DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Dengan Pendekatan Kontekstual Pada Materi Barisan Aritmetika dan Geometri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI

Zuliyana, Anny.

Abstrak


RINGKASAN

Zuliyana, Anny. 2019. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Dengan Pendekatan Kontekstual Pada Materi Barisan Aritmetika dan Geometri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar  Siswa Kelas XI. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika. Program Pascasarjana. Universitas Negeri Malang. Pembimbing:

(I).Dr Makbul Muksar S.Pd, M.Si

(II)  Dr. Abadyo M.Si

 

Kata Kunci: Lembar Kerja Siswa, Kontekstual, Barisan Aritmetika dan Geometri

Salah satu hal yang dapat digunakan untuk mengetahui tingkat keberhasilan siswa dalam menguasai materi pembelajaran adalah mengetahui hasil belajar yang dicapai oleh siswa. Namun fakta di lapangan masih menunjukkan bahwa hasil belajar siswa sangat kurang khususnya pada mata pelajaran matematika. Banyak faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa, salah satunya adalah bahan ajar yang kurang menarik perhatian siswa untuk mempelajari materi pembelajaran. Oleh karena itu, perlu dikembangkan bahan ajar yang dapat meningkatkan minat siswa untuk belajar sehingga mempengaruhi hasil belajar dari siswa.

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang memiliki tujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Siswa (LKS)  dengan pendekatan kontekstual pada materi barisan aritmetika dan geometri yang valid, praktis dan efektif, untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI SMA. Metode yang digunakan dalam pengembangan LKS ini adalah model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu :

(1)  tahap analisis,

(2) tahap perencanaan,

(3) tahap pengembangan,

(4) tahap implementasi,

(5) tahap evaluasi.

Uji validasi dilakukan untuk menguji kevalidan dari LKS yang dikembangkan. Validasi dilakukan oleh dua  validator ahli. Uji kepraktisan dilihat dari hasil uji coba lapangan dengan subjek uji coba sebanyak 36 siswa kelas XI SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang. Uji keefektifan dilakukan dengan memberikan tes prestasi untuk mengukur tingkat keefektifan LKS dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

Berdasarkan hasil uji kevalidan, kepraktisan dan keefektifan yang telah dijabarkan pada Bab VI, diperoleh hasil bahwa LKS yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid dengan beberapa saran yang diberikan oleh validator. Oleh  karena itu LKS dapat dijadikan sebagai salah satu bahan ajar dalam pembelajaran. Berdasarkan pada hasil observasi dan angket responds siswa didapatkan bahwa respond siswa terhadap LKS adalah positif. Oleh karena itu LKS yang dikembangkan dapat digunakan dalam pembelajaran di dalam kelas. Hasil dari tes prestasi siswa menunjukkan bahwa hasil belajar siswa meningkat setelah pembelajaran dengan menggunakan LKS. Jadi  LKS dengan pendekatan kontekstual untuk meningkatkan hasil belajar siswa valid, praktis dan efektif.