DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pemanfaatan Syair Karungut Dayak Ngaju sebagai Media Menulis Cerpen untuk Siswa SMP

Mingvianita, Yulina.

Abstrak


RINGKASAN

Mingvianita, Yulina. 2019. Pemanfaatan Syair Karungut Dayak Ngaju sebagai Media Menulis Cerpen untuk Siswa SMP. Tesis, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Pembimbing:

(I).Dr. Endah Tri Priyatni, M.Pd., dan

(II) Dr. Nita Widiati, M.Pd.

 

Kata Kunci: syair karungut Dayak Ngaju, pemanfaatan media, menulis cerpen

Pemanfaatan syair karungut Dayak Ngaju sebagai media menulis cerpen untuk siswa SMP menghasilkan produk media pembelajaran berbentuk softfile. Media pembelajaran yang dikembangkan untuk memudahkan siswa menulis cerpen. Media pembelajaran ini memanfaatkan hasil kearifan lokal budaya Kalimantan Tengah syair karungut Dayak Ngaju yang mengeksploitasikan nilai-nilai budaya, etika, moral, terkandung dalam isi dan makna syair sebagai pembentuk karakter dalam kehidupan sehari-hari siswa melalui menulis cerpen.

Tujuan penelitian pengembangan ini adalah

(1) menghasilkan produk media pembelajaran yang berisi tujuh menu (beranda, petunjuk, tujuan, materi, galeri, pemodelan, dan latihan) yang diimplementasikan menggunakan komputer,

(2) menguji keefektifan produk.

Penelitian pengembangan ini menggunakan model Research & Development  yang diturunkan dari Borg and Gall dari sepuluh langkah, diadaptasi menjadi tujuh langkah, yakni

(1) analisis kebutuhan,

(2) perencanaan,

(3) desain produk,

(4) validasi desain,

(5) uji coba produk,

(6) revisi produk, dan

(7) penyempurnaan produk akhir. Langkah analisis kebutuhan dilakukan wawancara dan studi pustaka, perencanaan penentuan indikator sampai penyusunan dan pengemasan media, desain produk, uji validasi dan revisi, uji coba produk di lapangan, revisi produk, dan penyempurnaan produk akhir. Subjek uji coba produk adalah tim uji validasi ahli media pembelajaran, ahli pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia yaitu dosen di bidang ahli, uji praktisi yaitu guru mata pelajaran bahasa Indonesia, dan uji lapangan yaitu siswa kelas IX-6 SMP Negeri 8 Palangka Raya.

Data yang dikumpulkan pada penelitian pengembangan ini data kualitatif berupa data verbal yang diperoleh dari pengumpulan data penelitian wawancara dengan tokoh adat dan guru di sekolah, studi pustaka antalogi syair karungut Dayak Ngaju. Data verbal dari pengembangan diperoleh dari hasil saran dan masukkan tim validasi untuk perbaikan dan kelayakan produk yang dikembangkan. Data kuantitatif berupa angka pada pengembangan diperoleh dari hasil skor angket instrumen validasi yang diuji dari segi tampilan, isi, dan bahasa pada media yang dilihat dari bentuk persentase simpulan hasil validasi kelayakan untuk diimplementasi. Data kuantitatif juga diperoleh dari hasil uji keefektifan yang dilakukan dengan uji praeksperimen one group pretes-postes dengan melihat hasil perbandingan adanya pengaruh produk yang dikembangkan.

Hasil penelitian pengembangan pemanfaatan syair karungut sebagai media menulis cerpen dilihat dari hasil data verbal yang dipaparkan deskripsi produk awal media dari segi tampilan, isi, dan bahasa berdasarkan masukkan dan saran dari uji validasi tim ahli, praktisi, dan uji lapangan dari ukuran font, warna latar, gambar, isi materi, langkah-langkah pemodelan, bentuk latihan, dan penggunaan bahasa yang interaktif sesuai dengan pemahaman siswa SMP yang menjadi acuan perbaikan media dengan melakukan revisi dan penyempurnaan produk.

Hasil data berupa angka dilihat dari jumlah skor yang dipersentasekan penilaian uji validasi ahli, praktisi, dan uji lapangan dari segi tampilan diperoleh sebesar 85% ahli media, 97,5% ahli pembelajaran, dan 95,4% ahli praktisi. Segi isi media diperoleh sebesar 83,3% ahli media, 100% ahli pembelajaran, dan 94% dari ahli praktisi. Segi bahasa media diperoleh persentase sebesar 80% dari ahli media, 95% ahli pembelajaran, dan 95% ahli praktisi. Hasil penilaian dari 21 siswa sebagai uji lapangan diperoleh sebesar 84,2%. Berdasarkan hasil persentase angka kriteria validasi layak untuk diimplementasikan. Hasil uji keefektifan produk yang dilakukan dengan praeksperimen dilihat dari uji normalitas yang dihitung menggunakan SPPS V 16 diperoleh sebesar 0,21 dan 267>0,05 untuk signifikansinya yang berarti data terdistribusi normal. Uji beda yang dilakukan untuk melihat pengaruh media sebelum dan sesudah diimplementasikan diperoleh dari hasil nilai karya siswa pada pretes dan postes sebesar 0,00