DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengambilan Keputusan Scaffolding Tunda Guru dalam Membantu Siswa SMA Menyelesaikan Soal Matematika

WIDJAJANTI KRISTINA

Abstrak


RINGKASAN

Widjajanti, Kristina. 2019. Pengambilan Keputusan Scaffolding Tunda Guru dalam Membantu Siswa SMA Menyelesaikan Soal Matematika. Disertasi, Program Studi Pendidikan Matematika, Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Pembimbing:

(I) Prof. Dr. Toto Nusantara, M.Si.,

(II) Dr. Abdur Rahman As'ari, M.Pd., M.A.,

(III) Dra. Santi Irawati, M.Si., Ph.D.

 

Kata kunci: Pengambilan keputusan, scaffolding tunda, soal matematika

Siswa seringkali mengalami kesulitan ketika menyelesaikan soal matematika dalam proses pembelajaran, sehingga scaffolding sangat diperlukan. Scaffoldingdalam penelitian ini adalah bantuan oleh guru kepada siswa ketika siswa belum dapat menyelesaikan soal matematika dengan benar, yang diidentifikasi dengan adanya kesalahan dalam menyelesaikan soal. Bantuan yang dimaksud bersifat sementara. Scaffolding tunda adalah scaffolding yang tidak seketika dilaksanakan saat guru mengidentifikasi terdapat kesalahan pada pekerjaan siswa. Hal ini menunjukkan bahwa pengambilan keputusan guru sangat penting dalam proses pembelajaran. Sayangnya, belum terdapat penelitian yang membahas tentang pengambilan keputusan scaffolding tunda guru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tahapan pengambilan keputusan scaffolding tunda guru dalam membantu siswa menyelesaikan soal matematika.

Penelitian kualitatif ini merupakan studi kasus. Subjek dipilih berdasarkan kriteria, yaitu guru yang melakukan scaffolding tunda dan dapat memberikan informasi bagaimana pengambilan keputusan scaffolding tunda dilakukan. Subjek terpilih adalah satu orang guru SMA di Malang. Data berupa hasil pekerjaan siswa, rekaman gambar serta suara guru dan siswa ketika berinteraksi pada saat momen scaffolding, dan transkrip wawancara dengan guru. Wawancara dilakukan dengan cara memperlihatkan rekaman video momen scaffoldinguntuk menggali informasi bagaimana berpikir gurudalam mengambil keputusan.

Temuan penelitian adalah tahapan pengambilan keputusanscaffolding tunda guruyang terdiri dari:

(1) tahap pengenalan situasi,

(2) tahap pengembangan alternatif, dan

(3) tahap penyelesaian keputusan.

Tahap pengenalan situasi meliputi:

(a) mengidentifikasi;

(b)masalah;

(c) menetapkan tujuan yaitu mencapai target siswa dapat menyelesaikan soal dengan benar; dan

(d) merencanakan strategi.

Tahap pengembangan alternatif merupakan tahap menghasilkan alternatif tindakan untuk dipilih, meliputi:

(a) menghasilkan ide;

(b) menglarifikasi ide; dan

(c) menilai

kewajaran ide, meliputi:

(i) menentukan prioritas ide yang telah diklarifikasi;

(ii) menilai kerasionalan alternatif pilihan;

(iii) menyeleksi pilihan terbaik; dan

 

(iv) menentukan keputusan. Tahap penyelesaian keputusan meliputi melaksanakan dan mengevaluasi tindakan yang telah dipilih.