DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI METODE SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, AND REVIEW (SQ3R) DI KELAS VB SDN BUNULREJO 1 MALANG

Saiydah Siti Nur

Abstrak


RINGKASAN

Saiydah, Siti Nur. 2019. Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Metode Survey,Question, Read, Recite, and Review (SQ3R) Di Kelas VB SDN Bunulrejo 1 Malang. Tesis, Program Studi Pendidikan Dasar, Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Pembimbing:

(I) Dr. Alif Mudiono, M.Pd

(II) Dr. Dedi Kuswandi, M.Pd.

 

Kata Kunci : kemampuan membaca pemahaman, metode survey, question, read,

recite, and review (SQ3R)

Salah satu muatan pembelajaran tematik adalah pembelajaran bahasa Indonesia peranan bahasa penting menuntut adanya upaya mengoptimalkan pembelajaran bahasa, khususnya di sekolah dasar. Keterampilan berbahasa yang perlu dikembangkan di tingkat sekolah dasar yaitu keterampilan membaca khususnya membaca pemahaman. Fakta di lapangan menunjukkan bahwa keterampilan membaca pemahaman siswa kelas tinggi di sekolah dasar saat ini belum memadai. Hal ini membuat peneliti tertarik untuk memberikan metode berbeda supaya ada peningkatan kemampuan membaca pemahaman melalui metode SQ3R di tingkat sekolah dasar khususnya tingkat lanjut. Penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini deskriptif kualitatif yang dirancang penelitian tindakan kelas dengan desain penelitian empat tahapan yang harus dilalui yaitu,  

(1) perencanaan,

(2) pelaksanaan,

(3) pengamatan,

(4) refleksi.

Keempat tahapan tersebut merupakan suatu unsur dalam membentuk sebuah siklus. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VB SDN Bunulrejo I Malang. Subjek penelitian ini adalah siswa siswi kelas VB SDN Bunulrejo I Malang dengan jumlah siswa 30 siswa siswi yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 18 siswi perempuan. Sesuai dengan hasil analisis penelitian yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa keterampilan membaca pemahaman siswa kelas VB SDN Bunulrejo 1 Malang mengalami peningkatan. Peningkatan keterampilan membaca pemahaman ditunjukkan adanya peningkatan kualitas proses pembelajaran dan peningkatan hasil pembelajaran menggunakan metode SQ3R. Nilai rata-rata hasil tes membaca pemahaman pada pratindakan masih di bawah 75%, pada siklus I nilai rata-rata mencapai 76,04 dan pada siklus II nilai rata-rata mencapai 86,83. Persentase siswa yang mencapai indikator yang ditentukan atau persentase siswa yang mencapai nilai 75 hanya sebesar 38% kemudian pada siklus I meningkat dengan menggunakan metode SQ3R sebesar 72% dan pada siklus II sebesar 100%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran keterampilan membaca pemahaman menggnakan metodw SQ3R telah memenuhi indikator keberhasilan proses dan produk dalam penelitian ini. Sehingga penelitian ini dapat dikatakan berhasil Berdasarkan hasil penelitian pada siswa kelas VB SDN Bunulrejo 1 Malang saran yang dapat diberikan adalah metode SQ3R dapat digunakan sebagai meningkatkan kemampuan membaca siswa terutama memahami teks tulis dan pembelajaran lisan. Memberikan metode SQ3R alternatif dalam meningkatkan membaca pemahaman terhadap materi menemukan ide pokok dan mengembangkan ide pokok bacaan.

 

SUMMARY

Saiydah, Siti Nur. 2019. Improving Reading Comprehension Ability Through Survey,Question, Read, Recite, and Review (SQ3R) Methods In Class VB Malang Bunulrejo1 Elementary School. Thesis, Basic Education Study Program, Graduate Program Of Universitas Negeri Malang.

Advisors:

(I) Dr. Alif Mudiono, M.Pd

(II) Dr. Dedi Kuswandi, M.Pd.

 

Keywords: reading ability understanding, survey, question, read, recite, and

review (SQ3R) method

One of the contents of thematic learning is learning Indonesia the role of imprortant languages requires an effort to optimize language learing, especially in elementary schools. Language skills that need to be developed at the elementary school level are reading skills, especially reading comprehension. The fact in the field show that the reading skills of understanding high-class student in elementary schools are currently inadequate. This made the researchers interested in providing a different method so that there was an increase in reading comprehension skills through the SQ3R method at the elementary level, especially advanced level. The research carried out in this qualitative descriptive study designed class action research with four stages of research design that must be passed, namely,

(1) planning,

(2) implementation,

(3) observation,

(4) reflection.

The four stages are an element in forming a cycle. This research was conducted in VB class at Bunulrejo 1 Elementarry School Malang. The subjects of this study were VB graders of Malang SDN Bunulrejo 1 with 30 students consisting of 12 male students and 18 female students. In accordance with the result of analysis of the research conducted, it can be concluded that the reading comprehension skill of VB graders at Malang Bunulrejo 1 Elementarry School have increased. Improvent of reading comprehension skills is indicated by an increase in the quality of the learning process and an increase in learning outcomes using the SQ3R method. The average vale of reading comprehension test results in pre-action is still below 75%, in the first cycle the average value reaches 76.04 and in the second cycle the average value reaches 86.83. The percentage of students who reached the value of 75 was only 38% then in the first cycle it increased using the SQ3R method of 72% and in the second cycle 100%. These result indicate that the learning of reading comprehension skills using the SQ3R method has met the indicators of success of processes and product in this study. So that this research can be said to be successful. Based on the result of the research on VB grade student at SDN Bunulrejo 1 Malang, the suggestion that can be given is that the SQ3r method can be used as an increase in reading skills of student especially understanding written texts and oral learning. Providing alternative SQ3R methods in improving reading comprehension of the material finding the main ideas and developing the main reading ideas.