DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Iklim Organisasi Sekolah dan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kepuasan Kerja Guru Ekonomi di Sekolah Menengah Atas se-Malang Kota. (Tesis)

Durinta Puspasari

Abstrak


Pendidikan memiliki peran utama dalam pembangunan suatu bangsa. Dengan pendidikan, seseorang dibekali dengan berbagai pengetahuan, keterampilan, dan keahlian. Oleh karena itu, sangat wajar dan tepat jika bidang pendidikan diprioritaskan di negara kita ini. Salah satu konteks pembaharuan pendidikan yang perlu disoroti adalah meningkatkan kinerja guru yang ada di sekolah yang ditunjukkan dengan cara guru dapat bekerja secara maksimal karena puas dalam bekerja. Dalam hal ini, guru akan merasa puas dalam bekerja apabila sekolah sebagai tempat guru dalam memberikan berbagai bekal pengetahuan, keterampilan, keahlian, dan bermacam-macam tatanan hidup baik yang berupa norma-norma kepada siswa mampu mendukung suasana atau keadaan sekolah yang tenang dan nyaman yang dapat terciptanya iklim organisasi sekolah yang kondusif. Di samping iklim organisasi sekolah, kepala sekolah juga mempunyai peranan penting dalam menciptakan kepuasan kerja guru. Kepala sekolah dianggap sebagai seseorang yang dapat merencanakan, mengorganisasikan, dan mengawasi proses pembelajaran yang ada di sekolah. Sehingga dalam hal ini gaya kepemimpinan kepala sekolah yang bersahabat, bisa beradaptasi dengan guru, penuh pengertian, simpati, dan percaya dengan guru akan dapat menciptakan lingkungan sekolah yang kondusif yang dapat membuat guru merasa terpanggil hati nuraninya untuk melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya dan guru akan merasa puas dalam bekerja. Berdasarkan uraian di atas, peneliti terdorong untuk mengkaji lebih dalam tentang "Pengaruh Iklim Organisasi Sekolah dan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kepuasan Kerja Guru Ekonomi di Sekolah Menengah Atas se-Malang Kota".

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan: (1) pengaruh iklim organisasi sekolah terhadap kepuasan kerja guru ekonomi di Sekolah Menengah Atas Se-Malang Kota, (2) pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kepuasan kerja guru ekonomi di Sekolah Menengah Atas se-Malang Kota, dan (3) pengaruh iklim organisasi sekolah dan gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kepuasan kerja guru ekonomi di Sekolah Menengah Atas se-Malang Kota.

Penelitian ini dirancang sebagai penelitian eksplanatori. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 60 guru ekonomi. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik proportional random sampling. Data dikumpulkan dengan instrumen berupa kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda (multiple regression).

Hasil penelitian dapat dipaparkan secara singkat sebagai berikut: (1) iklim organisasi sekolah berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan kerja guru ekonomi di Sekolah Menengah Atas se-Malang Kota, (2) gaya kepemimpinan kepala sekolah tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan kerja guru ekonomi di Sekolah Menengah Atas se-Malang Kota, dan (3) iklim organisasi sekolah dan gaya kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan kerja guru ekonomi di Sekolah Menengah Atas se-Malang Kota.

Terkait dengan hasil penelitian ini maka disarankan agar: (1) iklim organisasi sekolah yang dirasakan oleh guru hendaknya dapat lebih menciptakan hubungan antarrekan kerja (sesama guru) maupun personil sekolah (kepala sekolah, tata usaha, dan siswa) yang baik di sekolah seperti dengan diadakannya kegiatan rekreasi dan outbond bersama di sekolah, (2) gaya kepemimpinan kepala sekolah hendaknya dapat diterapkan sesuai dengan kondisi yang ada di sekolah sehingga guru akan merasa puas dalam melaksanakan segala aktivitas pekerjaan yang ada di sekolah, dan (3) iklim organisasi sekolah dan gaya kepemimpinan kepala sekolah hendaknya dapat lebih mendukung terciptanya hubungan yang harmonis antarwarga sekolah, baik itu antara kepala sekolah, guru, siswa, maupun tata usaha.

 

Abstrak:

Keywords: school organizational climate, leadership style of principals, teachers  job satisfaction.

Education has a major role in the development of a nation. With education, one equipped with a range of knowledge, skills and axpertise. Therefore, it is reasonable and appropiate if the field of education is given high priority in our country. One of the context of educational reforms that need to be highlighted is to improve teacher performance in schools is shown bu how teachers can work optimally because of satisfaction in work. In this case, the teacher will feel satisfied in their work if the school as a place of teachers in providing various supplies of knowledge, skills, expertise, and a variety of living arrangements either in the form of norms to the student is able to support the mood or state of calm and comfortable schools that are school organization can create a conducive climate.

In addition to the organizational climate of schools, principals also have an important role in creating job satisfaction of teachers. The school principal is considered as someone who can plan, organize, and supervise the learning process in schools. So in this case the principal leadership style in a friendly, can adapt to the teacher, understanding, sympathy, and trust with the teachers will be able to create a condusive school environment that can make teachers feel compelled his conscience to perform the tasks with the best and the teacher will feel satisfied in their work. Based on the description above, researchers are encouraged to examine more deeply about "The Influence of School Organizational Climate and Principal Leadership Style on Economics Teacher Job Satisfaction in High School as Malang City".

This study aims to describe: (1) the influence of organizational climate on job satisfaction of school economics teacher in High School as Malang City, (2) the effect of principal leadership style on economics teacher job satisfaction in High School as Malang City, and (3) the influence of school organizational climate and leadership style of school principal and economics teacher job satisfaction in High School as Malang City.

This study was designed as an explanatory research. The population in this study were 60 economics teachers. Samples were selected by using proportional random sampling technique. Data collected with the instrument like a questionnaire. The data analysis technique used in multiple regression analysis.

The results can be described briefly as follows: (1) school organizational climate significantly influences job satisfaction economics teacher in High School as Malang city, (2) principals leadership style did not significantly affect the economics teacher job satisfaction in High School as Malang city, and (3) school organizational climate and principal leadership style significantly influences job satisfaction economics teacher at a High School as Malang city.

Related to this research it is recommended that: (1) school organizational climate perceived by the teacher should be able to further create employment relationship (fellow teachers) and school personnel (principals, administrators, and students) who do well in school such as by performing recreational activities and outbound together at school, (2) principal leadership style should be applied in accordance with existing conditions in schools so that teachers will be satisfied in performing all work activities in schools, and (3) school organizational climate and leadership style school principal should be more supportive of the creation of a harmonious communal relations school, whether it is between principals, teachers, students, and administration.