DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Authentic Learning-Inquiry Berbasis STEM terhadap Penguasaan Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah pada Materi Usaha dan Energi di Kelas X SMA Katolik St. Familia Wae Nakeng

Maria Yosefina Pranita

Abstrak


Usaha dan energi sangat erat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari. Usaha dan energi merupakan konsep fundamental fisika yang harus dilekatkan pada diri peserta didik. Oleh sebab itu, pemahaman mengenai materi usaha dan energi perlu lebih ditekankan agar peserta didik mudah menerima materi-materi selanjutnya yang berhubungan dengan usaha dan energi. Kesulitan yang dialami peserta didik dalam menguasai konsep sehingga berdampak pada kemampuan pemecahan masalah pada materi usaha dan energi diatasi dengan menggunakan model pembelajaran authentic-inquiry berbasis STEM

Penelitian ini merupakan penelitian mixed methods dengan menggunakan desain embedded experimental. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X IPA-1 SMA Katolik St. Familia Wae Nakeng. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen perlakuan yaitu silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran, lembar kerja peserta didik, lembar wawancara, lembar observasi dan instrumen pengukuran yaitu menggunakan tes penguasaan konsep dengan reliabel 0.49, tes kemampuan pemecahan masalah dengan reliabel 0.64, lembar observasi dan wawancara. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan uji statistik. Sebelum dilakukan uji statistik terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas. Selanjutnya data dianalisis menggunakan uji statistik yaitu, paired sample t-test untuk melihat perbedaan antara skor pretest dan posttest, N-gain untuk melihat peningkatan pretest dan posttest dan uji effect size untuk melihat pengaruh pembelajaran yang ditarapkan dalam meningkatkan penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguasaan konsep peserta didik pada materi usaha dan energi meningkat. Peningkatan tersebut ditunjukkan oleh nilai rata-rata pretest lebih kecil dari rata-rata posttest. Penguasaan konsep peserta didik dikelompokkan menjadi 5 kategori yaitu paham konsep, paham sebagaian, miskonsepsi, miskonsep sebagian, dan tidak paham. Selain itu hasil penelitian juga menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah peserta didik meningkat. Hal ini dilihat dari rata-rata pretest lebih tinggi dari rata-rata posttest dan dari hasil wawancara kepada peserta didik. Kemampuan pemecahan masalah peserta didik dikelompokkan menjadi 4 kategori yaitu memahami, merencanakan, melakukan penyelesaian, dan mengecek kembali. Peningkatan tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran authentic-inquiry Berbasis STEM memiliki pengaruh terhadap penguasaan konsep dan pemecahan masalah peserta didik pada materi usaha dan energi.