DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Stres Kerja, Motivasi Kerja, dan Komitmen Organisasi Sekolah terhadap Kinerja Guru Ekonomi di Sekolah Menengah Atas Sekota Malang. (Tesis)

Durinda Puspasari

Abstrak


Kualitas pendidikan merupakan suatu proses yang dinamis, karena tuntutan kualitas pendidikan selalu berubah sesuai dengan tuntutan masyarakat dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Salah satu faktor utama yang menentukan kualitas atau mutu pendidikan adalah guru. Guru yang profesional sebelum melakukan pekerjaan akan menciptakan komitmen dan kesepakatan dalam pekerjaan atau tugas yang dilaksanakan. Melalui komitmen yang tinggi, maka guru akan menjadi lebih bertanggung jawab dan berupaya menyelesaikan pekerjaannya dengan baik serta dapat meningkatkan kinerja guru. Kenyamanan guru terhadap lingkungan kerjanya juga memegang peranan penting terhadap penciptaan komitmen dan kinerja guru, di mana dengan adanya lingkungan kerja yang nyaman, maka stres pada pekerjaan akan dapat diminimalisir. Agar dapat menyelesaikan semua pekerjaan yang ada di sekolah dengan baik, guru juga memerlukan adanya motivasi kerja yang tinggi. Dengan demikian diharapkan guru dapat meningkatkan proses pembelajaran di kelas dengan baik, yang tentunya sangat berarti sekali dalam usaha mencapai tujuan sekolah.

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan: (1) pengaruh langsung yang signifikan antara stres kerja terhadap komitmen organisasi sekolah di Sekolah Menengah Atas Sekota Malang, (2) pengaruh langsung yang signifikan antara motivasi kerja terhadap komitmen organisasi sekolah di Sekolah Menengah Atas Sekota Malang, (3) pengaruh langsung yang signifikan antara stres kerja terhadap kinerja guru ekonomi di Sekolah Menengah Atas Sekota Malang, (4) pengaruh langsung yang signifikan antara motivasi kerja terhadap kinerja guru ekonomi di Sekolah Menengah Atas Sekota Malang, (5) pengaruh langsung yang signifikan antara komitmen organisasi sekolah terhadap kinerja guru ekonomi di Sekolah Menengah Atas Sekota Malang, (6) pengaruh secara tidak langsung yang signifikan antara stres kerja terhadap kinerja guru ekonomi melalui komitmen organisasi sekolah di Sekolah Menengah Atas Sekota Malang, dan (7) pengaruh secara tidak langsung yang signifikan antara motivasi kerja terhadap kinerja guru ekonomi melalui komitmen organisasi sekolah di Sekolah Menengah Atas Sekota Malang.

Penelitian ini dirancang sebagai penelitian eksplanatori. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 60 guru ekonomi. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik proportional random sampling. Data dikumpulkan dengan instrumen berupa kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis jalur (path analysis).

Hasil penelitian dapat dipaparkan secara singkat sebagai berikut: (1) stres kerja tidak memiliki pengaruh langsung yang signifikan terhadap komitmen organisasi sekolah di Sekolah Menengah Atas Sekota Malang, (2) motivasi kerja memiliki pengaruh langsung yang signifikan terhadap komitmen organisasi sekolah di Sekolah Menengah Atas Sekota Malang, (3) stres kerja tidak memiliki pengaruh langsung yang signifikan terhadap kinerja guru ekonomi di Sekolah Menengah Atas Sekota Malang, (4) motivasi kerja memiliki pengaruh langsung yang signifikan terhadap kinerja guru ekonomi di Sekolah Menengah Atas Sekota Malang, (5) komitmen organisasi sekolah tidak memiliki pengaruh langsung yang signifikan terhadap kinerja guru ekonomi di Sekolah Menengah Atas Sekota Malang, (6) stres kerja secara tidak langsung tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja guru ekonomi melalui komitmen organisasi sekolah di Sekolah Menengah Atas Sekota Malang, dan (7) motivasi kerja secara tidak langsung tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja guru ekonomi melalui komitmen organisasi sekolah di Sekolah Menengah Atas Sekota Malang.

Terkait dengan hasil penelitian ini maka disarankan agar tingkat stres kerja dapat diatasi oleh guru melalui olahraga, santai, banyak humor, maupun meditasi. Sedangkan dari pihak sekolah dapat mengatasi stres melalui penetapan tujuan yang realistis, perbaikan komunikasi, dan program peningkatan kesejahteraan bagi guru, serta guru dapat lebih meningkatkan motivasi kerjanya dengan melibatkan pihak sekolah untuk memberikan penghargaan atas usaha dan prestasi guru.

 

Abstract:

Keywords: job stress, work motivation, organizational commitment of school, teacher performance.

Quality education is a dynamic process, because the even changing demands of quality education in accordance with the demands of society and developments in science and technology. One of the main factors that determine the quality or the quality of education is the teacher. Teacher professional before doing the work will create the commitment and agreement on the job or task performed. Through high commitment, then the teacher will become more responsible and attempt to settle his job well and can improve teacher performance. Leisure teachers towards the work environment also plays an important role towards the creation of commitment and performance of teachers, where the existence of a comfortable working environment, then the stress on the job will be minimized. To be able complete all work in shools with good teachers also need high employee motivation. The hope teachers can improve classroom learning process well, which is certainly very meaningful at all in an effort to achieve school goals.

This study aims to describe: (1) a significant direct influence of work stress to organizational commitment schools in High School as Malang City, (2) a significant direct influence between work motivation on organizational commitment schools in High School as Malang City, (3) a significant direct influence of work stress on the performance of economic teachers in High School as Malang City, (4) a significant direct influence on the performance of work motivation economics teacher in High School as Malang City, (5) a significant direct influence between organizational commitment school economics teacher performance in High School as Malang City, (6) the influence of indirect effects between work stress on the performance of economic teachers through the organizational commitment schools in High School as Malang City, and (7) the influence of indirect effects between work motivation on the performance of economic teachers through the organizational commitment schools in High School as Malang City.

The study was designed as an explanatory research. The population in this study were 60 economics teachers. Samples were selescted by using proportional random sampling technique. Data collected with the instrument like a questionnaire. The data analysis technique used was path analysis.

The results can be described briefly as follows: (1) job stress have no significant direct influence on organizational commitment schools in High School as Malang City, (2) work motivation has a significant direct influence on organizational commitment schools in High School as Malang City, (3) work stress have no significant direct influence on the performance of economics teacher in High School as Malang City, (4) work motivation has a significant direct influence on the performance of economics teacher in High School as Malang City, (5) organizational commitment schools have no significant direct influence on the performance of economics teacher in High School as Malang City, (6) indirectly work stress have no significant influence on the performance of economic teachers through the organizational commitment schools in High School as Malang City, and (7) indirectly work motivation have no significant influence on the performance of economic teachers through the organizational commitment schools in High School as Malang City

 Related to this research it is recommended that the level of work stress can be addressed by teachers through sports, casual, lots of humor, and meditation. While the school can cope with stress through realistic goal setting, improved communication, and increase welfare programs for teachers, and teachers can further increase the motivation of his work with the involvement of the school to reward the efforts and achievements of teachers.