DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Strategi REACT untuk Membangun Pemahaman Trigonometri pada Siswa Kelas X SMAN 1 Malang. (Tesis)

Abdul Jabar

Abstrak


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya masalah yang dihadapi siswa SMA Negeri 1 Malang, yaitu masih ada siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami perbandingan trigonometri. Dari hasil diskusi, peneliti menemukan bahwa pembelajaran kurang memberikan kesempatan pada siswa untuk menemukan sendiri konsep perbandingan trigonometri. Masih juga dijumpai siswa yang kesulitan dalam menyelesaikan persoalan sehari-hari yang memuat model perbandingan trigonometri. Oleh karena itu diperlukan usaha yang serius dalam membangun pemahaman siswa terhadap konsep perbandingan trigonometri. Usaha yang dapat dilakukan peneliti untuk menyelesaikan persoalan ini adalah dengan menerapkan pembelajaran kontekstual melalui strategi REACT. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan strategi REACT yang dapat membangun pemahaman siswa terhadap konsep perbandingan trigonometri.

Penelitian ini adalah penelitian dengan jenis penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan di Kelas X SMA Negeri 1 Malang. Subjek wawancara adalah 5 siswa yang terdiri dari 1 siswa berkemampuan tinggi, 2 siswa berkemampuan sedang, dan 2 siswa berkemampuan rendah. Pemilihan subjek wawancara didasarkan skor tes dan saran guru matematika yang mengetahui latar belakang siswa yang bersangkutan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan strategi REACT dapat membangun pemahaman siswa kelas X SMA Negeri 1 Malang terhadap materi perbandingan trigonometri. Siswa dikelompokkan dalam sembilan kelompok belajar yang heterogen. Peneliti menjelaskan tugas dan tanggung jawab anggota kelompok. Setelah itu peneliti menyampaikan indikator pembelajaran dan memotivasi siswa serta membangkitkan pengetahuan prasyarat siswa. Siswa bekerja sama dalam kelompok-kelompok kecil untuk menemukan dan menggunakan perbandingan trigonometri, menyelesaikan masalah yang ada dalam LKS, menyiapkan laporan, dan menyajikan laporan hasil kerja kelompok. Peran guru adalah sebagai mediator dan fasilitator sehingga memungkinkan siswa menggunakan kelima strategi yang ada dalam strategi REACT. Di akhir pembelajaran guru juga meminta siswa untuk membuat kesimpulan dari apa yang telah dipelajari mengenai perbandingan trigonometri. Untuk mengetahui pemahaman siswa secara lebih mendalam dilakukan tes akhir tindakan dan wawancara.

Guru matematika SMAN 1 Malang yang menerapkan pembelajaran perbandingan trigonometri dengan strategi REACT disarankan untuk merancang perangkat pembelajaran yang memuat semua komponen yang terdapat dalam strategi REACT, menggunakan media pembelajaran atau alat peraga serta LKS yang memungkinkan siswa menggunakan kelima komponen REACT dalam proses belajar mereka sehingga membantu dan memudahkan siswa dalam memahami materi yang akan dipelajarinya. Guru juga harus bisa memotivasi siswa yang pasif atau kurang berani mengemukakan pendapatnya saat ditanya, dan juga harus melakukan tindakan apabila terjadi hal-hal yang dapat mengganggu proses pembelajaran.

Abstract:

Keywords: REACT Strategy, Trigonometry.

This research is motivated by the problems faced by students SMAN 1 Malang, there are still students who experience difficulty in understanding the comparison of trigonometry. From the discussions, researchers found that learning about providing the opportunity for students to discover their own comparative concepts of trigonometry. There are also students who found difficulty in solving everyday problems containing trigonometric ratio model. Therefore, serious efforts are needed in building students' understanding of the concept of trigonometric ratio. Research effort that could be done to solve this problem is to adopt a contextual learning through REACT strategy. This study aims to describe the application of REACT strategy that can build students' understanding of the concept of trigonometric ratio.

This research is a classroom action research. This research was conducted in Class X SMA Negeri 1 Malang. The subject of the interview is composed of five students a highly capable students, two students with moderate and two low ability students. The selection interview subjects based test scores and teacher recommendations mathematics students who know the relevant background.

Results showed that learning with the REACT strategy can build students' understanding of class X SMA Negeri 1 Malang on comparative material trigonometry. Students are grouped into nine study groups are heterogeneous. Researchers explain the duties and responsibilities of group members. After that, the researchers delivered an indicator of learning and motivate students and arouse students' prerequisite knowledge. Students work together in small groups to find and use the comparison of trigonometry, solve existing problems in the worksheet, prepare reports, and presents the results of the working group reports. Teacher's role is as mediator and facilitator to enable the students to use the five strategies that exist in the REACT strategy. At the end of the lesson the teacher also asks students to draw a conclusion from what has been learned about the comparison of trigonometry. To find out more in-depth understanding of students performed the final test and interview measures.

SMAN 1 Malang mathematics teachers who apply learning trigonometry comparison with the REACT strategy is suggested to design a learning device that contains all the components contained in the REACT strategy, using the medium of learning or teaching aids and worksheets that allow students to use the fifth component of REACT in their learning process so that the help and facilitate students in understanding the material to be learned. Teachers also must be able to motivate students who are passive or less daring their opinions when asked, and must also take action in case of things that can disrupt the learning process.