DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Penguasaan Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Hukum Newton pada Pembelajaran Modeling Instruction disertai Web Based Formative Assessment

Afifah Putri

Abstrak


RINGKASAN

Afifah, Putri. 2019. Analisis Penguasaan Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Hukum Newton pada Pembelajaran Modeling Instruction disertai Web Based Formative Assessment. Tesis, Jurusan Pendidikan Fisika, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Pembimbing:

(I) Dr. Sentot Kusairi, M.Si.,

(II) Dr. Eny Latifah, M.Si

 

Kata kunci: modeling instruction, web based formative assessment, penguasaan konsep, kemampuan pemecahan masalah, Hukum Newton

Materi fisika khususnya Hukum Newton tentang gaya dan gerak dapat dipelajari dengan melihat fenomena atau kejadian dalam kehidupan sehari-hari. Meskipun siswa dapat mengamati dan mengetahui Hukum Newton tentang gaya dan gerak dalam kehidupan seharihari namun penguasaan konsep siswa cenderung lemah. Penguasaan konsep siswa yang cenderung lemah memengaruhi kemampuan pemecahan masalah. Pembelajaran dengan modeling instruction merupakan penyederhanaan dari fenomena kehidupan yang menekankan penguasaan konsep dan kemampuan kompleks dalam menyelesaikan masalah. Penggunaan formative assessment di setiap tahapan modeling instruction membantu guru untuk dapat memantau perkembangan penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah siswa. Penerapan formative assessment di dalam kelas membutuhkan waktu yang lama sehingga dapat dilakukan menggunakan web atau secara online. Penggunaan web assessment menjadi topik utama para ahli teknologi dan pendidikan karena mampu meningkatkan kualitas belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi Hukum Newton tentang gaya dan gerak setelah melakukan pembelajaran modeling instruction disertai web based formative assessment. Penelitian ini menggunakan mixed methods dengan desain penelitian embedded experimental design. Subjek penelitian adalah siswa kelas X yang memperoleh materi Hukum Newton pada semester genap tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian dilakukan di SMA Islam Terpadu Misykat Al-Anwar Kabupaten Jombang. Instrumen pengukuran penguasaan konsep berupa soal pilihan ganda sedangkan kemampuan pemecahan masalah menggunakan soal uraian. Kedua jenis soal telah divalidasi oleh dua dosen ahli dengan hasil reliabilitas yang tinggi. Masing-masing variabel mempunyai pedoman penskoran yang berbeda untuk analisis data kuantitatif. Analisis data kualitatif berdasarkan kategori level penguasaan konsep dan pendekatan siswa dalam memecahkan permasalahan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa mengalami perubahan level penguasaan konsep serta perubahan pendekatan dalam kemampuan memecahkan masalah. Penguasaan konsep siswa berada pada level yang berbeda yaitu 42% berada pada level Incorrect Understanding (IU) dan 58% berada pada level Partial Understanding (PU).  Kesulitan penguasaan konsep yang muncul setelah pembelajaran adalah

(1) siswa belum mampu menunjukkan gaya-gaya yang bekerja pada benda,

(2) siswa masih kesulitan menggunakan hubungan antara gaya, massa, dan percepatan pada benda yang sedang bergerak lurus,

(3) Siswa belum mampu menjelaskan benda dalam kerangka acuan inersia dan non inersia, benda

dalam keadaan alamiah, dan benda dalam keadaan setimbang,

(4) siswa masih belum mampu mengoperasikan vektor dan menggunakan diagram benda bebas. Level penguasaan konsep yang dimiliki siswa memengaruhi pendekatan yang digunakan ketika memecahkan masalah.

Sebanyak 16% siswa menggunakan pendekatan plug & chug terstruktur, 26% menggunakan memory-based approach, dan 29% menggunakan plug&chug tidak terstruktur dan no clear approach. Pendekatan yang digunakan oleh siswa menunjukkan bahwa siswa masih berada pada kelompok novice.  Kelemahan dan kesulitan siswa menyelesaikan masalah yaitu:

(1) tidak menggambarkan diagram benda bebas, dan

(2) masih menekankan aspek kuantitatif dengan  menggunakan persamaan dan prosedur matematis daripada menganalisis menggunakan aspek kualitatif dengan konsep dan prinsip yang tepat. Meskipun siswa masih menunjukkan beberapa kesulitan dalam menguasai konsep dan memecahkan masalah, namun modeling instruction disertai web based formative assessment berpengaruh dan berdampak positif sehingga dapat meningkatkan penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah dengan kategori sedang.