banyak bahasa, diantaranya adalah bahasa Indonesia, bahasa Inggris, bahasa Arab dan lain sebagainya. Banyak juga yang telah mempelajari bahasa-bahasa tersebut, terlebih lagi bahasa Arab sebagai bahasa agama Islam. Dalam belajar bahasa Arab mahasiswa hendaklah menguasai 4 keterampilan berbahasa yaitu keterampilan menyimak, keterampilan berbicara, keterampilan membaca dan keterampilan menulis.

Salah satu kemahiran berbahasa yang penting adalah keterampilan membaca karena membaca adalah jendela dunia, pengetahuan dan  pengalaman mahasiswa akan bertambah dengan membaca serta berguna untuk memperbaiki bahasa mereka. Dalam pembelajaran keterampilan membaca, mahasiswa membutuhkan modul pembelajaran karena itu merpakan salah satu unsur penting dalam proses belajar mengajar serta dapat membantu mahasiswa mempelajari materi dengan mudah,dan mahasiswa juga dapat mengerjakan latihan-latihan yang ada dalam modul supaya kemampuan mereka bertambah.

Setelah dilakukan wawancara dengan para mahasiswa offering D, ditemukan bahwa mereka membutuhkan modul khusus untuk kemahiran membaca yang berwarna didlamnya terdapat beberapa teks bacaan yang menarik dalam bentuk buku yang ringan dibawa, tulisannya jelas dan terbaca serta terdapat kosakata-kosakata baru dan latihan-latihan yang bervariasi.Oleh karena itu, dikembangkanlah modul kemahiran membaca berbasis strategi Student Team Achievement Division/STAD. Strategi itu dipilih karena:

1) Mudah diterapkan,

2) Strategi itu sudah banyak diterapkan dalam pembelajaran akan tetapi belum ada modul bahasa Arab khusus berbasis strategi STAD,

3) Meningkatkan ikatan pertemanan dalam kelas dengan adanya proses pembelajaran secara berkelompok,

4) Terdapat tes/latihan kelompok,

5) Terdapat tes/latihan individu untuk mengetahui kemampuan mahasiswa dalam memahami materi.

Tujuan penelitian ini adalah pengembangan modul kemahiran membaca berbasis STAD, mendeskripsikan kadar efektivitas modul serta mendeskripsikan karakteristik modul yang dikembangkan. Metode penelitian yang digunakan adalah model penelitian pengembangan (Research & Development) menurut Borg & Gall. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dalam proses pengembangan produk digunakan 7 langkah pengembangan yaitu:

1) Analisis kebutuhan,

2) Perencanaan Produk,

3) Pengembangan produk,

4) Validasi ahli,

5) Revisi produk,

6) Uji lapangan,

7) Revisi produk, kemudian akan menghasilkan produk akhir.Sampel penelitian adalah seluruh mahasiswa offering D jurusan Sastra Arab Universitas Negeri Malang angkatan 2018. Dalam penlitian ini terdapat 3 instrumen penelitian yaitu panduan wawancara, lembar observasi, lembar angket. Adapun intrument pengumpulan data denngan wawancara, observasi dan angket.

Hasil setelah melakukan validasi ahli materi dibagi menjadi 3 poin yaitu:

1) Isi modul “sangat baik”,

2) Keluaran produk “sangat baik”,

3) Teks dalam modul “sangat baik”.

Adapun hasil validasi media dibagi 2 poin yaitu:

1) Dari segi aktivitas di dalam modul “baik”,

2) Dari segi latihan-latihan dalam modul “baik”. Sedangkan hasil uji lapangan, 11 pertanyaan memperoleh nilai “baik sekali” dan 1 pertanyaan mendapatkan nilai “baik. Jadi, dapat disimpulkan bahwa modul yang dikembangkan efektif, valid dan layak untuk diterapkan dalam proses belajar mengajar. Adapun hasil rumus “t” adalah 9,47 lebih besar dari hasil “t table” yaitu 14,2. Oleh karena itu modul keterampilan membaca berbasis Student Teams Achievement Division ini dinilai efektif untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa offering D dalam kemahiran membaca.

 

Peneliti berharap bahwa penelitian ini dapat dijadikan salah satu sumber penulisan karya ilmiah yang berhubungan dengan pengembangan modul pembelajaran sehingga penelitian ini dapat bermanfaat. Peneliti juga berharap lahirnya penelitian lain tentang pengembangan modul pembelajaran menggunakan strategi Cooperative Learning dengan judul yang berbeda serta menarik. Peneliti juga berharap bahwa penelitian ini dapat bermanfaat bagi peneliti dan orang lain.