DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Pembelajaran Inquiry-Discovery Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Berdasarkan Kemampuan Pemecahan Masalah

Rosdiana, Silvi Rosiva.

Abstrak


ABSTRAK

Rosdiana, Silvi Rosiva. 2016. Pengaruh Pembelajaran Inquiry-Discovery Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Berdasarkan Kemampuan Pemecahan Masalah. Tesis. Pascasarjana. Universitas Negeri Malang.

Pembimbing:

(1) Dr. Sentot Kusairi, S. Pd, M.Si,

(2) Prof. Dr. Sutopo, M.Si.

 

Kata Kunci: Pembelajaran Inquiry-Discovery, Kemampuan Berpikir Kritis, Kemampuan Pemecahan Masalah

Fisika merupakan mata pelajaran yang mengintegrasikan konsep fisis dan matematis berdasarkan fenomena fisis yang membutuhkan kemampuan berpikir tingkat tinggi dalam mempelajari konsep-konsep di dalamnya. Pengintegrasian konsep fisis dan matematis dalam pembelajaran fisika memunculkan kesulitan tersendiri bagi siswa di sekolah untuk belajar fisika. Kurangnya kemampuan siswa dalam menyimpulkan salah satu materi fluida statis menjadi salah satu contoh bahwa siswa mengalami kesulitan dalam mempelajari konsep. Adapun beberapa kemampuan yang sebaiknya dikuasai oleh siswa pada abad ini untuk mengurangi kesulitan tersebut di antaranya adalah dengan meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis (KBK) dan kemampuan pemecahan masalah. Berkembangnya kemampuan berpikir kritis didukung oleh model pembelajaran yang sesuai dengan topik yang diajarkan. Pembelajaran inquiry-discovery merupakan model pembelajaran yang dirancang untuk membantu siswa dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dengan rincian kegiatan penyelidikan hingga penemuan konsep. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh pembelajaran inquiry-discovery terhadap kemampuan berpikir kritis siswa berdasarkan tinggi dan rendahnya kemampuan pemecahan masalah yang dimiliki.

Metode penelitian yang digunakan adalah quasi-experiment dengan desain two factorial. Penelitian mengambil sampel penelitian dengan cara teknik cluster random sampling dari populasi siswa kelas XI IPA SMAN 5 Malang. Sampel yang digunakan berjumlah 92 orang siswa yang terbagi dalam kelompok eksperimen dan kontrol. Masing-masing kelompok terbagi menjadi dua kategori, yaitu siswa dengan kemampuan pemecahan masalah rendah dan siswa dengan pemecahan masalah tinggi. Instrumen tes kemampuan berpikir kritis digunakan dalam penelitian ini untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa pada masing-masing kelompok. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Anava Dua Jalur.

Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu, kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran inquiry-discovery lebih tinggi daripada kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran konvensional; kemampuan berpikir kritis siswa yang memiliki kemampuan pemecahan masalah tinggi pada pembelajaran inquiry-discovery lebih tinggi daripada kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran konvensional; kemampuan berpikir kritis siswa yang memiliki kemampuan pemecahan masalah rendah pada pembelajaran inquiry-discovery lebih tinggi daripada kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran konvensional; dan tidak terdapat interaksi antara pembelajaran inquiry-discovery dengan kemampuan pemecahan masalah tinggi dan rendah terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Salah satu saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini adalah penelitian lain dengan model pembelajaran dan variabel terikat yang sama dapat dilakukan terhadap materi lain yang sesuai agar dapat diketahui efektivitasnya pada materi-materi fisika lainnya.

ABSTRACT

Rosdiana, Silvi Rosiva. 2016. The Effect of Inquiry-Discovery Learning on Critical Thinking Skills Based on The Problem Solving Skills. Thesis. Postgraduate. Universitas Negeri Malang.

Mentor :

(1) Dr. Sentot Kusairi, S.Pd, M.Si,

(2) Prof. Dr. Sutopo, M.Si.

 

Key Words: Inquiry-Discovery Learning, Critical Thinking Skills, Problem-Solving Skills

Physics is a subject that integrates the physical and mathematical concepts based on physical phenomena that require a High Order Thinking Skills (HOTS) in learning the inner concepts. Integration of physics and mathematics concepts in physics learning raises its own difficulties for students in schools to learn physics subject. The lack of students ability to conclude one of static fluid concept is an example that students experience difficulties in learning concepts. As for some of the abilities that should be mastered by students in this century to reduce their difficulties is by improving their Critical Thinking Skills (CTS) and problem solving skills. The development of CTS is supported by learning in accordance with the topic being taught. Inquiry-Discovery learning is designed to help the improvement students’ CTS with detailed investigative activities to concept discovery. This study aims to look at the effect of Inquiry-Discovery learning on students’ CTS based on the high and low students’ problem solving skills.

The method used in this study was quasi-experimental with two factorial design. This study took a sample of study by means of cluster random sampling techniques from 11th IPA grade in SMAN 5 Malang. The sample used amounted to 92 students divided into experimental and control groups. Each group is divided into two categories, namely students with low problem solving skills and students with high problem solving skills. The instrument of CTS test was used in this study to measure students’ CTS in each group. The data analysis technique used in this study is Two-way ANOVA (Analysis Of Variance).

 

The results of this study was students’ CTS in Inquiry-Discovery learning is higher than students’ CTS in conventional learning; students’ CTS who have the high problem solving skills in Inquiry-Discovery learning is higher than students’ CTS in conventional learning; students’ CTS who have the low problem solving skills in Inquiry-Discovery learning is higher than students’ CTS in conventional learning; and there is no interaction between Inquiry-Discovery learning and low-high students’ problem solving skills on students’ CTS. One suggestion that can be given in this study is another study with the same learning model and variable can be done on other suitable topic or material so that it can be known its effectiveness in other physics topics.