DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Peningkatan Prestasi Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika STKIP PGRI Blitar Melalui Pembelajaran Think Pair Share Pada Materi Ruang Vektor Real. (Tesis)

Cicik Pramesti

Abstrak


Mata kuliah Aljabar Linier Elementer merupakan salah satu Mata Kuliah Dasar Keahlian (MKDK) yang mempunyai peran sangat penting dalam penguasaan materi mata kuliah yang selanjutnya. Tetapi kenyataannya penguasaan mahasiswa terhadap mata kuliah Aljabar Linier Elementer di STKIP PGRI Blitar ini masih relatif rendah. Akiba tnya prestasi belajar mahasiswa juga rendah. Padahal model pembelajaran student center juga sudah dilaksakan. Model pembelajaran tersebut antara lain dengan menggunakan metode tanya jawab, latihan soal-soal dan penugasan. Dengan model tersebut ternyata pembelajaran masih didominasi oleh mahasiswa-mahasiswa yang pandai. Berdasarkan data tersebut maka digunakan model pembelajaran kooperatif TPS (Think Pair Share), yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk berpikir secara individu, berkelompok dan juga menyampaikan pendapatnya.

            Untuk menjawab permasalahan di Prodi Pendidikan Matematika STKIP PGRI Blitar, maka penelitian ini mempunyai tujuan untuk mendeskripsikan dampak strategi pembelajaran think pair share dalam membelajarkan materi Ruang Vektor Real pada mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika STKIP PGRI Blitar. Selain itu tujuan penelitian ini juga untuk meningkatan prestasi belajar mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika STKIP PGRI Blitar pada materi Ruang Vektor Real dengan menerapkan strategi pembelajaran think pair share. Pembelajaran think pair share ini mempunyai tiga tahapan yaitu: think, pair, dan share (sesuai dengan namanya). Pada tahapan think, mahasiswa mempunyai kesempatan untuk berpikir secara individu dalam menyelesaikan suatu permasalahan yang telah diberikan, dosen hanya mengarahkan jalan berpikir mahasiswa agar tidak keluar dari materi yang dipelajari (bagi mahasiswa yang merasa kesulitan). Pada tahap pair, mahasiswa dapat bernegosiasi dengan teman kelompoknya/berdiskusi untuk menemukan kesepakatan penyelesaian permasalahan, dan dosen hanya sebagai mediator. Sedangkan pada tahap share, mahasiswa dapat menyampaikan dan menjelaskan hasil kerja kelompoknya di depan kelas. Selain itu mahasiswa dapat menerima masukan/saran dari kelompok lain. Pada tahap ini dosen sebagai mediator dan evaluator.

            Dari hasil penelitian ditemukan bahwa terdapat 10 langkah pembelajaran think pair share pada materi ruang vektor real terhadap mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika STKIP PGRI Blitar, yaitu: (1) menyampaikan tujuan pembelajaran dan orientasi tentang strategi pembelajaran, (2) melakukan tanya jawab tentang materi sebelumya, (3) dosen memberikan permasalahan untuk dapat memahami materi, (4) mahasiswa berpikir dan menjawab secara individu, (5) dosen berkeliling untuk memberikan bimbingan kepada mahasiswa yang mahasiswa mengalami kesulitan, (6) mahasiswa melakukan tanya jawab dengan kelompoknya, (7) mahasiswa membuat kesepakatan/kesimpulan, (8) salah satu perwakilan anggota kelompok mempresentasikan hasil kerja kelompoknya, (9) mahasiswa melakukan tanya jawab dengan kelompok pemresentasi, dan (10) dosen dan mahasiswa membuat kesimpulan tentang materi.

Selain sepuluh langkah pembelajaran, pada penelitian ini ditemukan adanya peningkatan prestasi belajar yang dapat dilihat dengan membandingkan hasil belajar pada siklus 1 dan siklus 2. Instrumen yang digunakan adalah tes, lembar observasi (aktivitas dosen dan mahasiswa), lembar angket dan wawancara. Berdasarkan data hasil penelitian menyatakan bahwa prosentase hasil tes secara klasikal yang mendapatkan skor ≥ 66 meningkat dari 77% pada siklus 1 menjadi 93% pada siklus 2, prosentase hasil observasi aktivitas dosen meningkat dari 80% pada siklus 1 menjadi 93% pada siklus 2, prosentase hasil observasi aktivitas mahasiswa meningkat dari 81% pada siklus 1 menjadi 93% pada siklus 2, prosentase hasil angket meningkat dari 81% pada siklus 1 menjadi 95% pada siklus 2, dan hasil wawancara yang dilkukan pada 3 (tiga) obyek juga meningkat dari 2 mahasiswa pada siklus 1 menjadi 3 mahasiswa pada siklus 2 yang menyatakan memahami materi ruang vektor real.

Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa sepuluh langkah pembelajaran think pair share yang digunakan dapat meningkatkan prestasi belajar mahasiswa prodi pendidikan matematika STKIP PGRI Blitar pada materi ruang vektor real. Sedangkan saran yang diperkirakan dapat memperbaiki pembelajaran adalah seyogyanya para pendidik lebih aktif dalam mendesign dan membuat LKM yang dapat mengarahkan anak didik dalam memahami suatu materi.

Abstract:

Elementary Aljabar Linier is one of Basic Skill Subjects that has very important role to mastery the following subjects. But in fact students' mastery of Mathematic Students Department Program of STKIP PGRI Blitar on Elementary Aljabar Linier is still low. As the result, the students' achievement is also low. Student center model, however, has been implemented as well. Some of the models are answer and question model, drills model, and task based approach. Using the models are still dominated by some clever students. Based on the problems, then cooperative learning model of Think Pair Share (TPS) to think individually and in group and also to present their opinion.

            Based on the problem of Mathematic students department program of STKIP PGRI Blitar on Elementary Aljabar Linier, the research has purpose to describe the impact of Think Pair Share in learning real vector space material. Besides that, the research's purpose is to improve students' achievement of Mathematic students department program of STKIP PGRI Blitar on Real Vector Space Material using Think Pair Share method. The method has three steps, i.e. think, pair and share suitable with the name. In Think step, students have chance to think individually to solve the problem given by the lecturer and the lecturer guides the way to think in order not out of the material to be learned (especially for students who have problems). In Pair step, students can negotiate with their friends or their groups to discuss and find agreement to solve the problem, while the lecturer is just as a mediator. In Share step, students can present and explain the result of their group in front of the class. Besides, students can get critics and suggestions from other group. In this step, lecturer's role is as mediator dan evaluator.

            From the result of research found that there is 10 steps in Think Pair Share learning model on real vector space material to Mathematic students' department program of STKIP PGRI Blitar, i.e.: (1) explaining the goal of learning and orientation of learning strategy, (2) doing answer and question about the previous material, (3) lecturer gives the problems to solve and student think to understand more about the material, (4) students think and answer individually, (5) lecturer move from students to students to guide students if they get difficulties, (6) students do answering and questioning with the group, (7) students make agreement and conclusion, (8) one of representative member from the group present the result of the group, (9) students do answering and questioning with the group who present their opinion, and (10) lecturer and students make conclusion about the material.

Besides 10 steps, in the research found the improvement of students' achievement. It is shown in comparation from students' achievement in cycle 1 and 2. Instruments used are test, observation sheet, (lecturer and students' activity) quiz and interview sheet. Based on resarch data found that, procentage of clasical test, the students who get score ≥ 66 increasing from 77% in cycle 1 to be 93% in cycle 2, procentage of lecturer's activity increasing from 80% in cycle 1 to be 93% in cycle 2, procentage of students' activity increasing 81% in cycle 1 to be 93% in cycle 2, procentage of quiz's result increasing from 81% in cycle 1 to be 95% in cycle 2, from interview done in 3 objects is also increasing from 2 students in cycle 1 to be 3 students in cycle 2 who said that they can understand the real vector space material well.

From the result of the research can be concluded that the ten steps of Think Pair Share learning method can be used to improve students' achievement of Mathematic students' department program of STKIP PGRI Blitar on real vector space material. The suggestion for lecturers to improve teaching learning it is better the lecturers are more active to design and make students worksheet in order to students can understand more the material.