DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Strategi Eksperiential Learning terhadap Penguasaan Konsep dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Fluida Statis di SMA Negeri 1 Nunukan

Periyanti, Reni.

Abstrak


RINGKASAN

Periyanti, Reni. 2019. Pengaruh Strategi Eksperiential Learning terhadap Penguasaan Konsep dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Fluida Statis di SMA Negeri 1 Nunukan. Tesis. Program Magister Pendidikan Fisika. Universitas Negeri Malang.

Pembimbing:

(I).Dr. Lia Yuliati, M.Pd,

(II) Dr. Ahmad Taufiq, M.Si.

 

Kata kunci : Penguasaan Konsep, Kemampuan Berpikir Kritis, Strategi Experiential Learning, Fluida Statis.

Penguasaan konsep merupakan kemampuan siswa untuk memaknai suatu konsep dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Dalam pembelajaran fisika akan sangat penting jika siswa memiliki kemampuan dalam menguasai konsep terutama pada materi fluida statis. Selain itu, siswa juga harus memiliki kemampuan berpikir kritis agar dapat berpikir lebih logis dalam menyelesaikan masalah pada materi fluida statis. Penguasaan konsep dan kemampuan berpikir kritis siswa dapat berkembang apabila siswa mendapatkan pengalaman belajar secara langsung melalui kegiatan yang konkrit. Oleh karena itu, strategi experiential learning sangat tepat dalam mengembangkan penguasaan konsep dan kemampuan berpikir kritis siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengeksplorasi penguasaan konsep dan kemampuan berpikir kritis siswa melalui strategi experiental learning pada materi fluida statis.

Penelitian ini melalui metode mixed method model embedded experimental design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA 2 SMAN 1 Nunukan Kalimantan Utara. Instrumen perlakuan dan pengukuran menggunakan silabus, RPP, LKS, tes penguasaan konsep, tes kemampuan berpikir kritis, lembar observasi dan panduan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis penguasaan konsep dan kemampuan berpikir kritis yang dicoding, teknik analisis n-gain dan teknik analisis effect size.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran melalui strategi experiential learning dapat membuat penguasaan konsep siswa menjadi lebih baik pada materi fluida statis. Hal tersebut terjadi karena banyaknya siswa yang tergolong dalam kategori mengerti konsep sebagian dan mengerti konsep seluruhnya setelah pembelajaran. Peningkatan penguasaaan konsep siswa tergolong dalam kategori tinggi ditunjukkan oleh nilai N-gain sebesar 0,73. Adapun strategi experiential learning sangat berdampak bagi perkembangan penguasaan konsep siswa yang ditunjukkan oleh nilai effect size sebesar 3,31 tergolong sangat tinggi. Selain itu hasil penelitian juga menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa. Hal tersebut terjadi karena sebagian besar siswa tergolong dalam kategori memenuhi standar dan memenuhi standar maksmum berpikir kritis setelah pembelajaran menggunakan strategi experiential learning. Peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada analisis n-gain sebesar 0,73 tergolong tinggi. Strategi experiential learning sangat berdampak pada kemampuan berpikir kritis siswa yang ditunjukkan pada nilai effect size sebesar 3,31.

 

SUMMARY

Periyanti, Reni. 2019. The Influence of Experiential Learning Strategies on Concepts Acquisition and Critical Thinking Skill Student in Static Fluid at Senior High School 1 Nunukan. Thesis, Physics Education Study Program, Graduate School of Universitas Negeri Malang.

Advisors:

(I).Dr. Lia Yuliati, M.Pd,

(II) Dr. Ahmad Taufiq, M.Si.

 

Keywords: Concepts Acquisition, Critical Thinking Skill, Experiential Learning Strategies, Static Fluid.

Concepts acquisition the skill or ability of students to interpret a concept and apply it in daily life. In physics learning, students are required to have the ability to acquisition concepts, especially in static fluid material. In addition, students must also have the ability to think critically. This ability to help students think logically in solving problems in static fluid material. Concepts acquisition and students' critical thinking skills can develop well if students get direct learning experience through concrete activities. Therefore, the experiential learning strategy is very appropriate in developing students' concepts acquisition and critical thinking skills. The purpose of this study is to explore concepts acquisition and students' critical thinking skills through experiential learning strategies in static fluid material.

This type of research has mixed method with embedded experimental design. The subjects of this study were students of class XI MIA 2 of SMAN 1 Nunukan, North Kalimantan. The treatment instrument and data collection used syllabus, Lesson plan, student worksheet, concepts acquisition test, critical thinking ability test, observation sheet and interview guide. Data analysis techniques used are coding, n-gain analysis techniques and effect size analysis techniques.

 

The results showed that learning through experiential learning strategies can improve concepts acquisition. The N-Gain results of 0.73 which indicate an increase in the concepts acquisition are classified as high. The effect size value is 3.31 from the application of the very high experiential learning strategy. In addition, the results of the study also showed an increase in students' critical thinking skills. The Increase of students' critical thinking is happened because most students belong to the standard and maximum standard categories of critical thinking after learning using experiential learning strategies. The N-gain results of 0.73 which indicate an increase in the critical thinking skills. The experiential learning strategy also has an impact on students' critical thinking skills as indicated by the effect size value of 3.31.