DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Antara Sosio Demografi, Aksesibilitas, dan Dukungan Sosial terhadap Pendapatan Lansia (Studi Kasus Kota Blitar)

Ferliana Ariyanti

Abstrak


RINGKASAN

Ferliana Ariyanti. 2019. Pengaruh Pengaruh Sosio Demografi, Aksesibilitas, dan Dukungan Sosial Terhadap Pendapatan Lansia (Studi Kasus Kota Blitar). Tesis. Jurusan Pendidikan Geogarfi, Pascasarjana  Universitas Negeri Malang.

Pembimbing:

(I).Drs. I Komang Astina, M.S, Ph.D.,

(II). Dr. Singgih Susilo, M.S, M.Si.

 

Keywords: Lansia, Sosio Demografi, Aksesibilitas, Dukungan Sosial, Pendapatan Lansia.

Salah satu kota yang memiliki jumlah lansia terbesar di Jawa Timur adalah Kota Blitar. Dampak negatif dari tingginya jumlah lansia adalah meningkatknya angka tidak bekerja bagi lansia. Sebagian besar lansia di Kota Blitar memiliki pendapatan yang rendah. Ketidak seimbangan antara pendapatan lansia di Kota Blitar yang cenderung dengan jumlah kebutuhan hidup layak dapat menyebabkan suatu masalah, salah satunya meningkatnya angka ketergantungan lansia.  Adapun tujuan dari penelitian ini (1) mengetahui pengaruh sosio demografi terhadap pendapatan lansia di Kota Blitar, (2) mengetahui pengaruh aksesibilitas terhadap pendapatan lansia di Kota Blitar, (3) mengetahui pengaruh dukungan sosial terhadap pendapatan lansia di Kota Blitar, dan (4) mengetahui pengaruh antara sosio demografi, aksesibilitas, dan dukungan sosial terhadap pendapatan lansia di Kota Blitar.

Penelitian ini merupakan tipe penelitian kuantitatif. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode survei. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara yang berpedoman pada kuisioner, observasi, dan dokumentasi. Sampel penelitian ini terdiri dari 131 orang responden di Kelurahan Kepanjenlor, Kelurahan Sananwetan, dan Kelurahan Blitar. Analisis yang digunakan pada penelitian ini terdiri analisis tabulasi tunggal dan crosstabs dengan menggunakan uji statistik chi square, regresi linier berganda yang dibantu dengan software SPSS 20.0 for windows.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa

(1) tidak ada pengaruh antara umur lansia terhadap pendapatan lansia

(2) tidak ada pengaruh antara jenis kelamin lansia terhadap pendapatan lansia

(3) ada pengaruh antara pendidikan terakhir yang ditamatkan lansia terhadap pendapatan lansia

(4) tidak ada pengaruh antara status pernikahan lansia terhadap pendapatan lansia

(5) tidak ada pengaruh antara jumlah anak lansia yang masih hidup terhadap pendapatan lansia

(6) tidak ada pengaruh antara status pekerjaan lansia terhadap pendapatan lansia

(7) ada pengaruh antara aksesibilitas terhadap pendapatan lansia

(8) tidak ada pengaruh antara bantuan uang dari anak terhadap pendapatan lansia,  dan

(9) tidak ada pengaruh antara bantuan yang pernah diterima terhadap pendapatan lansia.

Peneliti selanjutnya diharapkan mampu untuk melakukan penelitian dengan menggunakan sampel wilayah yang lebih luas dan sampel responden yang semakin banyak serta mempertimbangkan keseimbangan rasio lansia laki-laki dan lansia perempuan di Kota Blitar. Bagi anak lansia diharapkan lebih meningkatkan intensitas pemberian bantuan bagi lansia. Selain itu, pemerintah hendaknya melakukan pemerataan bantuan bagi lansia di Kota Blitar.