DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENALARAN ALJABARIS SISWA SMP DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI AQ (Adversity Quotient)

Sanit Irna Natalis

Abstrak


ABSTRAK

Sanit, Irna Natalis. 2019. Penalaran Aljabaris Siswa SMP dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Adversity Quotient (AQ). Tesis. Jurusan Pendidikan Matematika, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Pembimbing:

(I) Dr. Subanji, M.Si,

(II) Dr. rer.nat. I Made Sulandra, M. Si.

 

Kata Kunci: Penalaran aljabaris, Pemecahan masalah, Adversity Quotient

Penalaran aljabaris sangat penting dalam pembelajaran matematika. Melalui penalaran aljabaris dapat mengembangkan kemampuan penalaran dan pemecahan masalah siswa tentang aljabar. Siswa melakukan penalaran aljabaris dalam pemecahan masalah terjadi 3 aktivitas yaitu

(1) aktivitas Generalisasi,

(2) aktivitas Transformasi dan

(3) aktivitas LevelMeta Global.

Kemampuan penalaran aljabaris siswa dalam pemecahan masalah matematika dan mengatasi kesulitan berbeda-beda. AQ (Adversity Quotient) memiliki peran dalam proses belajar matematika dan dalam pemecahan masalah matematika. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penalaran aljabaris siswa SMP dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari AQ (Adversity Quotient). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Penelitian ini dilakukan di kelas VIII SMP Swadaya Tarus Kupang dengan 6 siswa dari masing-masing kategori AQ yaitu 2 siswa Climber, 2 siswa Camper dan 2 siswa Quitter. Instumen yang digunakan dalam penelitian ini  adalah instrumen utama dan insturmen pendukung. Instrumen utama adalah peneliti sendiri dan instrumen pendukung adalah ARP (Adversity Response Profile) untuk penggolongan siswa berdasarkan kategori AQ, tes penalaran aljaris dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penalaran aljabaris siswa Climber dalam memecahkan masalah matematika,

Pertama (1) aktivitas generalisasi siswa melakukan penalaran aljabaris dengan mengubah masalah dalam bentuk variabel dan menentukan variabel serta merepresentasikan masalah dalam hubungan antar variabel.

Kedua (2) aktivitas transformasi melakukan penalaran aljabaris dengan menyelesaikan bentuk persamaan linear dua variabel dengan metode eliminasi dan substitusi.

Ketiga (3) aktivitas level-meta global melakukan penalaran aljabaris dengan menyelesaikan dan menemukan solusi dari permasalahan matematis.

Penalaran aljabaris siswa Camper dalam memecahkan masalah matematika,

Pertama (1) aktivitas generalisasi melakukan penalaran aljabaris dengan mengubah masalah dalam bentuk variabel dan menentukan variabel serta merepresentasikan masalah dalam hubungan antar variabel.

Kedua (2) aktivitas transformasi hanya satu siswa saja yang melakukan penalaran aljabaris dengan menyelesaikan bentuk persamaan linear duavariabel dengan metode eliminasi dan substitusi.

Ketiga (3) aktivitas level-meta global hanya satu siswa saja yang melakukan penalaran aljabaris dengan menyelesaikan dan menemukan solusi dari permasalahan matematis. Penalaran aljabaris siswa dengan kategori AQ Quitter dalam memecahkan masalah matematika,

Pertama (1) aktivitas generalisasi hanya satu siswa saja yang melakukan penalaran aljabaris dengan merepresentasikan masalah dalam hubungan antar variabel. Langkah penalaran aljabaris siswa Quitter dalam menyelesaikan masalah terhenti pada aktivitas generalisasi.

 

ABSTRACT

Sanit, Irna Natalis. 2019. Aljabaris Reasoning for Middle School Students in Solving Mathematical Problems Judging from Adversity Quotient (AQ). Thesis. Department of Mathematics Education, Postgraduate Program, Malang State University.

Advisor:

(I) Dr. Subanji, M.Sc,

(II) Dr. rer.nat. I Made Sulandra, M. Si.

 

Key Words : Algebraic Reasoning, Problem Solving, Adversity Quotient

Algebraic reasoning is very important in mathematics learning. Through algebraic reasoning can develop reasoning abilities and problem solving of students about algebra. when students do algebraic reasoning in problem solving there are 3 activities namely

(1) generalization activities,

(2) Transformation activities and

(3) Global Meta-Level activities.

Students' algebraic reasoning abilities in solving mathematical problems and overcoming difficulties vary. AQ (Adversity Quotient) has a role in the process of learning mathematics and in solving mathematical problems. The purpose of this study was to describe junior high school students' algebraic reasoning in solving mathematical problems in terms of AQ (Adversity Quotient). This research is a qualitative research. This research was conducted in class VIII of Tarus Kupang Self-Help junior high School with 6 students from each AQ category, namely 2 Climber students, 2 Camper students and 2 Quitter students. The instruments used in this study are the main instruments and supporting institutions. The main instrument is the researchers themselves and supporting instruments are ARP (Adversity Response Profile) for classifying students based on the AQ category, aljaris reasoning tests and interview guidelines. The results showed that the Climber students algebraic reasoning in solving mathematical problems,

First (1) generalization activities students performed algebraic  reasoning by changing problems in the form of variables and determining variables and representing problems in relationships between variables.

Second (2) transformation activities do algebraic reasoning by completing the form of two-variable linear equations with elimination and substitution methods.

Third (3) global meta-level activities do algebraic reasoning by completing and finding solutions to mathematical problems. The algebraic reasoning of Camper students in solving mathematical problems,

First (1) generalization activities do algebraic reasoning by changing problems in the form of variables and determining variables and representing problems in relationships between  variables. The second (2) transformation activity is only one student who does algebraic reasoning by completing the form of two-variable linear equations by elimination and substitution methods.

Third (3) global meta-level activities only one student does algebraic reasoning by completing and finding solutions to mathematical problems. Student algebraic reasoning with the AQ Quitter category in solving mathematical problems,

 

First (1) generalization activities only one student does algebraic reasoning by representing problems in relationships between variables. The steps of the Quitter's algebraic reasoning in solving problems are stopped at generalization activities.