DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Video Animasi Pembelajaran Terintegrasi Nilai Karakter Mandiri untuk PAUD

Kurniawati Tenia

Abstrak


 

RINGKASAN

Kurniawati, Tenia. 2019. Pengembangan Video Animasi Pembelajaran Terintegrasi Nilai Karakter Mandiri untuk PAUD. Tesis. Program Studi Teknologi Pembelajaran, Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Pembimbing:

(I) Prof. Dr. Punaji Setyosari, M.Pd., M.Ed

(II) Dr. Dedi Kuswandi, M.Pd.

 

Kata Kunci: Video Animasi Pembelajaran, Karakter Mandiri. PAUD

Pendidikan karakter mandiri merupakan salah satu dari 18 karakter yang harus ditanamkan kepada anak usia dini. Akan tetapi pembelajaran karakter menjadi sangat sulit diterapkan pada anak usia dini karena terbatasnya media pembelajaran yang terintegrasi antara kurikulum TEMA dan Pendidikan karakter.

Tujuan dari penelitian ini adalah

(1) menghasilkan media video animasi pembelajaran yang terintegrasi dengan pendidikan karakter mandiri di PAUD Permata Tambrauw;

(2) menguji efektivitas media video animasi pembelajaran terintegrasi pendidikan karakter mandiri untuk meningkatkan motivasi anak usia dini dalam menerapkan karakter mandiri.

Penelitian dan pengembangan ini mengadopsi model ADDIE, dengan tahapan sebagai berikut:

(1) Assesment/ Analysis yang terdiri dari dua bagian utama yaitu

(1) Analisis

(2) Desain (Design),

(3) Pengembangan (Development),

(4) Penerapan (Implementation),

(5) Evaluasi (Evaluation). Produk yang dikembangkan adalah video animasi pembelajaran dengan alasan sesuai dengan karakteristik anak usia dini. Produk awal yang telah divalidasi  oleh ahli materi, ahli media dan praktisi sudah direvisi berdasarkan masukan, saran yang diberikan oleh  validator kemudian di uji cobakan pada kelompok kecil dan kelompok besar yaitu anak usia dini di PAUD Permata Tambrauw.

Hasil analisis data dari ahli materi diperoleh 90%, analisis data ahli media 97%, analisis  praktisi 90%, analisis uji coba kelompok kecil 97%, analisis uji coba kelompok besar 97%. Berdasarkan persentase yang diperoleh, video animasi pembelajaran masuk dalam kriteria layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran di PAUD. Selain itu diperoleh hasil bahwa ada banyak perubahan pada anak usia dini saat menggunakan video animasi pembelajaran, dari BB (belum berkembang) menjadi BSH (berkembang sesuai harapan)

Berdasarkan hasil penelitian, maka disimpulkan:

1) media video animasi pembelajaran layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran PAUD.

 

2) terjadi perubahan perilaku pada anak dari BB menjadi BSH setelah menggunakan video animasi pembelajaran tersebut