DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Proses Berpikir Anak Berkebutuhan Khusus (Slow Learner) di Kelas Inklusi dalam Memecahkan Masalah Matematika

Susana, Labuem.

Abstrak


RINGKASAN

Labuem, Susana. 2019. Proses Berpikir Anak Berkebutuhan Khusus (Slow Learner) di Kelas Inklusi dalam Memecahkan Masalah Matematika. Tesis, Program Studi Pendidikan Matematika, Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Pembimbing:

(I).Dr. Abadyo, M.Si.

(II) Dr. I Nengah Parta, M.Si.

 

Kata Kunci: proses berpikir, anak berkebutuhan khusus (slow learner), kelas inklusi, pemecahan masalah matematika

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan proses berpikir Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) kategori slow learner di kelas inklusi dalam memecahkan masalah matematika yang distrukturkan menurut tahapan Polya. Subjek dalam penelitian ini, yaitu ABK kategori slow learner yang terdiri dari satu orang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan kualitatif yang digunakan dalam desain studi kasus.

Hasil penelitian ini menyatakan bahwa dalam tahap memahami masalah subjek hanya mengingat informasi pada bagian akhir soal karena keterbatasan daya ingat. Dalam tahap membuat rencana pemecahan masalah, subjek menerjemahkan soal ke dalam simbol matematika berdasarkan urutan aktivitas yang ada di soal. Dalam tahap melaksanakan rencana pemecahan masalah, subjek dapat memecahkan masalah yang ada tetapi tidak memiliki keyakinan terhadap kebenaran jawaban akhir yang diperoleh. Dalam tahap mengecek kembali, subjek tidak melakukan pengecekan kembali setiap langkah penyelesaian maupun jawaban akhir yang diperoleh karena subjek menganggap pekerjaan telah selesai.

SUMMARY

 

Labuem, Susana. 2019. The Thinking Process of Slow Learner in Inclusion Classes in Solving Mathematical Problems. Thesis, Mathematics Education Study Program, Post-Graduate of the State University of Malang.

Supervisor:

(I).Dr. Abadyo, M.Si.

(II) Dr. I Nengah Parta, M.Si.

 

Keyword: thinking process, child with special needed (slow learner), inclusion classes, solving mathematical problems

This study aims to describe the thought process of child with special needs in the slow learner category in the inclusion class in solving mathematical ABK slow learner category consisting of one person. This type of research is qualitative descriptive with a qualitative approach used in case study design.

 

The result of this study state that in the stage of understanding the problem the subject only remembers the information at the end of the problem because of limited memory. In the stage of making a problem solving plan, the subject translates the problem into mathematical symbols based on the sequence of activities in the problem. In the stage of implementing the problem solving plan, the subject can solve existing problem but does not have confidence in the truth of the final answer obtained. In the stage of checking again, the subject does not recheck each step of completion or the final answer obtained because the subject considers the work to have been completed.