DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Strategi Pembelajaran Reading Questioning and Answering (RQA) pada Perkuliahan Fisiologi Hewan terhadap Kesadaran Metakognitif, Keterampilan Metakognitif dan Hasil Belajar Kognitif Mhs. Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Makassar. (Tesis)

Arsad Bahri

Abstrak


Strategi perkuliahan di Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Makassar masih didominasi oleh strategi pembelajaran konvensional yang belum mampu mengoptimalkan hasil belajar mahasiswa dan belum mengupayakan untuk memberdayakan kemampuan metakognitif mahasiswa. Hal ini berdampak terhadap kemampuan kognitif mahasiswa cenderung rendah karena mahasiswa belum terlatih menjadi pebelajar yang mandiri. Oleh karena itu diperlukan suatu strategi pembelajaran yang memberdayakan kemampuan berpikir mahasiswa yang berimplikasi pada peningkatan hasil belajarnya. Strategi pembelajaran RQA sebagai suatu strategi konstruktivistik yang baru dikembangkan dan belum ada penelitian yang mengkaji potensi strategi pembelajaran RQA secara terukur.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran, kemampuan akademik, dan interaksi strategi pembelajaran dengan kemampuan akademik terhadap kesadaran metakognitif, keterampilan metakognitif, dan hasil belajar kognitif mahasiswa Jurusan Biologi FMIPA UNM pada mata kuliah Fisiologi Hewan, serta tanggapan mahasiswa terhadap penerapan strategi pembelajaran RQA pada mata kuliah Fisiologi Hewan.

Penelitian ini adalah quasi eksperimen, yaitu dua sampel diberi perlakuan strategi pembelajaran berbeda dengan mempertimbangkan kemampuan akademik awal lalu dilihat pengaruhnya terhadap kesadaran dan keterampilan metakognitf serta hasil belajar kognitif mahasiswa. Desain yang digunakan adalah Pretest-postest Nonequivalent Control Group Design. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket MAI, tes uraian untuk mengukur keterampilan metakognitif (menggunakan rubrik) dan hasil belajar kognitif mahasiswa, serta angket tanggapan mahasiswa terhadap proses perkuliahan. Data dianalisis secara deskriptif dan inferensial (statistik Anacova dengan bantuan program SPSS 13,0 for Windows, dilakukan dengan taraf signifikansi 5%).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh strategi pembelajaran terhadap kesadaran metakognitif, keterampilan metakognitif dan hasil belajar kognitif mahasiswa. Ada perbedaan signifikan antara kesadaran metakognitif mahasiswa yang diajar dengan multistrategi 4,89% lebih tinggi dibandingkan dengan RQA. Perbedaan signifikan juga terlihat antara skor keterampilan metakognitif dan hasil belajar kognitif mahasiswa yang diajar dengan RQA masing-masing 22,77% dan 12,57% lebih tinggi dibandingkan dengan multistrategi; (2) tidak ada pengaruh kemampuan akademik terhadap kesadaran metakognitif, tetapi berpengaruh terhadap keterampilan metakognitif dan hasil belajar kognitif mahasiswa. Ada perbedaan signifikan antara keterampilan metakognitif dan hasil belajar kognitif mahasiswa berkemampuan akademik tinggi masing-masing 30,82% dan 18,01% lebih tinggi dibandingkan dengan mahasiswa berkemampuan akademik rendah. (3) tidak ada pengaruh interaksi antara strategi pembelajaran dengan kemampuan akademik terhadap kesadaran metakognitif, tetapi berpengaruh terhadap keterampilan metakognitif dan hasil belajar kognitif mahasiswa. Perbedaan signifikan terlihat pada skor keterampilan metakognitif pada kombinasi RQA dan kemampuan akademik rendah 14,85% lebih tinggi daripada kombinasi mutistrategi dan kemampuan akademik rendah, kombinasi multistrategi dan kemampuan akademik tinggi 10,48% lebih tinggi daripada kombinasi RQA dan kemampuan akademik rendah, dan kombinasi RQA dan kemampuan akademik tinggi 27,85% lebih tinggi dari pada kombinasi multistrategi dan kemampuan akademik tinggi. Perbedaan signifikan juga terlihat pada skor hasil belajar kognitif pada kombinasi RQA dan kemampuan akademik rendah 23,13% lebih tinggi dari pada kombinasi multistrategi dan kemampuan akademik rendah, dan kombinasi RQA dan kemampuan akademik tinggi 8,65% lebih tinggi dari pada kombinasi RQA dan kemampuan akademik rendah; (4) Hasil pengukuran kesadaran metakognitif dengan menggunakan angket MAI memperlihatkan penurunan skor dari pretes ke postes yang mengindikasikan bahwa angket MAI tidak mampu merekam dengan baik kesadaran metakognitif mahasiswa; dan (5) tanggapan mahasiswa terhadap perkuliahan yaitu: perkuliahan Fisiologi Hewan terasa lebih menyenangkan, tidak membosankan, mampu meningkatkan kemampuan berpikir, membuat mahasiswa mampu mengatur dan mengevaluasi cara belajarnya dan mampu menyadarkan mahasiswa untuk belajar lebih baik.

Berdasarkan hasil penelitian, disarankan agar pengajar menerapkan strategi pembelajaran yang menekankan pada perkembangan kognitif dan aspek metakognitif untuk membentuk mahasiswa menjadi pebelajar yang mandiri, mengimplementasikan strategi pembelajaran RQA pada perkuliahan yang lain, mempertimbangkan aspek kemampuan akademik dalam pemilihan strategi agar dapat memberdayakan mahasiswa berkemampuan akademik tinggi dan akademik rendah, dan sebaiknya memanfaatkan achievement test dengan menggunakan rubrik untuk mengukur keterampilan metakognitif mahasiswa, serta perlu dilakukan penelitian tentang potensi strategi RQA lainnya.

Abstract:

Keywords: RQA, Metacognitive, Cognitive Achievement.

The learning strategy in Biology Department, Math and Science Faculty, the State University of Macassar is still dominated by the conventional learning strategy with has not been able to optimize student achievement yet, and it has not taken the efficience of student metacognitive ability. It affects the cognitive ability of student which tend to be low because the students have not been skilled yet to be self regulated learner. Therefore it needs a learning strategy which can explore the student thinking ability that implicate to the improvement of student achievement. The learning strategy of RQA as one of constructivistic strategy which still improve and there have not a standard research yet studying about the potent of RQA learning strategy.

This research aim at finding out the effect of learning strategy, academic ability, and the interaction of learning strategy with academic ability toward metacognitive awareness, skill and cognitive achievement of the students in Biology Department, Math and Science Faculty, the State University of Makassar on the lecture of animal physiology, and the students responses toward the implementation of RQA learning strategy on the lecture of animal physiology.

This research is an experimental quasi research which required two samples giving a different learning strategy by comparing the academic ability then check the effect on the metacognitive awareness skill and the cognitive achievement of the students. The research design is pretest-posttest nonequivalent control group design. The data is collected by using MAI questioner, essay test to measure metacognitive skill (using rubric) and the cognitive achievement of the students, and the response questioner to the learning procces. Collected data were analized using descriptive and inferential method (Anacova statistic using SPSS program 13.0 for windows, done in the significant degree of 5%).

The research result shows: (1) There is an effect of learning strategy toward the metacognitive awareness and skill, and the cognitive achievement of the students. There is a significant difference between metacognitive awareness of students thought using multi-strategy 4.89% higher than RQA. The significant different is also shown between metacognitive skill score and the cognitive achievement of the students thought using RQA 22.77% and 12.57% higher than multi-strategy; (2) There is not an effect of academic ability on the metacognitive awareness, but it has an effect on metacognitive skill and cognitive achievement of the students. There is a significant difference between metacognitive skill and cognitive achievement of the students who have a high academic ability, 30.81% and 18.01% higher than the low academic ability students; (3) There is not an effect of interaction between learning strategy and academic ability toward metacognitive awareness. But it has an effect to the metacognitive skill and cognitive achievement of the students. The significant difference is shown on the metacognitive skill score on the combination of RQA and low academic ability, 14,85% higher than combination of RQA and low academic ability, the combination of multi-strategy and high academic ability 10,48% higher than combination of RQA and low academic ability, and the combination of RQA with high academic ability 27,85% higher than the combination of multi-strategy and high academic ability. The significant difference is also seen on the cognitive score in the combination of RQA and low academic ability 23,13% higher than the combination of multi-strategy and high academic ability 8,65% higher than the combination of RQA and low academic ability; (4) The result of metacognitive awareness measurement using MAI questioner, shows the decrease of the score from pre-test to post-test indicate that MAI questioner can't record the metacognitive awareness of the students. And (5) the responses of the students to learning process: the lecture of animal physiology would be more interested, not boring, and it can develop the thinking ability, and it can help the students to regulated and evaluate their way of learning and it can support them to learn better.

Based on the research result, it is suggested to the educator or teacher to apply learning strategy that emphasize on the cognitive development and metacognitive aspect to promote the self regulated learners. Implementing learning strategy of RQA in other lecture, considering academic ability aspect in the election of strategy to explore the high and low academic ability of the students and it is better if the educator uses achievement test by using a rubric to measure the metacognitive skill of the students and it is better if the educator uses achievement test by using a rubric to measure the metacognitive skill off the students, And it needs to conduct a research about the other benefit of RQA.