DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Authentic Learning Berbasis Fenomena terhadap Perubahan Konseptualdan Literasi Saintifik Siswa pada Materi Fluida Statis Kelas XI SMAN Ambulu

Putri, Anissa Rakhma.

Abstrak




RINGKASAN



Putri, Anissa Rakhma. 2017. Pengaruh Authentic Learning Berbasis  Fenomena terhadap Perubahan Konseptualdan Literasi
Saintifik Siswa pada Materi Fluida Statis Kelas XI SMAN Ambulu.Tesis,



Program Studi Pendidikan Fisika, Pascasarjana Universitas Negeri Malang.



Pembimbing:



(I).Dr.LiaYuliati, M.Pd.,



(II) Prof. Dr.ArifHidayat, M.Si.



 



Kata Kunci: fluida statis, perubahan
konseptual, literasi saintifik, authentic learning berbasis fenomena.



Konsepsi fluida statis siswa bertentangan konsep ilimiah, seperti besar tekanan
hidrostatis berbeda pada kedalaman yang sama. Konsepsi siswa dibangun dari
pengalaman dan pengamatan fenomena di kehidupan sehari-hari. Konsepsi siswa ini
merupakan konsepsi yang salah. Konsepsi siswa dapat diperbaiki dengan perubahan
konseptual. Hal ini agar siswa memiliki pemahaman konsep ilimiah yang baik.
Pemahaman konsep yang baik diperlukan pada literasi saintifik. Literasi saintifik
siswa rendah pada semua level. Materi pembelajaran seharusnya dihubungkan
dengan kehidupan sehari-hari. Siswa seharusnya terlibat juga dalam pembelajaran
yang memanfaatkan pengetahuan pada situasi nyata. Pembelajaran yang dimaksud
adalah authentic learning. Fenomena dipilih karena sesuai dengan salah satu
elemen authentic learning yaitu fokus pada dunia nyata. Fenomena yang digunakan
sesuai dengan topik yang dipelajari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
perubahan konseptual dan literasi saintifik akibat diterapkannya authentic
learning berbasis fenomena pada materi fluida statis.



Penelitianinimerupakanpenelitian mixed method dengan desain embedded experimental
model.Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIA 5 di SMAN Ambulu. Literasi
saintifik, perubahan konseptual, dan 
kuis siswa diukur dengan menggunakan soal esay. Analisis dilakukan
secara kuantitatif menggunakan uji t-berpasangan, n-gain, dan effect
size.Analisis dilakukan secara kualitatif menggunakan hasil jawaban siswa dan
hasil wawancarasiswa.



Hasil penelitian menunjukkan bahwa perubahan konseptual siswa berada  pada katgeori tetap atau tidak terjadi perubahan
konseptual dari paham konsep ke paham konsep. Selain itu, literasi saintifik
secara keseluruhan sebelum dan sesudah diterapkan authentic learning berbasis
fenomena mengalami kenaikan level yaitu dari level nominal ke level conceptual.
Peningkatan level literasi saintifik tidak terlepas dari pembelajaran yang
diterapkan yaitu authentic learning berbasis fenomena. Authentic learning
memberikan  kesempatan kepada siswa untuk
mengeksplorasi konsep yang diterapkan di kehidupan sehari-hari atau di luar
kelas. Hal ini mengakibatkan pemahaman siswa lebih bermakna karena pengetahuan
diintegrasikan dengan pengalaman di kehidupan sehari-hari dengan cara kolaborasi
dan pemecahan masalah.