DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Bahan Ajar Idiom Bahasa Korea Berbasis Analisis Kontrastif bagi Pelajar Indonesia Tingkat Dasar

Park, Jung Uk.

Abstrak


ABSTRAK

Park, Jung Uk. 2019. Pengembangan Bahan Ajar Idiom Bahasa Korea Berbasis Analisis Kontrastif bagi Pelajar Indonesia Tingkat Dasar. Tesis, Program Studi Keguruan Bahasa, Pascasarjana Universitas Negeri Malang, Pembimbing:

(1) Dr. Furaidah,. M.A.,

(2) Dr. H. Gunadi Harry Sulistyo,. M.A.

 

Kata Kunci: bahasa Korea, bahan ajar, idiom, analisis kontrastif, pelajar tingkat dasar, keterampilan komunikatif

Bahan ajar idiom bahasa Korea di sini dikembangkan dengan tujuan untuk meningkatkan keterampilan komunikasi pelajar bahasa Korea tingkat dasar melalui penggunaan idiom, serta untuk pelajar memahami budaya Korea secara lebih dalam. Idiom perlu diajarkan mulai dari tahap awal pembelajaran bahasa Korea meskipun idiom memiliki tingkat kesulitan yang tinggi, karena idiom banyak dipakai dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian dan pengembangan ini didasarkan pada analisis kontrastif yang membandingkan bentuk dan arti idiom bahasa Korea dan bahasa Indonesia. Dengan demikian, pelajar tingkat dasar akan dapat mengerti arti dari idiom tersebut secara alami dan lebih mudah.

Penelitian dan pengembangan ini dilakukan dengan memodifikasi model Borg & Gall menjadi tujuh langkah sesuai kondisi lapangan serta kebutuhan penelitian dan pengembangan itu sendiri, yaitu penelitian dan pengumpulan informasi, perencanaan, pengembangan format produk awal, uji coba ahli, revisi produk, uji coba kelompok kecil, dan produk akhir.

Produk yang dihasilkan dalam penelitian dan pengembangan ini berbentuk bahan ajar cetak berupa buku. Bahan ajar ini terdiri dari sepuluh bab sesuai idiom yang telah dilakukan analisis kontrastif dengan idiom dalam bahasa Indonesia.  Idiom yang digunakan pada setiap bab dalam bahan ajar ini meliputi: 배가아프다 (perutnya sakit), 입이무겁다 (mulutnya berat), 눈이높다 (matanya tinggi), 귀가얇다 (telinganya tipis), 마음에들다 (masuk ke hati), 얼굴이두껍다 (mukanya tebal), 손이크다 (tangannya besar), 발이넓다 (kakinya lebar), 어깨가무겁다 (bahunya berat), dan idiom berkaitan dengan tangan.

Bahan ajar yang telah dikembangkan kemudian diujikan melalui tiga tahap yaitu, uji coba ahli materi bahasa Korea, uji coba ahli media bahan ajar, dan uji lapangan kepada pelajar kelompok kecil. Pertama, penyajian data dalam penelitian dan pengembangan ini dibagi menjadi tiga kriteria penilaian oleh ahli materi bahasa Korea, yaitu kelayakan isi, kelayakan penyajian, dan kelayakan bahasa bahan ajar. Hasil kelayakan produk oleh ahli materi bahasa Korea sebesar 92% dari total 100%. Kedua, kriteria penilaian oleh ahli media menilai dua aspek kelayakan, yaitu desain cover dan desain isi bahan ajar. Hasil kelayakan produk oleh kedua ahli media sebesar 90% dan 96,6% dari total 100%. Uji coba lapangan kelompok kecil dilakukan pada pelajar setelah mereka menggunakan bahan ajar idiom bahasa Korea ini. Terdapat 13 pelajar bahasa Korea di Kursus Bahasa Asing Universitas Muhammadiyah Malang menilai dua kriteria kelayakan, yaitu isi dan tampilan. Hasil kelayakan isi mendapat penilaian positif sebesar 92,9%, dan kelayakan tampilan mendapat penilaian positif sebesar 92,8%. Secara keseluruhan, kelayakan isi dan tampilan bahan ajar yang diperoleh dari pelajar mendapatkan persentase 92,9%. Selain itu, persentase rata-rata pada masing-masing pelajar juga mencapai lebih dari 75%. Penilaian ini menunjukkan bahwa semua kriteria bahan ajar ini dinilai layak digunakan oleh pelajar bahasa Korea tingkat dasar.

 

Produk yang dihasilkan dapat dimanfaatkan oleh pengajar dan pelajar untuk mempelajari idiom melalui topik yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari. Setelah pengajar dan pelajar mengimplementasikan bahan ajar ini, produk dapat disebarluaskan kepada pengajar atau pelajar bahasa Korea dengan cara digandakan atau dipinjamkan. Produk ini juga dapat digunakan sebagai acuan untuk melakukan penelitian pengembangan yang akan datang seperti bahan ajar tingkat menengah dan mahir.