DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Komik Perencanaan Hidup Berkeluarga Berbasis Budaya Gredoan Suku Osing Bagi Siswa Madrasah Aliyah

Syakur M

Abstrak


RINGKASAN

Syakur, M. 2019. Pengembangan Media Komik Perencanaan Hidup Berkeluarga Berbasis Budaya Gredoan Untuk Siswa Madrasah Aliyah. Tesis, Program Studi Bimbingan dan Konseling Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Dosen

Pembimbing:

(1) Dr. Carolina Ligya Radjah, M.Kes.

(2) Dr. M. Ramli, MA.

 

Kata Kunci: komik, perencanaan hidup berkeluarga, berbasis budaya gredoan, untuk siswa Madrasah Aliyah.

Siswa tingkat Madrasah Aliyah merupakan individu yang berada pada masa transisi yaitu peralihan dari kanak-kanak menuju remaja. Transisi tersebut bisa ditinjau baik secara fisik, psikis, cara berpikir maupun perilaku. Pada masa transisi ini pula remaja sangat memerlukan pendampingan dan bantuan dalam melaksanakan tugas-tugas perkembanganya terutama bagi remaja yang ingin merencanakan karier dan kehidupan berkeluarga. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru BK dan penyebaran angket kebutuhan yang di lakukan oleh peneliti di Madrasah Aliyah Al-Fatah Songgon Banyuwangi pada tanggal 27 bulan Desember 2017. Dari 71 siswa  diperoleh data bahwa 32 siswa setelah lulus sekolah memilih menikah, 22 memilih melanjutkan studi, dan 17 memilih bekerja. Bagi siswa yang memilih menikah selesai lulus sekolah maka perlu layanan informasi tentang perencanaan hidup berkeluarga, salah satunya adalah menggunakan media komik perencanaan hidup berkeluarga berbasis budaya gredoan. Peneliti berasumsi bahwa dengan media komik dapat mempermudah siswa dalam memahami perencanaan hidup berkeluarga.

Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan media bimbingan berupa komik perencanaan hidup berkeluarga berbasis budaya gredoan untuk siswa Madrasah Aliyah yang memenuhi aspek akseptabilitas yakni; kegunaan, kemenarikan, kepraktisan, dan ketepatan, sehingga layak digunakan serta mengetahui kelayakan komik berdasarkan ahli materi, ahli media, pengguna dan siswa.

Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model pengembangan Borg and Gall (1983). Penelitian dan pengembangan ini berbatas sampai kelompok kecil. Pengembangan produk dilandasi oleh hasil angket kebutuhan siswa. Penelitian pengembangan media komik perencanaan hidup berkeluarga berbasis budaya gredoan ini melalui serangkaian uji ahli materi, ahli media, pengguna dan siswa. Kemudian peneliti merevisi produk hasil uji coba penggunaan produk dan selanjutnya menghasilkan produk berupa komik perencanaan hidup berkeluarga berbasis budaya gredoan untuk siswa Madrasah Aliyah, komik ini sebagai media layanan informasi.

 

Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan untuk peneliti selanjutnya dapat mengembangkan komik berbasis budaya gredoan yang dapat diakses secara daring, baik melalui PC maupun android.