DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Pembelajaran Melalui Penemuan Terbimbing Berbasis Visual Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Geometri Analitik.

Faris Muhammad Naufal

Abstrak


ABSTRAK

Faris, Muhammad Naufal. 2019. Pengembangan Pembelajaran Melalui Penemuan Terbimbing Berbasis Visual Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Geometri Analitik. Tesis. Progam Studi Teknologi Pembelajaran, Pascasarjana Universitas Negeri Malang,

Pembimbing:

(I).Saida Ulfa, S.T.,M.Edu., Ph.D.

(II) Dr. Henry Praherdhiono, S.Si., M.Pd.

 

Kata Kunci: Pengembangan Pembelajaran, Penemuan Terbimbing, Berbasis Visual, GeoGebra, Geometri Analitik, Parabola.

Penggunaan teknologi pada pembelajaran akan terus selalu berkembang. Perkembangan teknologi menciptakan berbagai media pembelajaran. Media pembelajaran berbasis visual memegang peranan yang sangat penting dalam kegiatan belajar, khususnya mata kuliah geometri analitik. Kesulitan mahasiswa dalam pemahaman dan lemahnya daya ingat secara visual dalam belajar geometri analitik dapat diatasi dengan memanfaatkan media pembelajaran yang berguna dalam memperlancar pemahaman, memperkuat ingatan, serta keefektifan proses pembelajaran. Pada penelitian pengembangan ini, proses kegiatan belajar menggunakan model penemuan terbimbing. Selama kegiatan pembelajaran mahasiswa mendapat bimbingan yang terdapat pada lembar kerja mahasiswa (LKM). Mahasiswa melakukan kegiatan diantaranya menggambar bentuk sebuah grafik parabola yang terbuka ke atas, bawah, kiri dan kanan,  menentukan bentuk umum persamaannya, menemukan unsur – unsur yang terdapat pada grafik parabola dan membuktikan kebenaran pengertian parabola secara visual dengan animasi gerak sekaligus menyelesaikan masalah pada soal terkait parabola dengan bantuan progam GeoGebra.

Pengembangan ini bertujuan menghasilkan desain pembelajaran melalui penemuan terbimbing berbasis visual untuk meningkatkan pemahaman konsep geometri analitik yang di uji keefektifan dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan prosedur pengembangan ASSURE (Molenda, 2005).

Tahapan pengembangan pembelajaran meliputi

(1) menganalisis pebelajar,

(2) menentukan tujuan pembelajaran

(3) memilih media, metode dan bahan ajar,

(4) memanfaatkan teknologi, media dan material

(5) mendorong partisipasi pebelajar

(6) mengevaluasi dan merevisi. Penelitian ini dilakukan di Fakultas Sains dan Teknologi, Jurusan Matematika Universitas Kanjuruhan Malang pada mahasiswa kelas 2018A semester II yang menempuh mata kuliah wajib Geometri Analitik.

Setelah dihasilkan produk desain pembelajaran, dilakukan validasi ahli desain pembelajaran dan ujicoba perangkat pembelajaran. Hasil validasi menunjukkan bahwa RPP, LKM dan THB termasuk kategori baik. Keefektifan pembelajaran dengan model penemuan terbimbing dilihat dari aktivitas mahasiswa, respon mahasiswa dan tes hasil belajar mahasiswa. Hasil ujicoba menunjukkan bahwa aktivitas mahasiswa sebagian besar berkategori aktif (90,63%), respons mahasiswa sebagian besar memberikan hasil respons positif (82,85%) dan hasil dari ketuntasan belajar klasikal mahasiswa tinggi (76,25%). Saran dalam penelitian ini dapat dilanjutkan dengan materi Lingkaran, Elips, Hiperbola serta kegiatan menyelesaiakan permasalahan pada soal berbantuan GeoGebra secara mandiri.

 

ABSTRACT

Faris, Muhammad Naufal 2019. The Development of Learning Through Guided Discovery with Visual Based to Improve Understanding of Analytic Geometry Concepts. Learning Technology Study Program, Postgraduate of Malang State University,

Advisor

(I).Saida Ulfa, S.T., M.Edu., Ph.D

(II) Dr. Henry Praherdhiono, S.Si., M.Pd.

 

Keywords: Learning Development, Guided Discovery, Visual Based Learning, GeoGebra, Analytical Geometry, Parabolic.

The use of technology in teaching will continue to always develop. The development of technology to create various learning media. Visual based learning media has a very important role in the learning activities, especially courses analytically geometry. Student difficulties in understanding and weak power remember visually in learning geometry analytically can be resolved with the use of learning media which is useful in facilitating understanding, strengthen memory and the effectiveness of the learning process. This development research on the process of learning activities using the model of the discovery guide. During the learning activities,  students get guidance on the student worksheet. Students do activities including drawing the shape of a graph dish that is open to the bottom of the left and right, determine public form the parallel, find elements - elements that there are on the graph parabola and prove the truth of understanding dish visually with animation movement as well as solving problems in the questions related to the dish with the help of the program GeoGebra.

This development aims to produce a design of learning through guided discovery visual based to enhance the understanding of the concept of the geometry analytical writing skills that in test the effectiveness in learning. This research is to use the procedures to ASSURE development (Molenda, 2005).

Development phase covers learning

(1) analyzing students,

(2) determine the purpose of the lesson

(3) Select the media, methods and teaching materials,

(4) use technology, media and material

(5) encourage student participation

(6) evaluate and revise. This research was done at the Faculty of Science and Technology, majoring in the Mathematics University of Malang Kanjuruhan on grade student 2018A the second semester who studied the compulsory courses Analytically geometry.

 

After produced learning design products, done learning design experts validation and testing the learning. The validation results showed that the RPP, LKM, and THB including the good category. The effectiveness of the learning with guided discovery model seen from the activity of the student response to the students and the test results of student learning. The results of testing show that the activity of the students most active categorized (90,63%), responses most students give positive response results  (82,85%) and the results of learning in line with the classical high students  (76,25%). Suggestions in this research can be continued with the material Circle, Ellipse, Hyperbola activities and complete assignments problems on the question of assisted GeoGebra independently.